Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Olahraga dan Kebugaran

Pilihan Latihan Keseimbangan Tubuh yang Murah dan Mudah

Update terakhir: OCT 21, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 700.972 orang

Melatih keseimbangan tubuh sangat penting untuk dibiasakan sejak muda agar ketika tua otot Anda telah terlatih untuk mempertahankan keseimbangan tubuh. Latihan keseimbangan tubuh juga sangat baik dan memiliki banyak manfaat untuk usia tua.

Untuk dapat melakukan latihan keseimbangan sebenarnya cukup mudah dan murah, Anda dapat melakukan latihan keseimbangan dari rumah setiap harinya. Berikut ini adalah daftar latihan keseimbangan tubuh yang bisa Anda lakukan dari rumah:

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat v2

Berdiri dengan satu kaki

Berdiri dengan hanya satu kaki sebenarnya merupakan salah satu gerakan yoga yang paling banyak dilakukan untuk melatih keseimbangan tubuh. Latihan berdiri dengan hanya satu kaki sangat baik karena selain membuat tubuh lebih seimbang, otot di tubuh Anda juga akan terlatih menjadi lebih kuat.

Untuk melakukannya juga cukup mudah, Anda hanya perlu berdiri kemudian secara perlahan mengangkat salah satu kaki dan mempertahankan posisi tersebut selama beberapa menit. 

Jika Anda merasa kesulitan di awal mencoba, sebaiknya Anda memegang sesuatu di sisi Anda untuk membiasakan posisi berdiri dengan satu kaki kemudian perlahan melepaskan pegangan tersebut.

Berdiri dengan satu kaki diangkat ke belakang

Selain hanya dengan mengangkat satu kaki, Anda dapat memodifikasi gerakan latihan keseimbangan dengan mengangkat salah satu kaki ke belakang tubuh. 

Caranya mudah, Anda hanya perlu berdiri dengan satu kaki kemudian perlahan-lahan menarik kaki yang diangkat ke arah belakang. Untuk awal latihan, Anda bisa memegangi kaki yang diangkat ke belakang dengan salah satu tangan.

Berdiri dengan satu kaki diangkat ke depan

Selain mengangkat ke belakang, Anda dapat memvariasikan gerakan berdiri dengan satu kaki dengan mengangkat sebelah kaki ke depan. Cukup angkat kaki hingga posisi paha dapat lurus dengan pinggul tubuh. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat v2

Tantangan mencoba posisi ini adalah kecenderungan tubuh untuk condong ke arah belakang karena menyesuaikan beban yang ditumpu di depan. Latihan berdiri dengan satu kaki ke depan merupakan latihan keseimbangan yang memiliki tingkat kesulitan lebih besar ketimbang jenis latihan lainnya.

Duduk dan berdiri

Meski terdengar sepele, namun latihan duduk dan berdiri merupakan jenis latihan yang sangat baik manfaatnya untuk menjaga keseimbangan tubuh. 

Sebelum melakukannya, pastikan bahwa tubuh Anda dalam posisi siap untuk bangkit berdiri ketika sebelumnya dalam posisi duduk. Hal ini dikarenakan pada beberapa orang dapat mengalami kepala yang berkunang-kunang ketika harus berdiri dengan tiba-tiba dari posisi duduk.

Untuk melakukan latihan duduk dan berdiri, pertama-tama cukup duduk di kursi terlebih dahulu. Kemudian angkat tubuh secara cepat untuk berdiri tanpa menggunakan pegangan. Latihan ini mengutamakan keseimbangan otot perut dan kaki untuk berkoordinasi menyeimbangkan posisi tubuh.

Berjalan dengan lurus

Berjalan dengan lurus mungkin terdengar aneh bagi sebagian orang. Namun latihan untuk berjalan dengan lurus sebenarnya merupakan salah satu latihan untuk menjaga keseimbangan tubuh. 

Untuk mengecek apakah Anda memiliki keseimbangan tubuh yang baik, Anda dapat mencoba berjalan di atas garis lurus. Apakah Anda merasakan kesulitan untuk mempertahankan posisi tersebut ataukah tidak akan menentukan tingkat keseimbangan dalam diri Anda. 

Cara melakukannya cukup berjalan di atas garis lurus dengan langkah kaki yang menginjak di garis yang sama setiap melangkah.

Berjalan dengan beban di kepala

Berjalan dengan menaruh beban di kepala menjadi salah satu latihan keseimbangan yang membutuhkan koordinasi yang baik antara seluruh bagian tubuh. Anda cukup meletakkan sebuah buku di atas kepala kemudian cobalah untuk terus berjalan tanpa membuat buku tersebut jatuh atau bergeser.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit