Perhatikan Perubahan pada Tubuh Ketika Berhenti Merokok

Nah, bagi Anda yang telah membulatkan tekad untuk berhenti merokok, janganlah ragu. Sebab, seberapa lama Anda telah merokok sebelumnya, akan tetap memberikan perubahan pada tubuh ketika berhenti merokok. Berikut ini adalah enam perubahan fisik yang akan terjadi ketika berhenti merokok.
Dipublish tanggal: Jun 21, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Sep 5, 2019 Waktu baca: 2 menit
Perhatikan Perubahan pada Tubuh Ketika Berhenti Merokok

Jumlah perokok di Indonesia terus mengalami peningkatan tiap tahunnya. Hal ini sesuai dengan penuturan Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kemenkes RI pada tahun 2015 dimana jumlah perokok di Indonesia telah mencapai angka 90 juta jiwa. 

Tahukah Anda, angka ini merupakan peringkat pertama dari negara-negara lain didunia, disusul oleh Rusia, Cina, Filipina, kemudian Vietnam.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Ironisnya, banyak orang tahu akan dampak berbahaya dari rokok yang dapat mengakibatkan beragam penyakit seperti kanker paru-paru, emfisema, kardiovaskular, kehamilan, hingga impotensi

Namun, tidak juga menimbulkan efek jera bagi perokok maupun orang-orang yang baru mulai merokok. Lebih mengejutkannya lagi, ternyata rokok juga berdampak pada sisi psikologis orang termasuk lebih mudah marah, moodyan, dan lainnya. 

Memang, fakta untuk berhenti merokok merupakan hal yang sulit dan membutuhkan tekad yang bulat. Tak cukup sampai di situ, perokok yang hendak berhenti merokok juga memerlukan dukungan dari orang-orang sekitar termasuk keluarga.

Nah, bagi Anda yang telah membulatkan tekad untuk berhenti merokok, janganlah ragu. Sebab, seberapa lama Anda telah merokok sebelumnya, akan tetap memberikan perubahan pada tubuh ketika berhenti merokok. 

Berikut ini adalah enam perubahan fisik yang akan terjadi ketika Anda berhenti merokok:

Gigi terlihat lebih putih

Tentu Anda sudah tahu dampak dari rokok yang menyebabkan bau mulut khas tembakau. Tahukah Anda, hal ini terjadi karena kandungan yang terdapat dalam rokok seperti tembakau, tar, dan juga nikotin. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Tak hanya masalah bau mulut, kandungan rokok juga berdampak pada perubahan warna gigi menjadi kuning. Ketika Anda memutuskan untuk berhenti merokok, maka baik tar, nikotin, dan tembakau tidak akan lagi mendekati gigi. Artinya, gigi Anda bakalan terlihat lebih putih dan nafas lebih segar.

Kulit tampak lebih sehat

Dampak lain dari kebiasaan merokok akan menyebabkan kulit Anda terlihat lebih buruk seperti munculnya komedo, keriput, dan kantung mata. Tahukah Anda, penyebab munculnya kantong ini diakibatkan oleh racun yang terdapat pada asap rokok. 

Lebih lanjut, asap rokok tersebut akan merusak jaringan halus yang terdapat pada sekitar area mata. Nah, dengan berhenti merokok, akan menghindarkan area mata Anda terhadap paparan asap rokok, sehingga kulit mata akan lebih sehat.

Mata lebih cerah

Cobalah lihat bagaimana kondisi mata seorang perokok! Pasti, sebagian besar perokok memiliki mata yang memerah, kering, dan terlihat lelah. Lagi-lagi, hal tersebut terjadi akibat paparan asap rokok yang dihisap setiap hari. Untuk menghindari hal tersebut, Anda dapat mulai berhenti merokok dari sekarang.

Rambut lebih sehat

Ada sebuah penelitian dari University of Zurich dimana ada hubungan antara kebiasaan merokok dengan kesehatan rambut. Ya, rambut seorang perokok aktif akan muncul lebih banyak uban dan mengalami beberapa kerusakan. 

Tahukah Anda, penyebab dari perubahan warna dan kerusakan rambut tersebut diakibatkan oleh bahan kimia yang terdapat pada rokok. Bahan kimia tersebut akan merusak sel-sel dalam rambut dan menghambat suplai oksigen yang dibutuhkan oleh rambut. 

Dengan berhenti merokok, maka keadaan tersebut dapat segera diperbaiki sehingga rambut Anda akan terlihat lebih sehat.

Penyembuhan luka lebih cepat

Seorang perokok akan mengalami masalah terkait suplai oksigen pada daerah yang luka karena terjadi penyempitan dan meningkatnya kadar karbonmonoksida dalam darah. Hal ini menyebabkan penyembuhan luka berlangsung lama. Dengan berhenti merokok, maka akan memperbaiki keadaan ini.

Nah, inilah beberapa perubahan fisik bagi Anda yang berhenti merokok. Satu lagi, Anda akan tampak lebih muda dari usia sebenarnya. Jadi, mari mulai kebiasaan baik demi kondisi kesehatan yang terjamin.

21 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Yilmaz MO, et al. (2015). Relationship between smoking and female sexual dysfunction. DOI: (http://dx.doi.org/10.4172/2167-0250.1000144)
Verschuere S, et al. (2012). The effect of smoking on intestinal inflammation: What can be learned from animal models? DOI: (https://doi.org/10.1016/j.crohns.2011.09.006)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app