Mulai Bakar Kalori dengan Cara Lebih Menyenangkan

Melakukan berbagai gerakan olah tubuh dapat membakar kalori secara efektif, membuat sebagian orang mulai rutin berolahraga di studio Gymnastic atau melakukan diet. Namun terlalu lelah bekerja setiap hari membuat Anda malas pergi ke pusat kebugaran. Lalu adakah cara lain untuk membakar kalori? Jawabannya adalah ada.
Dipublish tanggal: Jul 10, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Mulai Bakar Kalori dengan Cara Lebih Menyenangkan

Bagi Anda yang memiliki perhatian khusus dengan kesehatan tubuh tentu tidak asing dengan istilah membakar kalori. Ya, terlalu banyak kalori di dalam tubuh akan berdampak buruk terhadap keseimbangan metabolisme. 

Membuat gairah hidup menjadi lesu dan tidak bersemangat untuk melakukan beragam aktivitas harian yang sibuk.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diet via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 38

Melakukan berbagai gerakan olah tubuh dapat membakar kalori secara efektif, membuat sebagian orang mulai rutin berolahraga di studio Gymnastic atau melakukan diet. Namun terlalu lelah bekerja setiap hari membuat Anda malas pergi ke pusat kebugaran. 

Lalu adakah cara lain untuk membakar kalori? Jawabannya adalah ada.

Melakukan fitness membutuhkan waktu tertentu untuk melakukan beragam gerakan, setidaknya 2 hingga 3 kali dalam satu minggu fitness harus dilakukan. Pakar kesehatan menyebutkan, jika Anda bisa membakar kalori harian tanpa fitness, bahkan bisa dilakukan sebelum berangkat menuju tempat kerja.

1. Bergerak di pagi hari

Pagi hari menjadi awal yang baik untuk memulai segala aktivitas seperti berolahraga. Anda bisa mulai membakar kalori tanpa olahraga yang menyita waktu dan tenaga, misal melakukan pemanasan selama 10 menit. Kemudian lanjutkan dengan berjalan kaki di sekitar perumahan dan beraktifitas sejenak di kebun.

2. Tidak melupakan sarapan

Pakar gizi menyatakan bahwa sarapan bisa meningkatkan metabolisme di dalam tubuh. Jangan lewatkan sarapan meskipun Anda sedang melakukan diet, imbangi dengan menu sehat agar konsentrasi tetap terjaga dan mengurangi keinginan makan camilan di siang hari.

3. Tidak melupakan minum air putih

Rutin minum air putih akan memperbaiki metabolisme tubuh termasuk kalori. Pastikan selalu membawa sebotol air putih daripada memilih minuman dengan kandungan gula yang tinggi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diet via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 38

4. Terus berjalan meskipun sedang telpon

Terus bergerak menjadi kunci terbaik untuk membakar kalori, usahakan menghindari posisi pasif terlalu lama seperti duduk tanpa peregangan. Gunakan kesempatan Anda untuk berjalan santai ketika sedang menerima telpon. Anda cukup berjalan di sekitar ruangan kantor atau ketika berada di dalam rumah.

5. Sesekali konsumsi permen karet

Pergerakan mulut ketika mengunyah permen karet dipercaya dapat menggerakkan otot-otot di sekitar mulut. 

Selain itu saat Anda masih mengonsumsi permen karet, sama dengan mengurangi keinginan makan harian sebesar 10%, apalagi makanan ringan yang mengandung banyak kalori dalam ukuran makanan lebih kecil. Konsumsi permen karet dengan tetap memperhatikan anjuran konsumsi harian.

6. Berjalan kaki saat malam hari

Makan malam yang terlalu larut mungkin membuat Anda khawatir menjadi gemuk di pagi hari, akibat kalori yang tidak dicerna dengan baik. Jika demikian Anda dengan pasangan atau teman bisa menghabiskan berjalan santai saat malam hari selama 30 menit. 

Hal tersebut bisa membantu proses pencernaan dengan lebih cepat, selain itu akan membuat kualitas tidur menjadi lebih baik dari sebelumnya.

7. Coba tidur lebih awal

Anda bisa mengontrol asupan kalori ekstra dari makan camilan di malam hari. Caranya adalah dengan tidur lebih awal. Hal tersebut akan membuat berat badan lebih terkontrol dan membuat tidur lebih nyenyak.

Gunakan pakaian dengan bahan nyaman untuk memastikan kulit dari gesekan yang bisa menimbulkan iritasi. Kemudian jangan lupa untuk membersihkan diri terlebih dahulu agar terhindar dari aktivitas bakteri pada tubuh selama tidur.

Demikian pembahasan mengenai cara mudah untuk membakar kalori tanpa olahraga yang berat seperti mengangkat beban dan diet ketat. Pastikan Anda mencoba sekarang juga untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.   

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Calories: Requirements, health needs, and function. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/263028.php)
How Many Calories Should You Eat per Day to Lose Weight?. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/how-many-calories-per-day)
How Many Calories Should You Eat? Based on Gender, Age, and Activity Level. WebMD. (https://www.webmd.com/diet/features/estimated-calorie-requirement)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app