Nursemaid’s Elbow : Penyebab, Gejala dan Penanganannya

Dipublish tanggal: Agu 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit

Nursemaid's elbow adalah cedera pada siku yang cukup sering terjadi, terutama di kalangan anak-anak dan balita. Cedera pada siku terjadi ketika lengan seorang anak ditarik oleh pengasuh (nursemaid) dan salah satu tulang pada persendian siku mengalami dislokasi (pergeseran). 

Kondisi ini juga dikenal dengan istilah pulled elbow atau "siku yang ditarik." Dokter Anda mungkin menyebutnya sebagai subluksasi kepala radial.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Tulang dan ligamen anak kecil biasanya lunak dan masih berkembang, sehingga membuatnya mudah untuk mengalami cedera jenis ini. Biasanya, nursemaid’s elbow dialami oleh anak-anak yang berusia antara 1 hingga 4 tahun, tetapi juga dapat ditemukan pada anak-anak yang sedikit lebih tua.

Karena ligamen pada siku sudah terbentuk dengan baik saat anak bertambah besar, sebagian besar anak-anak tidak akan mengalami kondisi nursemaid’s elbow setelah mereka berusia 5 tahun.

Apa yang menyebabkan seorang Anak mengalami kondisi Nursemaid’s Elbow?

Kondisi nursemaid’s elbow pada anak-anak biasanya terjadi ketika posisi lengan seorang anak yang terjulur ke atas ditarik dengan gaya yang cukup kuat, sehingga sendi siku mengalami dislokasi. 

Mekanisme kondisi ini dapat terjadi dengan beberapa cara, yang paling umum adalah saat menarik tangan anak ke atas. Ini juga bisa terjadi ketika mengayunkan tangan seorang anak, atau menyentak lengan anak. 

Pada kondisi yang jarang terjadi, kondisi ini dapat terjadi ketika seorang anak berguling-guling di tempat tidur dan menindih lengannya, sehingga menyebabkan terjadinya cedera ini.

nursemaid’s elbow jarang disebabkan akibat terjatuh. Jatuh lebih cenderung menyebabkan patah tulang atau cedera yang lebih serius.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Apa saja gejala-gejala Nursemaid’s Elbow?

Gejala yang paling umum dari nursemaid’s elbow pada anak adalah rasa sakit. Biasanya seorang anak akan memegang lengan yang mengalami cedera pada samping tubuh mereka tanpa menggerakkannya untuk mencegah munculnya rasa sakit lebih lanjut.

Anda mungkin melihat seorang anak memegang lengan mereka dengan sedikit menekuk atau lurus di sampingnya. Nursemaid’s elbow bisa sulit didiagnosis karena tidak menyebabkan pembengkakan atau cacat.

Bagaimana cara mencegah terjadinya Nursemaid’s Elbow?

Sesuai dengan namanya, kondisi nursemaid’s elbow paling sering disebabkan oleh pengasuh anak-anak yang kurang hati-hati. 

Oleh karena itu, edukasi kepada setiap pengasuh anak-anak diperlukan untuk lebih berhati-hati ketika menarik lengan anak-anak (khususnya yang berusia kurang dari 5 tahun) untuk mencegah terjadinya kondisi ini.

Apakah Nursemaid’s Elbow bisa ditangani dengan penanganan sederhana di Rumah? 

Jika anak Anda mengalami kondisi Nursemaid’s elbow, Anda tidak disarankan untuk menangani kondisi ini sendiri di rumah. Kondisi ini dapat berulang jika tidak ditangani oleh ahli medis dan dapat menyebabkan komplikasi permanen jangka panjang. 

Bagaimana kondisi Nursemaid’s Elbow dapat ditangani?

Diagnosis

Jika anak Anda memegang lengan mereka dengan cara yang canggung atau mengeluh sakit, segera periksakan anak Anda ke dokter. 

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Dokter biasanya akan membuat penilaian fisik mengenai lengan yang terluka, mendiagnosis nursemaid’s elbow dapat dilakukan berdasarkan bagaimana anak memegang lengan mereka. 

Pemeriksaan X-ray biasanya tidak diperlukan, tetapi pemeriksaan ini dapat dilakukan untuk menyingkirkan kemungkinan terjadinya kondisi lain seperti patah tulang.

Perawatan

Dokter akan mengobati nursemaid’s elbow melalui proses yang disebut reduksi. Prosedur ini dapat dilakukan dengan dua metode, yaitu supination-flexion manuver dan hyperpronation manuver

Ketika dokter membalikan tulang yang mengalami dislokasi, Anda mungkin akan mendengar bunyi klik yang menandakan tulang pada persendian kembali pada posisinya.

Meskipun proses ini hanya akan memakan waktu beberapa detik, anak Anda mungkin mengalami rasa sakit sementara selama prosedur reduksi. Setelah itu, mereka biasanya merasa jauh lebih baik dari sebelumnya. 

Pada sebagian besar kasus, anak-anak dapat menggunakan lengan mereka lagi dalam 5 hingga 10 menit. Namun, anak Anda mungkin membutuhkan lebih dari satu kali reduksi untuk sembuh.

Walaupun cedera  nursemaid’s elbow pada anak biasanya menimbulkan nyeri yang berkepanjangan, kondisi ini dapat ditangani dengan baik oleh dokter. 

Perlu Anda ingat, anak-anak yang pernah mengalami kondisi nursemaid’s elbow biasanya akan mengalami kondisi yang berulang. Penting untuk selalu mengambil tindakan pencegahan untuk menghindari menyentak atau menarik lengan anak terlalu keras.


Artikel ini hanya sebagai informasi awal mengenai kondisi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini
Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app