Pengaruh Genre Musik Terhadap Mood Pendengar

Ya, ketika seseorang mendengarkan musik, maka tubuh akan menghasilkan hormon dopamin yang diproduksi oleh otak untuk merespon musik yang didengarkannya. Nah, ketika dopamin dikeluarkan inilah seseorang yang mendengarkan musik akan merasa bahagia dan lebih bersemangat.
Dipublish tanggal: Jul 8, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Pengaruh Genre Musik Terhadap Mood Pendengar

Apakah hobi Anda mendengarkan musik atau malah bermain musik? Jika iya, jenis musik apakah yang sering Anda dengarkan? Ketahuilah, selain memberikan kesenangan, rupanya musik juga memberikan dampak tersendiri bagi pendengarnya. 

Salah satunya terhadap mood atau kondisi emosional seseorang. Tak heran, jika sebagian besar orang lebih memilih mendengarkan musik disaat kesepian atau sedang ada masalah supaya lebih santai dan mengatasi kebosanan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10

Rupanya, pernyataan tersebut tak hanya sekedar mitos belaka. Sebab, menurut data hasil penelitian yang dipublikasikan The Journal of Positive Psychology mengungkapkan bahwa seseorang dapat meningkatkan mood dan kebahagiaan dengan mendengarkan musik. Bagaimanakah hal tersebut dapat terjadi?

Ya, ketika seseorang mendengarkan musik, maka tubuh akan menghasilkan hormon dopamin yang diproduksi oleh otak untuk merespon musik yang didengarkannya. Nah, ketika dopamin dikeluarkan inilah seseorang yang mendengarkan musik akan merasa bahagia dan lebih bersemangat.

Lalu, jenis musik apakah yang berpengaruh terhadap mood seseorang? Sebenarnya, tiap jenis musik mampu memberikan perubahan mood. Namun, hanya beberapa musik tertentu saja yang mampu memberikan suasana hati menjadi lebih baik. 

Berikut ini merupakan beberapa jenis musik dan dampak mood yang diberikan.

Blues

Apakah Anda termasuk salah satu penggemar musik blues? Jika iya, maka karakter Anda termasuk orang yang tenang. Sebab, seseorang yang mendengarkan musik jenis blues akan memiliki perasaan yang lebih tenang karena jantung berdetak lebih lambat. 

Sangat cocok didengarkan ketika sedang merasa gugup maupun gelisah.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Rock and punk

Sekali dengar saja, tentu seseorang akan merasa energik usai disetel musik jenis rock and punk ini. Hal ini dikarenakan musik rock and punk ini memiliki energi yang besar sehingga memicu adrenalin pendengar menjadi lebih meningkat. 

Tak heran, seseorang yang merasa mengantuk akan segera sadar dan kembali bugar. Disisi lain, efek musik ini akan berbeda ketika seseorang memiliki selera tersendiri terhadap musik rock and punk. 

Misalnya saja bagi seseorang yang menyukai jenis rock and punk akan langsung merasa senang ketika mendengarkannya. Sebaliknya, baik seseorang yang tidak jenis rock and punk, akan langsung marah dan kesal ketika mendengarkannya.

Reggae

Jenis musik reggae ini memang cocok digunakan sambil santai di pantai. Namun, tahukah Anda jika dampak mendengarkan musik reggae ini mampu menurunkan emosi yang berlebihan? 

Jadi, ketika sedang merasa tidak ingin diganggu karena marah, cobalah untuk mendengarkan jenis musik ini untuk mendapatkan efek penenangan dan beristirahat sejenak.

Pop / rock mainstream

Musik jenis pop atau rock mainstream ini artinya yang sering didengar di pasaran, seperti radio, TV, maupun internet. Tahukah Anda, efek mendengarkan jenis musik ini mampu membantu Anda untuk berolahraga usai bekerja, meski merasa malas untuk melakukannya. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10

Tempo musik yang tenang dan ritme sekaligus lirik yang mudah dicerna, membuat detak jantung pendengarnya menjadi normal dan nafas yang konsisten.

Musik klasik

Jangan bilang, musik klasik atau jadul ini tidak layak didengarkan pada era modern saat ini. Justru jenis musik klasik tersebut memberikan efek mood pendengarnya jauh lebih tenang. 

Bahkan, musik klasik juga mempengaruhi kemampuan otak, sehingga sering didengarkan di instansi rumah sakit maupun sekolahan. Disamping itu, musik ini juga sangat baik bagi anak-anak ketika susah tidur dimalam hari menjadi lebih nyenyak.

Selain musik di atas, ada lagi jenis musik lain dengan efek mood yang berbeda-beda. Terlepas dari beragam jenis musik tersebut, sesuaikan pula dengan selera dan kondisi mood Anda ketika mendengarkannya ya!

10 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How Does Music Affect Your Mood and Emotions. Healthline. (Accessed via: https://www.healthline.com/health-news/mental-listening-to-music-lifts-or-reinforces-mood-051713#1)
Speaking of Psychology: Music and your health. American Psychological Association (APA). (Accessed via: https://www.apa.org/research/action/speaking-of-psychology/music-health)
Stewart, J., Garrido, S., Hense, C., & McFerran, K. (2019). Music Use for Mood Regulation: Self-Awareness and Conscious Listening Choices in Young People With Tendencies to Depression. Frontiers in psychology, 10, 1199. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.01199. National Center for Biotechnology Information. (Accessed via: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6542982/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app