Kesehatan Mulut dan Gigi

Penyebab Gigi Ngilu Dan Cara Mengatasinya

Dipublish tanggal: Agu 7, 2019 Update terakhir: Jan 21, 2020 Waktu baca: 3 menit

Apakah Anda pernah merasakan gigi menjadi tidak nyaman saat meminum minuman dingin? Atau saat sikat gigi? Apabila Anda merasakannya, berarti gigi Anda mengalami hal yang disebut dengan gigi sensitif

Kondisi ini menyebabkan Anda merasa ngilu pada gigi ketika minum es atau membersihkan gigi. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Terjadinya gigi sensitif merupakan akibat dari tereksposnya lapisan gigi yang disebut dentin ke bagian luar gigi. 

Misalnya karena kerusakan enamel gigi. Ketika Anda mengonsumsi minuman dingin atau panas, dentin yang terhubung dengan saluran yang berisi serabut saraf akan terpapar oleh minuman tersebut. 

Secara otomatis, saraf-saraf juga akan terkena minuman dingin atau panas, hal tersebut yang membuat gigi terasa ngilu. 

Tidak hanya minuman yang bersifat dingini atau panas saja yang dapat menyebabkan rasa ngilu pada gigi, ada beberapa penyebab lain yang bisa Anda hindari agar rasa ngilu yang datang tidak bertambah parah. 

Penyebab gigi ngilu 

Kurang hati-hati saat membersihkan gigi 

Ada beberapa cara untuk membersihkan gigi, salah satunya dengan menyikat gigi. Ketika menyikat gigi, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar gigi tidak terasa ngilu karena kerusakan pada email gigi. 

Kebiasaan menyikat gigi terlalu kencang dan ditekan dengan kuat yang menyebabkan gigi Anda terasa ngilu. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Selain cara menyikat gigi, bentuk sikat gigi juga menjadi salah satu penyebab gigi ngilu. Bulu sikat yang kasar pada sikat gigi mengakibatkan gusi luka dan gigi ngilu. 

Semakin lama, hal ini akan membuat lapisan gigi terkikis dan membuat gigi menjadi ngilu dan sensitif. 

Cara mengatasi hal ini adalah dengan mengganti sikat gigi Anda dengan sikat gigi yang berbulu lembut dan gerakkanlah dengan pelan agar tidak merusak gigi. 

Makanan yang dikonsumsi 

Banyak dari Anda yang mungkin jarang memperhatikan makanan apa saja yang bisa merusak kesehatan gigi. Padahal, ada beberapa jenis makanan yang jika dikonsumsi malah dapat membuat gigi Anda semakin terasa ngilu. 

Mengonsumsi makanan dan minuman yang terlalu asam, panas, atau dingin justru dapat memengaruhi kondisi gigi Anda. 

Ketiksadaran akan suhu makanan dan minuman yang Anda konsumsi menjadi faktor penyebab gigi ngilu. Minum minuman yang terlalu dingin atau terlalu panas akan membahayakan gigi Anda karena lapisan gigi akan terkikis. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Pengikisan yang terjadi inilah yang membuat gigi Anda terasa ngilu. Tidak hanya itu, minum minuman dingin setelah mengonsumsi makanan yang pedas juga merupakan kebiasaan yang harus dihindari agar pengikisan gigi tidak terjadi. 

Ketika Anda mengonsumsi makanan asam seperti saus tomat, lemon, kiwi dan acar, maka gigi Anda bisa saja terasa ngilu karena saraf serabut terpapar makanan tersebut. 

Dengan tidak mengonsumsi makanan dan minuman di atas, makan Anda dapat menghindari sakit gigi yang mungkin datang. 

Menggunakan pasta gigi dengan pemutih 

Banyak pasta gigi yang mengandung bahan kimia untuk memutihkan gigi. Jika Anda salah menggunakan pasta gigi, makan gigi Anda bisa saja sensitif. 

Pasta gigi dengan kandungan pemutih terkadanga terlalu keras sehingga permukaan gigi mengalami kerusakan yang berujung pada gigi sensitif. 

Oleh karena, hindarilah pasta gigi yang mengandung zat pemutih dengan beralih pada pasta gigi lain yang dibuat khusus bagi para penderita gigi sensitif. Hal tersebut lebih membantu Anda dalam mengatasi gigi sensitif. 

Obat kumur 

Ternyata obat kumur juga harus dihindari agar gigi sensitif tidak semakin parah. Pasalnya, terdapat beberapa obat kumur yang mengandung alkohol dan bahan kimia yang mengakibatkan gigi semakin peka. 

Terutama apabila dentin terbuka, maka pusat saraf akan lebih mudah merasakan rasa sakit. 

Untuk mengganti obat kumur, Anda bisa menggunakan benang gigi karena lebih aman dan ampuh untuk mengangkat sisa-sisa makanan yang terselip pada sela-sela gigi Anda yang tidak terjangkau oleh sikat gigi. 

Penyakit gusi 

Penyakit gusi atau radang gusi ini membuat gigi Anda semakin terasa ngilu karena dapat menyebabkan sensitivitas pada gigi. 

Apabila penyakit gusi merupakan masalah dari gigi sensitif Anda, makan dokter gigi akan menawarkan beberapa pengobatang yang tepat untuk mengatasinya. 

Penumpukan plak yang berlebihan 

Menumpuknya plak pada gigi akan membuat lapisan enamel gigi hilang, inilah mengapa Anda disarankan untuk menggunakan benang gigi dan sikat gigi. 

Gigi sensitif terjadi karena perlindungan yang diberikan oleh enamel hilang. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk menjalani perawatan gigi harian yang baik dan mengunjungi dokter gigi Anda dengan rutin untuk membersihkan gigi. 

Gigi berlubang dan pembusukan 

Rasa ngilu juga disebabkan oleh gigi berlubang, namun rasanya akan lebih sakit daripada sekedar gigi sensitif. Karenanya, dokter gigi Anda akan memberikan penanganan yang tepat, seperti penambalan gigi. 

Namun, seiring berjalannya waktu, maka penambalan akan bocor melemah. Hal ini akan membuat bakteri dengan mudahnya menumpuk dan membentuk penumpukan asam. Penumpuka inilah yang kemudian merusak enamel gigi. 

Cara mengatasi gigi ngilu 

Setelah melihat beberapa penyebab gigi ngilu diatas, Anda dapat menghindari beberapa hal yang mungkin dapat membuat kondisi semakin parah. Selain itu, beberapa cara dibawah ini dapat membantu Anda mengatasi gigi ngilu. 

  1. Menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif
  2. Mengganti sikat gigi dengan sikat gigi yang berbulu lembut 
  3. Menyikat gigi dua kali sehari dan menggunakan benang gigi
  4. Menerapkan cara menyikat gigi yang baik dan benar agar tidak merusak gigi
  5. Menghindari makanan dan minuman yang terlalu dingin, panas, atau asam

2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
What Can You Do About Sensitive Teeth? (http://www.webmd.com/oral-health/guide/tooth-sensitivity#1)
10 Biggest Causes of Tooth Sensitivity - Everyday Health (https://www.everydayhealth.com/dental-health/10-biggest-causes-of-tooth-sensitivity.aspx)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit