HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR.VINA SETIAWAN
Ditinjau oleh
DR.VINA SETIAWAN

Menjajal Olahraga Jalan Cepat, Bukan Sekadar Jalan Kaki Biasa

Dipublish tanggal: Agu 15, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Feb 25, 2020 Waktu baca: 3 menit
Menjajal Olahraga Jalan Cepat, Bukan Sekadar Jalan Kaki Biasa

Aktivitas fisik tidak perlu rumit. Sesuatu yang sederhana seperti jalan cepat setiap hari dapat membantu Anda mendapatkan kehidupan yang lebih sehat. 

Jalan cepat adalah olahraga intensitas sedang yang memiliki banyak manfaat dalam hal menjaga kebugaran dibandingkan dengan berjalan dengan langkah normal. Misalnya, jalan cepat yang dilakukan secara rutin, dapat membantu Anda:

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Semakin cepat, semakin jauh dan semakin sering Anda melakukan olahraga jalan cepat, maka semakin besar manfaatnya.

Apa yang menjadi perbedaan mendasar antara jalan cepat dan jalan biasa?

Seberapa cepat Anda dapat berjalan menggambarkan seberapa baik tingkat kebugaran Anda. Pelajari apa yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan teknik berjalan sehingga Anda dapat meningkatkan kecepatan rata-rata berjalan. 

Jika dengan berjalan dengan kecepatan normal, Anda dapat perlu waktu lebih dari 20 menit per kilometer, dengan berjalan cepat Anda harus menempuh jarak yang sama dengan waktu di bawah 15 menit.

Jika Anda memiliki tingkat kebugaran yang lebih tinggi, Anda mungkin dapat berjalan dengan tingkat kecepatan yang lebih tinggi. Mengapa kecepatan merupakan salah satu faktor yang penting? 

Berbeda dengan berjalan dengan kecepatan normal, berjalan dengan tingkat kecepatan tertentu dapat memicu detak jantung agar dapat berdetak dengan lebih cepat. 

Dengan begitu, Anda dapat melakukan latihan kardiovaskular yang dapat melatih kinerja jantung dan juga memaksimalkan proses pembakaran lemak.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Perhatikan teknik saat anda melakukan olahraga jalan cepat

Dalam menjalani olahraga jalan cepat, Postur dan gerakan yang baik merupakan hal yang utama. Saat melakukan olahraga jalan cepat, Anda perlu memperhatikan agar :

  • Kepala melihat ke depan, bukan ke tanah.
  • Leher, bahu dan punggung rileks, tidak kaku.
  • Anda mengayunkan lengan dengan bebas dan dengan sedikit menekuk siku. 
  • Otot perut Anda sedikit menegang dan punggung Anda lurus, tidak melengkung ke depan atau ke belakang.

Apa saja yang perlu Anda perhatikan dalam menjalani olahraga jalan cepat?

Saat Anda berencana untuk memulai rutinitas berjalan cepat, ingatlah untuk:

  • Menggunakan perlengkapan yang sesuai

Gunakan sepatu dengan alas yang nyaman dan sol fleksibel yang tebal untuk melindungi kaki Anda dan menyerap goncangan. Kenakan pakaian dan perlengkapan yang nyaman sesuai untuk berbagai cuaca. 

  • Lakukan pemanasan

Lakukan pemanasan dengan berjalan secara perlahan selama lima hingga 10 menit untuk menghangatkan otot dan mempersiapkan tubuh untuk berolahraga.

  • Lakukan sesi pendinginan

Setelah selesai melakukan sesi jalan cepat, berjalanlah secara perlahan selama lima hingga sepuluh menit untuk mendinginkan otot dan mencegah terjadinya kram otot keesokan harinya.

  • Tetapkan tujuan yang realistis

Untuk dapat menjaga kebugaran, setidaknya Anda membutuhkan waktu selama 30 menit berolahraga setiap harinya. Jika Anda tidak dapat menyisihkan waktu sebanyak itu, sisihkan waktu singkat sepanjang hari untuk melakukan aktivitas fisik. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Melakukan sedikit aktivitas fisik, lebih baik daripada tidak sama sekali. 

Ingat tidak apa-apa untuk memulai dengan lambat, terutama jika Anda belum berolahraga secara teratur. Anda mungkin mulai dengan lima menit sehari pada minggu pertama, dan kemudian menambah waktu Anda lima menit setiap minggu sampai Anda mencapai setidaknya 30 menit. 

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang lebih optimal, usahakan setidaknya mendapatkan waktu 60 menit menjalani aktivitas fisik setiap hari dalam seminggu.

  • Catat keprogressan Anda

Biasakan untuk mencatat berapa banyak langkah yang Anda ambil, jarak yang Anda tempuh dan berapa lama waktu yang dibutuhkan, dapat membantu Anda untuk memeriksa kemajuan Anda dan ini bisa menjadi motivasi untuk kedepannya. 

  • Tetap termotivasi

Memulai program berjalan membutuhkan inisiatif. Tetapi tetap konsisten menjalaninya membutuhkan komitmen. Anda dapat meningkatkan tingkat kebugaran dengan jalan cepat. 

Jangan terlalu khawatir tentang kecepatan Anda, karena detak jantung Anda yang menentukan apakah kecepatan Anda cukup cepat untuk mendorong Anda ke zona latihan dengan intensitas sedang. 

Jika Anda menemukan bahwa Anda tidak bisa mendapatkan detak jantung cukup tinggi dengan berjalan, Anda mungkin perlu menambahkan interval lari atau beralih ke berlari, berenang atau bersepeda untuk dapat melakukan latihan kardiovaskular seperti yang Anda inginkan.

26 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app