Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
SCIENTIA INUKIRANA
Kesehatan Fisik

Mengenal Meningitis Si Radang Selaput Otak

Update terakhir: OCT 16, 2019 Tinjau pada OCT 16, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 2.042.542 orang

Mengenal Meningitis Si Radang Selaput Otak

Definisi Meningitis. Meningitis adalah peradangan pada selaput yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang yang bernama selaput meningen. Sehingga sebenarnya kurang tepat kalau mengartikan meningitis adalah radang selaput otak, karena pada kenyataannya meningen juga melapisi sum-sum tulang belakang. Meningitis dapat disebabkan oleh infeksi bakteri, virus atau parasit. Dan sangat penting diketahui penyebabnya karena tingkat keparahan dan perawatan akan tergantung pada penyebabnya.

Meningitis radang meningen

Penyebab Meningitis. Karena Meningitis disebabkan oleh infeksi, maka bisa menular. Penularan meningitis dapat terjadi dari orang-ke-orang melalui batuk, bersin , berciuman ,hubungan seksual , kontak lansung dan tranfusi darah, Pada umumnya meningitis yang disebabkan oleh bakteri.

Sedangkan meningitis akibat virus menular dengan cara yang agak berbeda. Meningitis virus dapat menyebar melalui kontak dengan tinja yang terinfeksi dapat juga menyebar melalui tetesan (droplet) yang dilepaskan ketika orang batuk atau bersin.

Tanda & Gejala Meningitis. Meningitis dapat menimbulkan tiga gejala utama (trias) seperti demam tinggi, sakit kepala hebat serta leher kaku (kaku kuduk). Gejala lain yang mungkin timbul termasuk mual, muntah, rasa tidak nyaman melihat ke lampu terang (photosensitivity) , orientasi terganggu, kantuk, kejang dan gangguan berjalan.

Mungkin sulit untuk menemukan gejala yang mengarah ke meningitis pada bayi baru lahir dan bayi kecil. Bayi dengan meningitis memiliki gejala demam tinggi,  lemas, tidak aktif, tidak mau menyusu, muntah, mudah marah (rewel) atau nafsu makan buruk. Pasien dari segala usia yang terkena meningitis bisa juga mengalami kejang.

Baca juga: 10 Ciri-ciri Meningitis yang Perlu Diwaspadai

Pencegahan Meningitis

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat v2

Mencegah meningitis dapat dilakukan dengan cara : Cuci tangan secara menyeluruh dan sering dengan sabun dan air mengalir. Cuci tangan sangat penting setelah mengganti popok, menggunakan toilet, batuk atau membuang ingus di tisu.

Bersihkan permukaan yang terkontaminasi seperti gagang pintu, remote control TV dengan sabun dan air.

Tutup mulut ketika batuk. Tutup mulut ketika batuk dengan tisu atau arahkan batuk ke lengan atas. Setelah menggunakan tisu, buang di tempat sampah lalu cuci tangan.

Hindari berbagi gelas minum, alat makan, lipstik atau barang-barang lainnya dengan orang yang sakit atau dengan orang lain ketika Anda sakit.

Pola hidup sehat. Dengan melakukan pola hidup sehat dapat menjaga kekebalan tubuh seseorang.

Gunakan kondom saat melakukan hubungan seksual dengan risiko tinggi.

Vaksinasi termasuk dalam jadwal imunisasi anak dapat melindungi anak-anak terhadap beberapa bentuk meningitis. Beberapa contoh vaksin meningitis yaitu Haemophillus influenzae type b (Hib), Pneumococcal conjugate vaccine (PCV), Pneumococcal polysaccarida vaccine (PPSV23), Meningococcal conjugate vaccine.

Pengobatan Meningitis

Meningitis akibat bakteri dapat diobati dengan sejumlah antibiotik yang efektif. Semakin awal diobati hasilnya akan semakin baik.

Tidak ada pengobatan khusus untuk meningitis akibat virus. Kebanyakan pasien sembuh sendiri dalam waktu dua minggu.

Pasien harus istirahat cukup, perbanyak minum cairan dan obat-obatan untuk meredakan demam dan sakit kepala.

Perawatan di rumah sakit mungkin diperlukan dalam kasus yang parah atau orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit