Wanita Bisa Hamil di Kolam Renang Cuma Hoaks, Ini Faktanya

Dipublish tanggal: Feb 24, 2020 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Wanita Bisa Hamil di Kolam Renang Cuma Hoaks, Ini Faktanya

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menegaskan bahwa wanita tidak akan bisa hamil hanya karena berenang bersama dengan laki-laki.
  • Sperma memang perenang yang hebat, tapi hal ini berlaku bila sperma ada di dalam vagina - bukan di luar tubuh
  • Sperma tidak akan mudah menembus pakaian renang pada wanita, apalagi sampai menyebabkan hamil.
  • Kolam renang mengandung klorin (kaporit) yang bisa membuat sperma mati.
  • Sperma bisa hidup di luar tubuh hanya dalam kondisi tertentu, contohnya saat proses bayi tabung.

Berenang merupakan salah satu jenis olahraga yang cocok dilakukan oleh semua kalangan, baik anak-anak hingga orang dewasa, pria maupun wanita. Meski memberikan banyak manfaat, ternyata banyak beredar kabar soal olahraga air yang satu ini. Salah satunya, ada yang bilang kalau wanita bisa hamil di kolam jika berenang bersama laki-laki.

Wanita bisa hamil di kolam renang, mitos atau fakta?

Kehamilan bisa terjadi apabila ada sperma yang masuk ke vagina dan berhasil membuahi sel telur wanita. Lalu, apakah mungkin berenang bersama laki-laki bisa bikin wanita hamil?

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Ternyata, anggapan ini keliru. Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menegaskan bahwa wanita tidak akan bisa hamil hanya karena berenang bersama dengan laki-laki.

Mitos ini bermula dari sebuah pernyataan bahwa ada sperma tertentu yang kemampuannya lebih kuat hingga bisa membuahi wanita di kolam renang. Perlu diketahui bahwa sperma memang perenang yang hebat, tapi hal ini berlaku bila sperma ada di dalam vagina - bukan di luar tubuh.

Meskipun ada pria yang ejakulasi di kolam renang, maka wanita tidak serta merta bisa hamil jika berada di kolam yang sama. Pasalnya, tubuh wanita tentu tertutup oleh pakaian renang sehingga sperma tidak akan mudah menembus pakaian, apalagi sampai menyebabkan kehamilan.

Ibaratnya, walaupun disebut sebagai perenang handal, sperma juga tidak akan mungkin bisa berenang mencari lubang organ intim wanita di dalam kolam renang sebesar itu. Kehamilan hanya bisa terjadi jika pria ejakulasi di dalam vagina wanita, lalu sperma berhasil membuahi sel telur.

Baca Juga: Ini Ciri-Ciri Sperma Sehat dan Kelainan Sperma yang Bikin Istri Susah Hamil

Berapa lama sperma bertahan dalam luar tubuh?

Di luar tubuh, sperma biasanya akan cepat mati karena terkena paparan udara. Begitu sperma kering, maka sperma tersebut sudah tidak bisa lagi membuahi sel telur.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Sperma dapat bertahan hidup selama 3-5 hari jika berada di lingkungan yang hangat dan lembap, seperti vagina atau rahim. Sedangkan bila di luar tubuh, sperma bisa tetap hidup hanya dalam kondisi tertentu, contohnya saat proses bayi tabung. Akan tetapi, ini tidak berlaku untuk kasus sperma di air atau kolam renang.

Ada beberapa alasan mengapa sulit bagi sperma untuk bertahan hidup di air, yaitu:

  1. Sperma akan menyebar di air
  2. Sperma terpisah dari cairan ejakulat yang melindunginya
  3. Kolam renang mengandung klorin (kaporit), bisa membuat sperma mati

Baca Selengkapnya: Suka Berenang? Perhatikan Bahaya Klorin di Air Kolam Renang

Meskipun sperma yang dikeluarkan di kolam renang tidak akan menyebabkan hamil, namun hal ini tetap harus dihindari oleh para pria. Tentunya tidak ada satupun orang yang ingin berenang di kolam yang terkontaminasi cairan tubuh orang lain.

Tips aman berenang di tempat umum

Walau tak bisa menyebabkan kehamilan, berenang di tempat umum juga berisiko menimbulkan penyakit. Pasalnya, kolam renang rentan terkontaminasi oleh bakteri penyebab penyakit menular, seperti diare, mata merah, gatal-gatal, bahkan hepatitis A.

Oleh karena itu, menjaga kebersihan tubuh sebelum dan setelah berenang menjadi hal yang penting. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah menghindari menelan air kolam saat berenang atau sekadar bermain di air.

Gunakanlah pakaian yang nyaman selama berenang supaya pergerakan jadi lebih bebas. Setelah selesai berenang, segera mandi dengan sabun untuk membilas kuman bakteri yang menempel pada tubuh.

Jadi, para wanita kini tak perlu lagi takut hamil hanya karena berenang di tempat umum. 

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Very Well Family. How to Stay Safe and Infection-Free While Swimming. (https://www.verywellfamily.com/swimming-staying-safe-and-healthy-2634286). 3 Februari 2020.
American Pregnancy Association. Can Pregnancy Occur If...? Pregnancy Myths Cleared Up! (https://americanpregnancy.org/preventing-pregnancy/pregnancy-myths/).
Planned Parenthood. Can sperm live in pool water? Can a girl get pregnant if there's sperm in the pool? (https://www.plannedparenthood.org/learn/teens/ask-experts/can-sperm-live-in-pool-water-can-a-girl-get-pregnant-if-theres-sperm-in-the-pool). 23 Agustus 2012.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app