Nyeri Punggung Kronis Bisa Disebabkan 8 Hal Ini

Dipublish tanggal: Jun 20, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Nyeri Punggung Kronis Bisa Disebabkan 8 Hal Ini

Menderita punggung kronis tentunya bukan menjadi hal yang diinginkan semua orang. Selain merasakan sakit pada tubuh, maka terasa sakit tersebut juga dapat mengganggu aktivitas keseharian. 

Bagi penderita yang mengalami penyakit punggung kronis tidak boleh membiarkan rasa sakit terus menerus Anda rasakan. Karena memang Anda harus segera menanganinya dengan menghubungi dokter secepatnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Permasalahan pada penyakit punggung kronis disebabkan karena adanya kerusakan pada bagian jaringan tulang belakang, bagian dasar leher sampai dengan bagian tulang ekor. 

Pada biasanya, kerusakan pada punggung kronis disertai juga dengan penurunan berat badan, mengalami kesemutan pada kedua kaki maupun yang lainnya.Nyeri punggung kronis juga bisa bersumber karena 8 aktivitas yang Anda lakukan seperti berikut ini:

Ketegangan otot karena terlalu stres

Pikiran yang stres dapat menimbulkan ketegangan pada bagian otot, khususnya pada bagian otot punggung. Semakin pikiran Anda mengalami stres, maka akan menjadikan otot fisik mengalami lemah, sehingga hal ini dapat memicu timbulnya nyeri pada bagian otot punggung. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya Anda menjauhkan diri dari pikiran yang stres.

Melakukan olahraga yang terlalu keras

Melakukan olahraga yang terlalu keras, misalnya seperti mengangkat besi yang berat dapat menimbulkan otot mengalami kejang. Jika hal ini secara terus menerus Anda lakukan, maka bisa menyebabkan tendon dan otot mengalami robek, khususnya pada bagian punggung bawah. 

Oleh karena itu, penyebab nyeri punggung kronis dapat bersumber dari olahraga berat yang Anda lakukan tersebut.

Kecelakaan yang menimbulkan tulang belakang patah

Mengalami kecelakaan hingga menimbulkan tulang belakang mengalami patah juga bisa menyebabkan rasa nyeri pada bagian tulang punggung. Kecelakaan tersebut bisa karena kecelakaan mobil, kecelakaan motor, kecelakaan saat berolahraga maupun kecelakaan saat bekerja.

Iklan dari HonestDocs
Fisioterapi Pasca Stroke 5 Kali Visit di NK Health

Untuk Pemulihan Pasien, pasca pemulihan dari rawat inap stroke. Latihan termasuk Anamnesa dan Tes Khusus, dengan terapi Bobath Method, Breathing Exercise, PNF (Procioceptive Neuromuscular Stabilization), Modality dan Exercise Therapy. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang ( Rontgen, MRI, CT-Scan).

Fisioterapi pasca stroke 1x visit di nk health

Terlalu bekerja dengan keras

Kondisi otot yang terlalu tegang dapat dikarenakan terlalu keras dalam bekerja. Misalnya seperti menjadi kuli bangunan, tukang batu, maupun pekerjaan lain yang membutuhkan fisik. Hal ini juga menjadi penyebab nyeri punggung kronis. 

Meskipun ketegangan otot bersifat ringan, namun jika tidak segera ditangani, tentunya akan memberikan dampak yang lebih buruk lagi bagi kesehatan.

Adanya tonjolan disk

Adanya tonjolan disk bisa menimbulkan rasa nyeri pada bagian punggung. Ada banyak macam tonjolan disk yang cukuplah klasik. Akan tetapi permasalahan seperti hal ini sudah sangat umum terjadi dan bisa diobati menggunakan berbagai cara, termasuk penggunaan salep atau obat-obatan.

Mengalami trauma yang cukup berat

Trauma yang dirasakan oleh seseorang bisa menjadi penyebab munculnya rasa nyeri pada bagian punggung. Salah satunya yaitu menyebabkan nyeri diskogenik yang disebabkan karena tonjolan disk. Apabila penderita mengalami diskogenik, maka penderita akan mengalami rasa sakit ketika sedang bergerak.

Nyeri sendi sacroiliac

Nyeri sendi sacroiliac dikelilingi dengan ligamen, sehingga menjadikan sendi dasar bergerak-gerak, karena memang sendi sacroiliac dirancang agar tidak bergerak. Rasa nyeri ini dapat disebabkan bracing otot yang melemah.

Nyeri sendi facet

Nyeri sendi facet bisa terjadi karena adanya peradangan pada bagian sendi facet yang ada di tulang belakang secara aktif.

Meskipun rasa nyeri punggung bisa disembuhkan menggunakan obat-obatan tertentu, ada baiknya juga jika Anda tetap menghubungi dokter jika rasa sakit pada bagian punggung tidak segera sembuh. Selain itu, perhatikan juga hal-hal yang dapat menimbulkan nyeri punggung kronis.

17 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Kongsted A, et al. Patients with low back pain had distinct clinical course patterns that were typically neither complete recovery nor constant pain. A latent class analysis of longitudinal data. The Spine Journal. 2015;15:885.
Low back pain. American Academy of Orthopaedic Surgeons. https://orthoinfo.aaos.org/en/diseases--conditions/low-back-pain/.
Knight CL, et al. Treatment of acute low back pain. https://www.uptodate.com/contents/search.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app