Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Penambahan Berat Badan - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: NOV 13, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.615.496 orang

Jika Anda memiliki metabolisme tubuh yang cepat, maka Anda memiliki tantangan dan masalah yang berbeda dari kebanyakan orang.

Kebanyakan orang mungkin mengeluh tentang kesulitan untuk menurunkan berat badannya, sedangkan Anda mengalami kesulitan untuk menaikkan berat badan Anda sampai ke angka yang ideal.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Hal ini karena orang yang memiliki tingkat metabolisme tubuh yang tinggi dapat membakar kalori lebih cepat daripada orang yang dapat menggantikan kalori tersebut dengan makanan.

Sementara beberapa orang mungkin berpikir bahwa kekurangan berat badan adalah suatu masalah yang wajar untuk dimiliki, faktanya adalah seseorang yang terlalu kurus berisiko lebih besar untuk mengalami sejumlah masalah kesehatan, termasuk:

  • Sistem kekebalan yang melemah
  • Waktu pemulihan luka dari penyakit dan operasi yang lebih lambat
  • Mudah terserang suatu infeksi
  • Memiliki masalah dengan rambut, kulit, dan gigi
  • Gangguan dalam regulasi hormon
  • Kerentanan mengalami cedera tulang dan osteoporosis

Untuk mengatasi masalah ini dan menambah berat badan meskipun dengan metabolisme tubuh Anda yang cepat, Anda dapat melakukan beberapa langkah untuk meningkatkan massa otot Anda. Pada saat yang sama, Anda juga harus meningkatkan konsumsi kalori Anda sambil mengurangi kalori Anda yang terbuang.

Meningkatkan massa otot.

Komponen penting untuk menaikkan berat badan adalah dengan cara meningkatkan perkembangan otot Anda. Menurut Pusat Kesehatan McKinley di University of Illinois, Latihan kekuatan otot adalah cara terbaik untuk membangun jaringan otot tanpa lemak.

Berolahraga dengan angkat beban adalah cara yang bagus untuk melatih kekuatan otot, dan Anda dapat melakukannya dengan mudah di gym manapun. Latihan angkat beban ini bertujuan untuk menggabungkan semua kelompok besar otot di bagian dada, punggung, perut, lengan, dan kaki Anda.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Alat berat di sebagian besar gym akan memungkinkan Anda untuk melakukan latihan seperti:

  • Sit-up perut
  • Bicep curls
  • Tricep extensions
  • Bench press
  • Leg press
  • Leg curls

Ingatlah petunjuk dibawah ini untuk sesi latihan kekuatan otot Anda:

1. Angkat beban tiga kali seminggu.

Tiga sesi mengangkat beban per minggu akan membantu Anda membentuk otot Anda. Pastikan untuk memberi jarak waktu 48 jam antar sesi untuk memungkinkan pemulihan otot Anda kembali. Misalnya, jika Anda mengangkat beban pada hari Senin pagi, maka jangan angkat beban lagi hingga hari Rabu pagi.

2. Jaga agar latihan Anda lebih efisien.

Untuk menghindari makan dengan kalori berlebih, buatlah sesi angkat beban Anda seefisien mungkin. Hal ini bertujuan untuk latihan yang lebih fokus dan intens dengan tujuan mendorong diri Anda lebih kuat untuk waktu yang lebih singkat.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

3. Gunakan bobot yang lebih berat dengan pengulangan yang lebih sedikit.   

Cobalah untuk mengangkat beban sebanyak mungkin dalam setiap sesi yang bisa Anda tangani dengan baik. Aturan praktis yang baik adalah mencoba untuk mengangkat beban yang cukup sehingga Anda dapat melakukan tiga sampai enam kali pengulangan dari setiap angkat beban yang akan terasa melelahkan.

Latihan ini bertujuan untuk melakukan latihan total dua hingga tiga set, dan beristirahat selama 30 detik antara setiap set. Jika Anda tidak memiliki akses ke gym, Anda dapat menggunakan handheld weights atau wrist weights di rumah Anda.

Jika alat tersebut tidak dapat Anda dapatkan, cobalah untuk lebih kreatif. Coba gunakan 2 liter susu atau kaleng kacang polong untuk angkat beban.

4. Tingkatkan konsumsi kalori.

Untuk membentuk otot, Anda harus mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang kalori yang Anda bakar. Meskipun beberapa orang mungkin tergoda untuk beralih ke formula khusus penambahan berat badan, Anda dapat menghematnya dengan mengonsumsi kalori ekstra melalui makanan biasa. Makanan padat kalori yang sehat akan menghasilkan kalori yang lebih besar. Beberapa makanan tersebut termasuk:

  • Kacang dan mentega kacang
  • Alpukat
  • Telur utuh
  • Pasta gandum utuh
  • Roti gandum utuh
  • Jus dan minuman olahraga
  • Keju
  • Produk susu murni
  • Menghindari atau membatasi makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan
  • Menghindari atau membatasi minuman beralkohol

5. Kurangi pembakaran kalori.

Saat mencoba menambah atau menaikkan berat badan, Anda harus mengurangi aktivitas fisik dan latihan tambahan. Meskipun Anda harus mempertahankan latihan kardiovaskular sekitar dua atau tiga kali seminggu, pertahankan sesi yang singkat (20 hingga 30 menit) dan jaga intensitas latihan yang cukup.

Berfokuslah pada relaksasi lebih dari yang biasanya Anda lakukan. Misalnya, duduk sambil makan, bukannya berdiri atau makan sambil berjalan. Penelitian telah menunjukkan bahwa kegelisahan dapat secara signifikan meningkatkan pembakaran kalori, jadi perhatikan kebiasaan Anda tersebut!

Dengan sedikit perhatian pada penguatan otot dan peningkatan konsumsi kalori pada tubuh Anda, Anda akan memiliki peluang lebih baik untuk menaikkan berat badan Anda meskipun metabolisme tubuh Anda cepat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit