Propofol: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Mar 6, 2019 Update terakhir: Jan 20, 2020 Waktu baca: 3 menit

Apa itu Propofol ?

Propofol ialah salah satu jenis obat bius berbentuk cairan atau ampul yang digolongkan pada kategori obat diprivan dan memiliki sistem kerja dengan cara memperlambat fungsi kerja dan kegiatan aktivitas otak dan sistem saraf

Obat ini umumnya digunakan sebagai obat bius pada saat proses anestesi atau pembiusan umum dilakukan karena dengan memberikan obat jenis propofol ini maka tingkat kesadaran si pasien akan mengalami pengurangan lebih jauh dan lebih rileks. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Anestesi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 22

Obat ini biasanya digunakan dalam proses anestesi sebelum operasi dilakukan sehingga pasien merasakan mati rasa pada bagian tubuh tertentu atau seluruhnya dan tidak merasakan sakit pada saat operasi sedang dilakukan. 

Selain itu obat jenis propofol juga dapat dipakai sebagai obat penenang pada para pasien berusia dewasa saat pasien tersebut mengalami kondisi atau keadaan medis tertentu atau kritis sehingga pasien tersebut membutuhkan pemasangan alat ventilasi buatan atau tabung pernafasan. 

Propofol dihubungkan ke ventilator atau mesin yang membantu pasien bernafas saat pasien tersebut tidak bisa bernafas sendiri melalui tubuhnya dengan cara memberikan udara masuk dan keluar pada organ paru paru pasien di rumah sakit. Obat jenis propofol ini diberikan kepada para pasien dengan cara diinfus. 

Dosis penggunaan Obat Propofol

Karena obat propofol merupakan obat resepan maka dosisnya pun harus dibawah dosis anjuran dokter. Umumnya dokter akan meresepkan obat ini tergantung pada jenis kondisi kesehatan dan penyakit yang sedang pasien alami serta berdasarkan usia pasien. 

Untuk kasus yang terjadi pada anak anak maka dosis obat propofol harus disesuaikan dengan usia anak dan untuk para pasien lansia, dosis yang diberikanpun cenderung akan lebih ringan. 

Sementara itu terdapat beberapa dosis standard yang umum diberikan dokter kepada para pasiennya dalam menggunakan obat propofol seperti pada kasus induksi anestesi umum, dosis pada orang dewasa yang diberikan ialah 1.5 hingga 2.5 miligram per kg per berat badan total si pasien dan diberikan dalam bentuk infus dengan kecepatan 40 miligram per 10 detik. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Untuk kasus pemeliharaan anestesi umum maka biasanya dokter akan memberikan dosis 4 hingga 12 miligram per kg per berat bada pasien yang akan diberikan setiap jamnya. 

Dan untuk kasus obat propofol yang dipakai sebagai obat penenang bagi pasien dalam perawatan intensif maka dokter umumnya memberikan dosis 0.3 hingga 4 mg per kg per jam.

Peringatan dalam menggunakan Obat Propofol

Obat propofol boleh diberikan kepada ibu hamil dan menyusui serta pada anak anak hingga orang tua yang berusia lanjut usia namun dosis dan pemakaiannya akan sangat disesuaikan dengan kondisi kehamilan serta usia pasien golongan diatas tersebut sehingga tidak mengganggu kesehatan dan pertumbuhan serta perkembangbiakkan para pasien tersebut.

Bagi para pasien anak dan pasien lansia yang berada dalam kondisi kesehatan yang tidak baik atau kondisi kritis maka obat jenis propofol tidak diperkenankan untuk diberikan karena dikhawatirkan akan menyebabkan kematian pada pasien.

Obat jenis propofol ialah salah satu jenis obat bius dan bukan obat khusus pereda rasa sakit walau memang pemakaian obat ini dapat membuat seseorang kehilangan rasa sakitnya untuk sementara waktu sehingga diperkenankan untuk menggunakan obat jenis propofol ini bersamaan dengan obat jenis pereda sakit  namun harus tetap berada di bawah pemantauan team dokter.

Untuk para pasien yang memiliki riwayat penyakit apapun terutama penyakit batuk parah, gangguan pernafasan, gangguan fungsi jantung, fungsi hati dan fungsi ginjal, penyakit hipovolemia, memiliki kondisi yang lemah dan lainnya diharapkan bersikap terbuka kepada team dokter sebelum proses bius dilakukan.

Untuk para pasien yang  memliki alergi pada berbagai macam obat obatan, makanan dan lainnya atau bagi para pasien yang sedang berada dalam kondisi kesehatan dan perawatan medis tertentu maka diwajibkan untuk memberitahukan kepada team dokter sebelum obat propofol diberikan.

Obat jenis propofol dilarang penggunaanya pada bayi atau anak berusia dibawah 1 bulan dan tidak diperkenankan untuk mereka yang menjalani proses melahirkan secara caesar.


5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Diprivan (propofol) dosing, indications, interactions, adverse effects, and more. Medscape. (https://reference.medscape.com/drug/diprivan-propofol-343100)
Diprivan (Propofol): Uses, Dosage, Side Effects, Interactions, Warning. RxList. (https://www.rxlist.com/diprivan-drug.htm)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app