Penyebab Mata Merah Saat Menggunakan Softlens

Jika Anda memakai kontak lens, mungkin sulit untuk mengidentifikasi dengan tepat mengapa mata Anda merah, tetapi kemerahan umumnya disebabkan oleh beberapa penyebab berikut ini.
Dipublish tanggal: Agu 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Penyebab Mata Merah Saat Menggunakan Softlens

Softlens atau kontak lens adalah pilihan yang sangat baik untuk hampir semua orang yang membutuhkan koreksi penglihatan dan tidak ingin memakai kacamata atau menjalani operasi LASIK.

Jenis kontak lens

Perlu dikenali jenis kontak lens agar Anda merasa nyaman dan terbiasa dengan penggunaanya. Ada lima jenis lensa kontak, berdasarkan pada jenis dan bahan pembuatan lensa.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Alergi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 11

1. Softlens

Softlens terbuat dari plastik seperti gel yang mengandung air yang disebut hidrogel. Lensa-lensa ini sangat tipis dan lentur dan sesuai dengan permukaan depan mata.

2. Hidrogel Silicon

Lensa hidrogel silikon terbuat dari jenis bahan lensa kontak lunak canggih yang memungkinkan lebih banyak oksigen melewati lensa dan mencapai permukaan depan mata. Lensa kontak silikon hidrogel sekarang merupakan jenis lensa kontak yang paling populer.

3. Permeable gas

Lensa permeabel gas. Juga disebut lensa GP atau RGP, ini adalah lensa kontak kaku yang mempertahankan bentuk mata , memungkinkan untuk memperbaiki astigmatisme dan kesalahan bias cahaya lainnya.

4. Hybrid contact lens

Lensa kontak hybrid memiliki zona pusat permeabel gas yang kaku, dikelilingi oleh lapisan dari bahan hidrogel atau silikon hidrogel. Lensa ini dirancang untuk memberikan kenyamanan mengenakan yang menyaingi lensa hidrogel lunak atau silikon, dikombinasikan dengan optik lensa GP sejernih kristal.

5. PMMA Lens

Lensa PMMA adalah lensa kontak kaku yang terlihat seperti lensa GP tetapi terbuat dari bahan plastik yang tidak dapat ditembus oksigen.

Penggunaan lensa kontak

Penggunaan kontak lens harus diperhatikan parameter lensa –seperti daya, diameter, dan kelengkungan Ini terutama berlaku untuk pencocokan yang lebih kompleks yang melibatkan parameter tambahan, seperti dengan lensa bifokal atau lensa kontak toric untuk astigmatisme.

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Jika Anda mengalami ketidaknyamanan atau penglihatan yang buruk saat mengenakan lensa kontak, kemungkinan penyesuaian atau penggantian lensa dapat membantu dan harus diganti dengan yang cocok bagi mata dan kebiasaan hidup anda.

Penyebab mata merah akibat penggunaan kontak lens

Orang-orang yang memakai lensa kontak sering mengeluhkan ketidaknyamanan yang dapat menyebabkan berbagai gangguan, dan mata merah adalah gejala yang paling umum. 

Jika Anda memakai kontak lens, mungkin sulit untuk mengidentifikasi dengan tepat mengapa mata Anda merah, tetapi kemerahan umumnya disebabkan oleh beberapa penyebab berikut ini.

1. Alergi

Orang yang memiliki alergi kadang-kadang mengalami kesulitan memakai lensa kontak. Sementara rasa gatal yang terus-menerus, menggosok mata, disebabkan oleh alergi dapat membuat Anda terganggu. 

Memiliki lensa kontak di mata Anda dapat memperburuk alergi mata Anda lebih banyak lagi. Lensa Kontak mengumpulkan serbuk sari dan partikel alergi yang melayang di udara di sekitar Anda. Antigen ini dapat menempel pada lensa Anda sehingga memperburuk alergi.

2. Sindrom mata kering

Mungkin memiliki mata yang sangat kering saat mengenakan lensa kontak. Untuk menjadi pemakai lensa kontak yang sukses, Anda harus memiliki lapisan air mata yang cukup sehat. Lensa kontak dapat menyerap setiap air mata Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Gejala mata kering sering meningkat seiring berjalannya waktu. Mata Anda bisa menjadi merah, dan mungkin terasa gatal. Jika mata Anda sangat kering, Anda mungkin tidak dapat memakai lensa lebih dari beberapa jam.

3. Tidur dengan lensa kontak

Semakin banyak Anda memakai lensa kontak, semakin kotor dan semakin permeabel lensa kontak. Lensa yang tidak bisa menghirup "oksigen lagi lebih mungkin untuk mengunci iritasi seperti kotoran dan debu, yang dapat mulai mempengaruhi mata merah. 

Penyebab paling umum dari fenomena ini adalah tidur dengan lensa kontak.

4. Lensa yang terlalu kecil

Lensa yang kecil dan ketat dapat menghalangi aliran air mata normal dan bahkan mengurangi jumlah oksigen yang dikirimkan ke kornea Anda. 

Lensa yang ketat mungkin tidak terlihat ketika pertama kali Anda menggunakannya, tetapi Anda akan memperlihatkan adanya cincin kompresi pada kornea yang dapat dideteksi oleh dokter Anda selama pemeriksaan optometri.

5. Lensa yang terlalu besar

Lensa yang terlalu besar cenderung bergerak setiap kali Anda berkedip . Setiap  gerakan matamenyebabkan gesekan antara lensa dan mata, terutama jika Anda kehabisan air mata, yang meningkatkan iritasi. Dengan iritasi yang cukup, mata Anda akan mulai terasa sakit dan tampak merah.

6. Ulkus kornea

Ulkus kornea selalu dianggap serius. Tanda pertama dari ulkus kornea yang berkembang adalah mata yang memerah. 

Anda juga mungkin merasa seperti ada benda asing di mata Anda, dan / atau telah meningkatkan sensitivitas cahaya, sobekan dan rasa nyeri. Jika Anda memiliki gejala ini, segera cari perawatan segera di rumah sakit.

14 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Yang, L., Yang, Z., Yu, H., Song, H. (2015, April 16). Acupuncture therapy is more effective than artificial tears for dry eye syndrome: Evidence based on a meta-analysis. Alternative and Complementary Medicine (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/25960747)
Renard, J. P., Rouland, J. F., Bron, A., Sellem, E., Nordmann, J. P., Baudouin, C., Delecourt, C. (2013, September). Nutritional, lifestyle and environmental factors in ocular hypertension and primary open-angle glaucoma: An exploratory case-control study. Acta Ophthalmologica, 91(6), 505-513 (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/22394398)
Rand, A .L., Asbell, P. A. (2011, July). Nutritional Supplements for dry eye syndrome. Current Opinion in Ophthalmology, 22(4), 279-282 (http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3155845/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Awas, Keratitis Acanthamoeba Mengancam Pengguna Lensa Kontak!
Awas, Keratitis Acanthamoeba Mengancam Pengguna Lensa Kontak!

Karena penyebab utamanya adalah tidak disiplinnya pengguna untuk menjaga kebersihan lensa kontak dengan baik. Agar tidak terkena penyakit keratitis acanthamoeba, Anda bisa melakukan beberapa hal seperti di bawah ini:

Dibalik Keindahan Menggunakan Lensa Kontak Warna, Apakah Lensa Kontak Warna Aman Digunakan?
Dibalik Keindahan Menggunakan Lensa Kontak Warna, Apakah Lensa Kontak Warna Aman Digunakan?

Sama seperti lensa kontak biasa, lensa kontak berwarna tidak memiliki efek yang buruk untuk mata Anda jika Anda mengikuti instruksi dokter mata dengan benar, terutama mengenai berapa lama Anda harus memakai lensa kontak Anda dan kapan Anda harus mengganti lensa kontak Anda.

Buka di app