ADELIA MARISTA SAFITRI, S.K.M
Ditulis oleh
ADELIA MARISTA SAFITRI, S.K.M
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

6 Menu Sahur Sehat untuk Menghadapi Virus Corona COVID-19

Dipublish tanggal: Apr 9, 2020 Update terakhir: Nov 10, 2020 Waktu baca: 4 menit
6 Menu Sahur Sehat untuk Menghadapi Virus Corona COVID-19

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Menjalani ibadah puasa di tengah wabah virus corona COVID-19 seperti sekarang ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi umat Islam.
  • Kunci agar tidak mudah terserang penyakit saat puasa adalah dengan mengonsumsi menu sahur sehat setiap hari.
  • Nasi merah tidak hanya kaya serat, tapi juga mengandung antioksidan flavonoid yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.
  • Telur dadar bayam mengandung protein yang mampu meningkatkan energi sekaligus membentuk antibodi untuk melawan penyakit.
  • Tumis brokoli jamur memberikan asupan vitamin C, jenis vitamin imunitas yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh.
  • Tak lengkap rasanya jika semangkuk oatmeal tanpa buah. Tambahkan berbagai buah sumber vitamin C seperti kiwi, leci, hingga stroberi.

Menjalani ibadah puasa di tengah wabah virus corona COVID-19 seperti sekarang ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi umat Islam. Pasalnya, Anda harus lebih ekstra menjaga sistem imun tubuh supaya tidak gampang sakit, apalagi terjangkit virus corona. Nah, salah satu kuncinya terletak pada jenis makanan yang Anda konsumsi saat sahur. Dengan menyiapkan menu sahur sehat setiap hari, maka tubuh akan mendapatkan 'amunisi' yang cukup untuk beraktivitas dan melawan berbagai infeksi.

Menu sahur sehat untuk tangkal virus corona COVID-19

Meski rasa kantuk melanda, jangan pernah melewatkan makan sahur. Pasalnya, sahur berperan penting untuk memberikan energi sebelum beraktivitas di bulan Ramadhan, bahkan juga bisa mencegah sakit kepala dan mengantuk.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Karena itulah, menu sahur semestinya terdiri dari makanan yang mampu memberikan energi yang cukup untuk beraktivitas sampai waktu berbuka tiba. Terlebih, di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, menjaga daya tahan tubuh menjadi hal yang paling penting agar tidak mudah sakit.

Nah, berikut sejumlah ide menu sahur sehat yang bisa Anda siapkan untuk keluarga, antara lain:

1. Nasi merah

Nasi merah kerap menjadi makanan sahur sehat favorit banyak orang. Apalagi bagi Anda yang sedang diet, maka nasi merah wajib dalam menu sahur Anda.

Setiap 100 gram nasi merah mengandung 149 kalori, 2,8 gram protein, dan 0,3 gram serat. Sedangkan nasi putih mengandung 180 kalori, 3 gram protein, dan 0,2 gram serat dengan berat yang sama.

Maka terlihat bahwa kandungan serat pada nasi merah cenderung lebih banyak daripada nasi putih biasa. Asupan serat dari makanan akan lebih lambat diserap oleh tubuh, alhasil perut Anda akan terasa kenyang lebih lama.

Beras merah juga dikemas dengan beragam jenis antioksidan flavonoid, termasuk antosianin apigenin, myricetin, dan quercetin. Flavonoid berfungsi untuk membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, melawan radikal bebas, hingga mencegah risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Baca Juga: Nasi Merah vs Nasi Putih, Mana yang Lebih Baik untuk Sahur?

2. Telur dadar bayam

Protein merupakan salah satu makronutrien yang penting bagi tubuh. Tak hanya menjadi sumber energi seperti karbohidrat, protein juga berperan dalam pembentukan immunoglobulin alias antibodi untuk melawan penyakit dan infeksi.

Karena itulah, pastikan menu sahur Anda dilengkapi dengan beragam makanan sumber protein, apalagi di tengah wabah virus corona COVID-19 seperti sekarang ini. Salah satu sumber protein yang paling mudah didapat dan terjangkau adalah telur.

Anda bisa membuat sajian telur dadar campur sayur bayam sebagai makanan sahur sehat kali ini. Selain mendapatkan protein dari telur, sayur bayam memberikan asupan vitamin E yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh jadi lebih sehat dan berenergi.

Hindari menambahkan terlalu banyak garam pada telur karena itu bisa membuat Anda lebih cepat haus.

3. Tumis brokoli jamur

Saat pandemi virus corona yang seperti ini, Anda perlu menambahkan banyak sayuran ke dalam menu makanan. Pasalnya, sayuran mengandung kaya vitamin dan mineral alami yang baik bagi tubuh, terutama dalam hal daya tahan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Untuk kreasi menu sahur sehat kali ini, Anda bisa menyiapkan tumis brokoli jamur. Setiap 230 gram brokoli mengandung 51 mg vitamin C atau setara dengan 57% kebutuhan vitamin C harian.

Vitamin C mengandung antioksidan yang mampu meningkatkan imunitas sekaligus menurunkan stres oksidatif. Bekerja dengan cara mendorong produksi limfosit dan fagosit, yaitu sel darah putih yang melindungi tubuh dari infeksi. Tak hanya itu, vitamin C juga dapat membantu sel darah putih agar lebih efektif melindugi tubuh dari paparan radikal bebas. 

Baca Juga: Fungsi Sistem Imun Tubuh dalam Melawan Virus Corona (COVID-19)

Supaya lebih lezat, tambahkan potongan jamur ke dalam tumis brokoli. Menu ini sangat cocok disantap di waktu-waktu kepepet menjelang imsak.

4. Roti gandum

Jangan dulu berpikir bahwa makan roti saat sahur tidak akan mengeyangkan. Alih-alih bikin lapar, makan roti gandum justru bisa membuat Anda kenyang lebih lama, lho!

Berkat kandungan serat di dalamnya, roti gandum akan lebih lambat dicerna tubuh, sehingga bertahan lama di dalam lambung. Apalagi jika ditambah dengan satu lembar keju atau selai kacang, kandungan proteinnya bisa membantu mendongkrak energi Anda untuk beraktivitas di bulan puasa.

Namun, pilihlah keju tawar (bukan keju asin) agar tidak membuat Anda cepat haus.

5. Oatmeal buah

Telat bangun dan bingung harus menyiapkan makanan apa untuk sahur? Tenang, Anda bisa membuat semangkuk oatmeal buah yang sangat praktis.

Oatmeal mengandung serat yang bikin perut Anda kenyang lebih lama. Tambahkan susu rendah lemak secukupnya untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda sebelum mulai berpuasa.

Tak lengkap rasanya jika semangkuk oatmeal tanpa buah-buahan. Tambahkan juga beberapa jenis buah seperti pisang, kurma, beri-berian, kiwi, leci, hingga stroberi yang mengandung kaya vitamin C.

Baca Selengkapnya: 10 Jenis Buah-buahan vitamin C yang Cocok Dikonsumsi Saat Puasa

Anda tidak perlu menambahkan gula lagi karena buah-buahan secara alami sudah memberikan rasa manis. Bila perlu, Anda boleh menambahkan sedikit madu untuk memperkaya rasa.

6. Susu

Susu adalah minuman sehat yang cocok dikonsumsi saat sahur maupun berbuka puasa. Selain mengandung kaya protein, susu juga menjadi sumber kalsium yang baik untuk kesehatan tulang. 

Ada banyak jenis susu yang bisa Anda pilih sesuai kesukaan. Bisa dengan susu rendah lemak, susu skim, susu almond, atau susu kacang kedelai yang mengandung banyak protein dan vitamin E.

Baca Juga: 5 Menu Buka Puasa Sehat untuk Menangkal Virus Corona COVID-19

Menjalani ibadah puasa memang penuh tantangan, apalagi jika kita melakukannya di tengah pandemi virus corona COVID-19 seperti sekarang. Namun dengan memilih menu sahur sehat yang tepat setiap hari, hal ini akan membantu menambah nutrisi sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh Anda untuk beraktivitas di bulan Ramadan.

8 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Healthline. What Is the Healthiest Type of Rice? (https://www.healthline.com/nutrition/healthiest-rice). 1 April 2019.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Data Komposisi Pangan Indonesia. (https://www.panganku.org/id-ID/view).
Healthline. 20 Foods That Are High in Vitamin C. (https://www.healthline.com/nutrition/vitamin-c-foods). 5 Juni 2018.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app