Oxytetracycline: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Mar 7, 2019 Update terakhir: Okt 26, 2020 Waktu baca: 3 menit

Oxytetracycline adalah produk metabolisme dari Streptomyces rimosus dan merupakan salah satu keluarga antibiotik tetracycline. Oxytetracycline digunakan untuk mengatasi banyak jenis infeksi bakteri yang umum. 

Oxytetracycline berdifusi secara langsung melalui pasenta menuju sirkulasi janin, menuju cairan pleural dan, pada kondisi tertentu, menuju cairan serebrospinal. 

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Oxytetracycline sering ditemukan terkonsentrasi di sistem hepatik dan dieksresikan pada empedu, sehingga terlihat pada feses dan urin, dalam bentuk aktif secara biologis. Oxytetracycline hanya boleh digunakan dengan resep.

Indikasi penggunaan Oxytetracycline 

Oxytetracycline digunakan untuk mengatas infeksi seperti:

  • Infeksi sistem urinaria seperti infeksi kandung kemih
  • Penyakit menular seksual seperti klamidia dan gonorrhoea
  • Infeksi sistem pernafasan seperti pneumonia, infeksi telinga bagian tengah dan bronkitis akut.

Oxytetracycline juga umum dipakai untuk mengatasi infeksi pada kulit seperti jerawat dan rosacea (kemerahan pada kulit yang juga terdapat benjolan, bintik-bintik dan pelebaran pembuluh darah yang dapat dilihat di dekat permukaan kulit)

Cara kerja obat Oxytetracycline 

Oxytetracycline bekerja dengan menghentikan pertumbuhan dan pertambahan jumlah bakteri. Untuk memastikan bahwa bakteri penyebab infeksi rentan terhadap oxytetracycline, dokter kan mengambil sampel jaringan misalnya sedikit potongan pada daerah yang terinfeksi, dari urin, dahak atau sampel darah. 

Oxytetracycline umumnya digunakan untuk mengatasi jerawat karena Oxytetracycline bekerja secara aktif melawan bakteri penyebab jerawat yaitu Propionebacterium acnes. Bakteri ini memakan sebum (minyak) yang dihasilkan kelenjar minyak pada kulit, lalu menghasilkan zat buang dan asam lemak yang menginfeksi kelenjar minyak, menyebabkan peradangan pada kulit dan bintik-bintik. 

Dengan mengontrol jumlah bakteri, oxytetracycline dapat mencegah terjadinya peradangan pada kulit dan kelenjar minyak dan menyembuhkan wajah.

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Bentuk obat Oxytetracycline

Oxytetracycline tersedia dalam bentuk sebagai berikut

  • Cairan suntik
  • Kapsul yang dapat diminum
  • Tablet yang dapat diminum
  • Salep oles
  • Tetes mata

Cara menggunakan obat Oxytetracycline

Tablet oxytetracycline diminum pada saat perut kosong, sekitar satu jam sebelum makan atau dua jam setelah makan. Jangan meminum tablet bersamaan dengan saat makan, baik susu maupun produk susu lainnya, karena makanan tersebut dapat menghentikan proses penyerapan obat dalam tubuh dan membuat pengobatan menjadi kurang efektif. 

Telan tablet secara utuh dengan minum banyak air saat anda berdiri atau duduk untuk menghindari iritasi tenggorokan akibat obat. Hindari meminum obat sebelum tidur. 

Jika lupa meminum dosis yang seharusnya, segera minum, kecuali sudah masuk waktu dosis selanjutnya. Bila sudah masuk waktu dosis selanjutnya, tinggalkan dosis yang telupkan dan minum dosis selanjutnya secara normal. Jangan meminum dosis berganda jika ada dosis yang terlewat.

Untuk mengobati jerawat dan rosacea, dosis yang diperlukan sekitar 500 mg (dua tablet) diminum dua kali sehari, pagi dan malam. Untuk rosacea, obat harus digunakan selama 6 hingga 12 minggu. Untuk jerawat, pengobatan harus dilanjutkan hingga setidaknya tiga bulan. Ikuti petunjuk dari dokter.

Untuk mengatasi infeksi, perlu satu atau dua tablet dan dimunum empat kali sehari. Dosis dalam sehari harus diberi jarak, idealnya diminum tiap enam jam, tetapi masih tergantung tingkat keparahan infeksi. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Ikuti arahan dari dokter, biasanya diberikan pada label obat. Habiskan oxytetracycline meskipun sudah merasa baikan atau infeksi sudah hilang. Tidak menghabiskan obat dapat menyebabkan infeksi dapat kembali dan bakteri akan tumbuh kembali dengan sifat yang lebih tidak rentan terhadap antibiotik.

Efek samping obat Oxytetracycline 

  • Gejala gastointestin, seperti sakit perut, diare dan muntah-muntah.
  • Sakit kepala
  • Infeksi jamur pada membran yang berlendir seperti vagina dan mulut
  • Peningkatan sensitivitas kulit terhadap sinar UV, hindari paparan sinar matahari langsung.

Jika efek samping tidak segera hilang, segera periksakan ke dokter.

Interaksi dengan obat lain

Jangan minum obat yang mengandung bahan berikut dua jam sebelum atau sesudah meminum oxytetracycline, karena dapat mengurangi penyerapan dan membuat tidak efektif:

  • Antasid untuk nyeri pada ulu hati dan gangguan pencernaan yang mengandung aluminum bismuth, kalsium atau magnesium
  • Kaolin
  • Garam magnesium
  • Lanthanum
  • Garam aluminum
  • Sucralfate
  • Garam seng
  • Tablet quinapril yang mengandung magnesium karbonat
  • Ranitidine bismut sitrat
  • Tablet kunyah atau larutan Videx.

Obat retinoid seperti acitretin, alitetinoin, isotretinoin atau tretinoin tidak boleh diminum bersama oxytetracycline, karena dapat meningkatkan risiko terjadinya peningkatan tekanan pada tengkorak (hipertensi interkranial ringan).

Vivotif, vaksin tiphoid minum, tidak boleh diminum setidaknya tiga hari setelah dosis oxytetracycline habis. Antibiotik dapat membuat vaksin ini tidak bekerja secara efektif.


8 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Oxytetracycline Advanced Patient Information. Drugs.com. (https://www.drugs.com/cons/oxytetracycline.html)
Oxytetracycline - brand name list. Drugs.com. (https://www.drugs.com/ingredient/oxytetracycline.html)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app