Ketahui Cara Memilih Produk Perawatan Gigi

Dipublish tanggal: Agu 31, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Tinjau pada Mar 30, 2020 Waktu baca: 3 menit
Ketahui Cara Memilih Produk Perawatan Gigi

Dengan banyak produk perawatan gigi di pasaran saat ini, bagaimana caranya agar bisa memilih yang terbaik? 

Mulai dari pasta gigi hingga sikat gigi dan juga obat kumur gigi, simaklah artikel berikut untuk menentukan produk yang cocok untuk kesehatan mulut Anda

Iklan dari HonestDocs
Paket Scalling dan Vitamin C Shot di Medizen Clinic

Pembersihan karang gigi dilakukan untuk seluruh permukaan gigi baik rahang atas maupun rahang bawah.

Paket scalling dan vitamin c shot di medizen clinic

Pasta gigi

Strategi terbaik untuk memilih pasta gigi yang cocok untuk Anda adalah dengan menanyakan pada dokter gigi Anda, Anda bisa mendapatkan rekomendasi dari dokter gigi.

Kemudian cobalah lihat apakah terdapat segel dari kementrian obat dan makanan setempat. 

Hal ini berarti pasta gigi tersebut telah disetujui oleh kementrian obat dan makanan setempat dalam hal keselamatan dan efektivitas, dan kemasan maupun pernyataan di iklan memang telah teruji secara ilmiah. 

Beberapa perusahaan yang memproduksi pasta gigi tidak mendapatkan persetujuan dari kementrian obat dan makanan setempat. 

Ingatlah, segel yang diberikan oleh kementrian obat dan makanan setempat merupakan tanda bahwa produk pasta gigi tersebut aman dan efektif, tetapi tidak mengevaluasi atau mengiklankan performa pasta gigi tersebut.

Selalu pilih pasta gigi yang mengandung fluoride untuk mencegah gigi berlubang. Setelah itu, pilihlah sesuai dengan pilihan pribadi Anda. 

Iklan dari HonestDocs
Pembersihan Karang Gigi Dan Remove Stain 1 Kali di Fre DentalCare

1. Pembersihan karang gigi dan stain dilakukan untuk seluruh permukaan gigi baik rahang atas maupun rahang bawah. Paket ini tidak termasuk tindakan pemutihan gigi maupun tindakan medis lainnya. 2. Tidak ada limit untuk pembelian

Pembersihan karang gigi dan remove stain   1x   fre dentalcare

Gunakan pasta gigi yang berasa dan terasa baik untuk Anda. Gel atau pasta, mint atau tidak, semuanya sama saja. 

Jika bahannya ternyata membuat Anda tidak nyaman, atau gigi Anda sensitif, cobalah produk lainnya. Jika masalah terus berlanjut, segera periksakan diri ke dokter gigi.

Sikat Gigi

Bulu sikat adalah faktor utama dalam memilih sikat gigi. Kebanyakan dokter gigi merekomendasikan bulu sikat yang lembut, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa, terutama jika Anda memiliki gigi yang sensitif atau gusi yang sensitif. 

Bulu sikat yang keras atau kaku tidaklah efektif dalam menghilangkan plak atau noda dan bisa menyebabkan kerusakan pada gigi dan gusi Anda.

Pilihlah ukuran kepala sikat yang dapat secara mudah pas ke mulut Anda dan menyentuh satu atau dua gigi secara bersamaan. Hal ini berarti balita atau anak-anak kecil perlu yang ukurannya kecil.

Tanyakan pada dokter gigi Anda kualitas dan desain kepala sikat yang cocok untuk gigi Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Gantilah sikat gigi Anda sekali setiap tiga bulan. Segera dapatkan sikat gigi yang baru jika bulu sikat terlihat telah melebar atau rusak. Bulu sikat gigi yang melebar atau menyebar berarti Anda memerlukan sikat gigi yang baru.

Sikat gigi biasa atau elektrik?

Apakah sikat gigi elektrik lebih baik daripada sikat gigi biasa? Sebenarnya sama saja. Kunci dalam kebersihan gigi sebenarnya adalah penggunaan sikat gigi secara efektif dan tepat. 

Sikat gigi elektrik membuat Anda lebih mudah dalam menyikat gigi. Keuntungan lainnya antara lain:

  • Lebih mudah dipakai jika Anda:
    • Memiliki kondisi medis seperti arthritis yang membuat Anda sulit menggunakan tangan Anda
    • Anda sudah tua
    • Anda memiliki disabilitas fisik
    • Anda memiliki gigi yang tidak rata dengan permukaan yang tidak seimbang
    • Anda memasang kawat gigi atau peralatan ortodontik lainnya
  • Sikat gigi elektrik dapat meningkatkan kesehatan gigi. Sebuah studi menunjukkan bahwa penggunakan jangka panjang sikat gigi elektrik akan menurunkan jumlah plak pada gigi orang-orang dengan penyakit periodontal.

Sikat gigi elektrik meminimalisasi dan menghilangkan noda pada gigi. Efek menggosok pada sikat gigi elektrik akan lebih baik dibandingkan sikat gigi biasa dalam mengurangi atau bahkan menghilangkan keseluruhan noda pada gigi.

Penyemprot Air

Penyemprot air, atau irigator air, tidaklah untuk semua orang. Penyemprot air bekerja secara baik jika Anda memasang kawat gigi atau alat ortodontik lainnya yang bisa membuat makanan tersangkut pada gigi. 

Penyemprot air tidak akan menghilangkan plak; hanya pasta gigi dan flossing yang bisa menghilangkan plak.

Obat kumur dan bilas mulut

Obat kumur bisa bekerja lebih dari membuat nafas Anda lebih segar, obat kumur bisa menjauhkan Anda dari penyakit gusi. Tetapi hanya jika Anda menggunakan obat kumur yang mencegah bakteri

Produk yang mengandung fluoride bisa mencegah pembusukan gigi. Membilas gigi Anda dengan obat kumur yang mengandung alkohol tidaklah baik untuk anak-anak 6 tahun ke bawah, yang kemungkinan akan menelan obat kumur tersebut. 

Tanyakan pada dokter gigi mengenai tipe obat kumur yang cocok untuk Anda.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Oral Health Care Zone for Grown-ups. Oral Health Education Division Department of Health Hong Kong. (https://www.toothclub.gov.hk/en/en_adu_01_03_01_02.html)
Dental Care Products. MouthHealthy. (https://www.mouthhealthy.org/en/ada-seal-products)
FACTORS INFLUENCING CHOICE OF ORAL HYGIENE PRODUCTS BY DENTAL PATIENTS IN A NIGERIAN TEACHING HOSPITAL. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5598444/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app