Perih Kumur Mouthwash - Obat Kumur

Dipublish tanggal: Agu 8, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Perih Kumur Mouthwash - Obat Kumur

Selain menyikat gigi, penggunaan obat kumur juga menjadi kunci terjaganya kebersihan giig dan mulut Anda. Obat kumur atau mouthwash berperan untuk membantu membersihkan rongga mulut. Akan tetapi, masih banyak orang yang menghindari penggunaan mouthwash karena rasa perih atau terbakar yang ditimbulkan. 

Beberapa orang berpendapat bahwa sensasi perih dan terbakar yang terasa dalam mulut saat menggunakan obat kumur terjadi karena kandungan antiseptik dan antibakteri sedang melawan kuman atau bakteri penyebab masalah gigi dan mulut. Apakah pendapat tersebut benar? Mari kita simak penjelasannya! 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Manfaat obat kumur 

Sebelum menggunkan mouthwash, Anda sebaiknya mengetahui apa saja manfaat mouthwash. Ketua Kolegium Dokter Gigi Indonesia, drg. Sri Angky Soekanto, Ph.D., PBO, mengatakan bahwa obat kumur berperan utnuk mencegah terjadinya pembentukan plak di gusi dan gigi serta mengurangi kuman berbahaya di rongga mulut. 

Dengan menggunakan obat kumur, Anda dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit gusi karena tumpukan plak dan kuman dan kuman-kuman tidak berkembang. 

Obat kumur dapat menjangkau seluruh area mulut yang tidak dapat dijangkau apabila Anda hanya menggunakan sikat gigi saja saat membersihkan gigi dan mulut. Selain itu, obat kumur dapat membuat Anda terhindar dari bau mulut yang tidak sedap akibat plak yang menempel pada gigi dan gusi. 

Oleh sebab itu, penggunaan mouthwash sangat disarankan untuk membersihkan gigi dan mulut setelah menyikat gigi, karena sikat gigi saja tidak cukup. Sikat gigi tidak dapat mengangkat plak dan sisa-sisa kotoran yang ada pada sela-sela gigi dengan baik. 

Perih saat menggunakan mouthwash, artinya ampuh? 

Rasa perih yang terjadi dalam mulut akibat penggunaan mouthwash dipercaya sebagai proses perlawanan kandungan antiseptik dan antibakteri terhadap kuman dan bakteri jahat penyebab masalah gigi dan mulut. Semakin perihnya sebuah obat kumur, maka semakin ampuhnya juga perlawanannya. Namun, apakah hal ini benar adanya? 

Drg. Sri Angky menjelaskan bahwa rasa perih yang dihasilkan obat kumur tidak berati bahwa obat tersebut sangat ampuh dalam membasmi kuman dan bakteri jahat penyebab masalah gigi dan mulut. Tidak semua orang merasa perih ketika berkumur dengan mouthwash. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Kandungan dalam mouthwash pun berbeda-beda karena obat kumur terdiri dari beberapa jenis sesuai dengan fungsinya. Terdapat tiga jenis mouthwash yang bisa Anda temukan sesuai dengan kebutuhan Anda: mouthwash untuk terapi (treatment antiseptic), mouthwash yang digunakan sehari-hari (daily treatment), dan mouthwash kosmetik. 

Jadi, asumsi akan ampuhnya sebuah obat kumur dengan menghasilkan rasa perih pada mulut ternyata tidak benar. Apabila Anda tidak nyaman dengan sensasi perih atau panas yang dihasilkan mouthwash, segera hentikan pemakaiannya dan berkonsultasilah dengan dokter agar mendapat saran yang tepat. 

Dokter dapat menganjurkan obat kumur yang mana yang bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan don kondisi kesehatan gigi dan mulut Anda. 

Mengapa terasa perih saat kumur dengan mouthwash? 

Hal yang menyebabkan mulut terasa perih dan panas ketika berkumur menggunakan obat kumur  adalah kandungan alkohol yang terdapat dalam obat kumur itu sendiri. 

Memang tidak semua obat kumur mengandung alkohol, karena setiap produk berbeda-beda kandungannya. Oleh karena itu, ada beberapa produk mouthwash yang menimbulkan rasa perih dan ada juga yang tidak. 

Dalam menggunakan mouthwash, apabila mulut terasa sangat perih, ada kemungkinan bahwa obat kumur tersebut tidak cocok untuk Anda. Dikutip dari Everyday Health, kandungan alkohol yang tinggi dalam sebuah mouthwash akan membuat sariawan Anda semakin parah dari sebelumnya. 

Tidak hanya itu, mulut kering juga bisa Anda alami sebagai efek samping dari tingginya kandungan alkohol dalam sebuah obat kumur. 

Oleh sebab itu, jangan memaksakan diri Anda untuk menggunakan obat kumur yang menimbulkan rasa perih yang berlebihan. Pilihlah produk mouthwas yang paling cocok dengan kondisi gigi dan mulut Anda. 

Namun, apabila mulut Anda tetap terasa perih meskipun hanya berkumur dengan air putih, sebaiknya segera periksakan ke dokter gigi. Hal terebut bisa menjadi tanda bahwa Anda mengalami gusi berdarah yang merupakan gejala penyakit gusi. 

22 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
The 8 Best Mouthwashes for Gingivitis of 2020. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/best-mouthwashes-for-gingivitis-4174852)
Choosing Dental Care Products: Mouthwash, Fluoride Rinses, and More. WebMD. (https://www.webmd.com/oral-health/guide/dental-health-dental-care-products#1)
Comparative antiplaque and antigingivitis effectiveness of tea tree oil mouthwash and a cetylpyridinium chloride mouthwash: A randomized controlled crossover study. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4229754/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app