Dibalik Keindahan Menggunakan Lensa Kontak Warna, Apakah Lensa Kontak Warna Aman Digunakan?

Sama seperti lensa kontak biasa, lensa kontak berwarna tidak memiliki efek yang buruk untuk mata Anda jika Anda mengikuti instruksi dokter mata dengan benar, terutama mengenai berapa lama Anda harus memakai lensa kontak Anda dan kapan Anda harus mengganti lensa kontak Anda.
Dipublish tanggal: Agu 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Dibalik Keindahan Menggunakan Lensa Kontak Warna, Apakah Lensa Kontak Warna Aman Digunakan?

Banyak cara untuk membuat wajah tampak lebih menarik. Salah satunya adalah dengan penggunaan lensa kontak berwarna. 

Menggunakan lensa kontak dengan warna berbeda yang cocok dengan warna kulit dan rambut Anda dapat mengubah penampilan Anda secara signifikan dan membuat Anda menjadi tampil lebih percaya diri.

Iklan dari HonestDocs
Beli Thiamycin via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Thiamycin 500 mg kapsul 1

Beberapa jenis lensa kontak warna

Sebagian besar lensa kontak berwarna dirancang untuk meniru tampilan alami dari bagian mata yang berwarna, yang disebut iris. 

Karena area ini terdiri dari bentuk dan garis warna-warni, beberapa kontak warna menampilkan serangkaian titik berwarna kecil dan garis dan bentuk berwarna yang diatur secara radial untuk membuat warna lensa terlihat lebih alami pada mata.

Lensa kontak warna terdiri dari tiga jenis warna:

  • Visibility tint atau warna visibilitas. Lensa kontak jenis ini biasanya berwarna biru muda atau hijau yang ditambahkan pada lensa, warna pada lensa ini hanya bertujuan untuk membantu Anda melihat lebih baik selama proses penyisipan dan pelepasan lensa, atau jika Anda menjatuhkannya. Warna visibilitas relatif redup dan tidak mempengaruhi warna mata Anda.
  • Enhancement tint atau warna tambahan. Lensa ini memiliki warna yang solid tapi tembus cahaya (tembus pandang) yang sedikit lebih gelap daripada warna visibilitas. Seperti namanya, warna tambahan dimaksudkan untuk meningkatkan warna alami mata Anda. Lensa kontak berwarna dengan jenis warna ini biasanya sangat baik digunakan untuk orang yang memiliki mata berwarna terang dan ingin membuat warna mata mereka lebih cerah.
  • Opaque tint atau Warna buram. Lensa jenis ini memiliki warna yang tidak transparan yang dapat mengubah warna mata Anda sepenuhnya. Jika Anda memiliki mata gelap, Anda perlu menggunakan jenis lensa kontak warna ini untuk mengubah warna mata Anda. Lensa kontak warna dengan warna buram datang dalam berbagai warna, seperti, hijau, biru, violet, coklat dan abu-abu.

Apakah lensa kontak berwarna aman untuk digunakan?

Ya, lensa kontak berwarna aman - selama lensa kontak Anda ditentukan, digunakan, dan dirawat dengan benar. Sangat penting bagi Anda untuk berkonsultasi dengan dokter mata untuk pemeriksaan dan pemasangan lensa kontak yang tepat. 

Sehingga dapat memastikan lensa kontak berwarna Anda aman dan nyaman dan terlihat alami di mata Anda.

Sama seperti lensa kontak biasa, lensa kontak berwarna tidak memiliki efek yang buruk untuk mata Anda jika Anda mengikuti instruksi dokter mata dengan benar, terutama mengenai berapa lama Anda harus memakai lensa kontak Anda dan kapan Anda harus mengganti lensa kontak Anda.

Jika Anda ingin mengubah warna mata Anda hanya untuk acara-acara khusus, lensa kontak berwarna sekali pakai adalah pilihan yang bagus.

Menggunakan lensa kontak berwarna: apa yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan

  • Jangan berikan lensa kontak Anda untuk digunakan oleh orang lain. Meskipun terdengar biasa saja, jangan pernah bertukar lensa kontak warna dengan teman-teman Anda. Lensa kontak adalah perangkat medis dan dilengkapi dengan spesifikasi mata untuk setiap orang. Pertukaran lensa kontak juga dapat menularkan bakteri berbahaya, yang dapat menyebabkan infeksi mata yang serius dan menyebabkan gangguan penglihatan.
  • Rawat lensa kontak Anda dengan benar. Lensa kontak berwarna, harus dibersihkan dengan benar, didesinfeksi dan disimpan dengan produk perawatan lensa yang sesuai untuk menghindari kontaminasi. Dan jangan lupa untuk mengganti lensa kontak Anda sesuai dengan instruksi profesional perawatan mata Anda.
  • Jangan memakai lensa kontak Anda jika mata Anda sakit, iritasi, atau merah. Hal ini mungkin merupakan gejala infeksi mata terkait lensa kontak atau masalah serius lainnya. Kunjungi dokter mata segera jika Anda mengalami ketidaknyamanan selama atau setelah memakai lensa kontak.
  • Bersenang-senanglah dengan tampilan baru Anda! Apakah Anda ingin meningkatkan penampilan Anda atau untuk kebutuhan suatu acara, lensa kontak berwarna memungkinkan Anda untuk memiliki warna mata yang selalu Anda inginkan.

Sebelum menggunakan lensa kontak berwarna, penting untuk berkonsultasi dengan tenaga ahli perawatan mata, karena mereka dapat membantu Anda menemukan lensa kontak berwarna yang nyaman dipakai dan paling sesuai dengan kepribadian dan penampilan yang Anda inginkan.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Are Colored Contact Lenses for Halloween Costumes Safe?. American Academy of Ophthalmology. (https://www.aao.org/eye-health/glasses-contacts/colored-lenses)
Color contact lenses: Types of color contacts, how to choose the right ones for you. All About Vision. (https://www.allaboutvision.com/contacts/colors.htm)
Are Colored Contacts Safe?. Health.com. (https://www.health.com/condition/eye-health/colored-contacts)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Awas, Keratitis Acanthamoeba Mengancam Pengguna Lensa Kontak!
Awas, Keratitis Acanthamoeba Mengancam Pengguna Lensa Kontak!

Karena penyebab utamanya adalah tidak disiplinnya pengguna untuk menjaga kebersihan lensa kontak dengan baik. Agar tidak terkena penyakit keratitis acanthamoeba, Anda bisa melakukan beberapa hal seperti di bawah ini:

Penyebab Mata Merah Saat Menggunakan Softlens
Penyebab Mata Merah Saat Menggunakan Softlens

Jika Anda memakai kontak lens, mungkin sulit untuk mengidentifikasi dengan tepat mengapa mata Anda merah, tetapi kemerahan umumnya disebabkan oleh beberapa penyebab berikut ini.

Buka di app