Cara Penularan HIV

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 1 menit
Cara Penularan HIV

Kehadiran Human Imunodefisiensi Virus (HIV) dalam tubuh manusia hadir melalui kontak langsung antara membran mukosa atau aliran darah dengan cairan tubuh yang mengandung HIV. Cairan tersebut dapat berupa darah, sperma, cairan vagina, atau air susu ibu (ASI).

4 Tahap Penularan HIV

Menurut cara kerjanya, para pengidap virus HIV akan melalui empat tahapan penularan seperti berikut :

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

1. Exit

Pada tahap ini virus keluar dari tubuh orang yang terinfeksi. Dapat terjadi melalui hubungan seksual, transfusi darah, jarum suntik yang terkontaminasi.

2. Survive

HIV tidak dapat bertahan lama di dalam tubuh. Untuk dapat menularkannya kepada orang lain, HIV harus dapat bertahan hidup diluar tubuh. Peralatan kedokteran yang dipakai dan menyentuh darah pasien positif HIV, yang direndam dalam larutan klorin 0,5 persen, akan mampu mematikan virus.

3. Sufficient

Jumlah virus juga menentukan penularan. Virus yang sedikit tidak akan berpengaruh terhadap penularan. Sebaiknya jangan percaya dengan ancaman tusuk gigi atau jarum bekas pengidap HIV di tempat umum. Virus tersebut jumlahnya sangat sedikit bahkan sudah mati, sehingga tidak dapat menularkan kepada orang lain.

4. Enter

Tahap enter merupakan tahapan dimana virus telah masuk ke tubuh seseorang melalui aliran darah. Hal ini dapat terjadi melalui pertukaran darah ibu dengan bayinya selama masa kehamilan, hubungan seksual, menyusui bayi, maupun alat suntik yang tidak steril yang telah menembus kulit. Seseorang dapat terkena HIV jika pasangan seksualnya positif mengidap HIV, baik itu homoseksual maupun heteroseksual dan biseksual.

24 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
HIV: Transmission, symptoms, and treatment. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/311323)
Richard J. Hayes, Richard G. White, Amplified HIV Transmission during Early-Stage Infection, The Journal of Infectious Diseases, Volume 193, Issue 4, 15 February 2006, Pages 604–605, https://doi.org/10.1086/499606. Oxford Academic. (https://academic.oup.com/jid/article/193/4/604/827857)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app