Penyebab dan Cara Mudah Mengatasi Warna Kulit Tidak Merata

Dipublish tanggal: Jul 11, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Penyebab dan Cara Mudah Mengatasi Warna Kulit Tidak Merata

Wajah merupakan salah satu bagian tubuh yang paling sering mendapat sorotan dari orang lain terutama dalam hal penampilan. Berbagai masalah yang terjadi pada wajah seringkali membuat seseorang menjadi kurang percaya diri, salah satunya akibat warna kulit yang tidak merata pada wajah. 

Penyebab warna kulit tidak merata

Tidak meratanya warna kulit pada wajah dapat terjadi karena dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang dapat menjadi salah satu penyebab warna kulit tidak rata pada wajah adalah faktor hormon. Hal ini lebih sering terjadi pada ibu hamil dan orang yang telah memasuki masa menopause karena wanita lebih sering mengalami perubahan hormon pada tubuh dan menyebabkan kadar hormon menjadi tidak seimbang.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Oleh sebab itu, warna kulit pada bagian leher, lipatan perut, dan sebagian area wajah seringkali memiliki warna yang lebih gelap dan berubah secara tiba-tiba. Pada wanita yang sedang mengalami menopause, hormon esterogen akan mengalami penurunan sehingga elastisitas kulit akan berkurang dan warna kulit menjadi tidak sama.

Tak hanya faktor internal, faktor eksternal juga dapat menyebabkan warna kulit tidak merata. Hal ini diakibatkan oleh paparan sinar matahari dalam waktu yang lama atau terus menerus. Sinar matahari yang mengandung UVA dan UVB dapat berpengaruh pada kondisi kulit. Sinar UVA dapat mempengaruhi kulit dan menyebabkan warna kulit menjadi lebih gelap. Sementara, sinar UVB memiliki dampak yang lebih parah daripada UVA karena dapat mengakibatkan keriput, kulit terbakar, bahkan risiko kanker kulit.

Baca juga: Cara Menjaga Kesehatan Kulit Tanpa Perlu Banyak Duit

Cara mengatasi warna kulit tidak merata

1. Gunakan tabir surya

Sinar matahari merupakan salah satu penyebab warna kulit wajah tidak merata, untuk itu sebaiknya Anda menggunakan tabir surya (sunblock) pada wajah ketika berada di luar ruangan. Hal ini bertujuan untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Tabir surya sendiri merupakan krim khusus yang terdapat dalam dua jenis, yaitu cair dan krim yang dapat diaplikasikan langsung pada wajah. 

Dalam memilih tabir surya, Anda juga perlu memperhatikan komposisi yang terkandung di dalamnya. Tabir surya yang digunakan sebaiknya memiliki kandungan SPF minimal 15++ dan akan lebih baik jika memiliki kandungan SPF 30+ karena dapat membantu mencegah terkena kanker kulit. Selain itu, tabir surya (sunblock) yang digunakan juga harus memiliki perlindungan terhadap UVA dan UVB.

2. Lakukan pengelupasan kulit (exfoliation) secara rutin

Sel-sel kulit mati yang menumpuk pada wajah bisa mengakibatkan kulit wajah menjadi tidak rata. Untuk mengatasi warna kulit tidak merata tersebut, Anda dapat melakukan pengelupasan kulit (exfoliation) untuk mengangkat sel-sel kulit mati tersebut. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Dalam melakukan exfoliation, Anda dapat menggunakan bahan alami seperti campuran gula atau oatmeal serta tambahan madu yang dioleskan pada bagian wajah. Lakukan usapan halus pada wajah dan berulang hingga kulit mengelupas secara perlahan. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan produk exfoliation  atau alat khusus yang dapat membantu membuat kulit terkelupas. Alat exfoliation biasanya berupa sikat yang berputar otomatis untuk menyikat wajah.

3. Gunakan pelembab wajah

Selain untuk melembabkan kulit, pelembab juga berfungsi untuk mencerahkan wajah. Pilihlah pelembab yang mengandung SPF karena akan mempercepat proses dalam mengaplikasikan krim pada wajah. Pelembab yang dipilih juga harus sesuai dengan jenis kulit Anda sehingga tidak menimbulkan permasalahan lain pada kulit seperti kulit wajah menjadi berminyak.

Baca juga: 5 Jenis Kulit

4. Minum air putih

Minum air putih merupakan salah satu aktivitas penting yang dapat memberikan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh. Air yang cukup pada tubuh dapat membuat kulit tetap terhidrasi sehingga kulit menjadi lebih kenyal dan mengurangi keriput yang mungkin muncul. Untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh Anda sebaiknya minum air putih minimal 2 liter sehari. 

Selain itu, usahakan untuk mulai mengurangi minuman yang mengandung alkohol, soda, ataupun gula yang tinggi. Karena minuman tersebut dapat menyebabkan kulit memproduksi minyak berlebihan, menyebabkan munculnya jerawat, dan mempercepat penuaan dini.

Baca juga: Minum Air Putih 8 Gelas, Cukupkah?

12 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How to even out skin tone? Here are a few ways. Well+Good. (https://www.wellandgood.com/good-looks/how-to-even-out-skin-tone/)
How to Get Even Skin Tone: 18 Ways. Healthline. (https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-get-even-skin)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app