Mengenal Obat Gatal Untuk Badan

Dipublish tanggal: Sep 5, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit

Sejumlah orang pasti pernah mengalami gatal-gatal, baik itu hanya sebagian, atau di sekujur tubuh. Pada dunia medis, gatal disebut dengan istilah pruritus

Gatal bisa disertai dengan ruam kulit yang kemerahan, benjolan, lecet, bintik-bintik, serta kulit kering, bersisik, dan pecah-pecah. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Gatal bisa terjadi singkat, bisa juga lama. Pruritus bisa diakibatkan karena gangguan kulit seperti kulit kering, eksim, dermatitis atopikpsoriasis, reaksi alergi, paparan sinar matahari, infeksi, serta gigitan atau sengatan serangga. 

Beberapa kelainan saraf seperti multiple sclerosis, saraf terjepit, dan herpes zoster bisa juga mengakibatkan gatal.

Obat Gatal seluruh badan yang aman

Berikut ini adalah sejumlah produk obat gatal-gatal yang bisa anda gunakan, diantaranya:

  • Antihistamin
    Obat ini bisa mengurangi rasa gatal dengan mengurangi produksi histamin di kulit. Antihistamin bisa menyebabkan kantuk, maka dianjurkan dikonsumsi ketika malam hari.
  • Obat oles atau topikal
    Ada sejumlah produk krim, losion, atau bedak yang bisa berguna untuk meringankan rasa gatal yang menyerang.
  • Krim kortikosteroid
    Krim kortikosteroid bisa dimanfaatkan sebagai obat gatal yang diakibatkan oleh peradangan, khususnya jika bagian yang gatal berwarna kemerahan.
  • Antidepresan
    Antidepresan golongan Selective Serotonine Reuptake Inhibitor (SSRI) seperti sertraline atau fluoxetine juga bisa berguna mengurangi bermacam jenis gatal pada kulit. Obat ini memicu pelepasan serotonin yang dapat menekan reseptor di tubuh yang mengakibatkan rasa gatal.
  • Terapi Cahaya (Fototerapi)
    Fototerapi bisa menjadi obat gatal. Saat dilakukan terapi, kulit tubuh akan dipapar oleh sinar ultraviolet. Tetapi terapi sinar ini cukup mahal dan bisa mengakibatkan efek samping seperti ruam kemerahan dan rasa panas atau terbakar pada kulit.
  • Gel terbuat dari tanaman
    Produk dari tanaman seperti lidah buaya bisa berguna untuk gatal yang ringan yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari atau gigitan nyamuk.

Cara tepat untuk meredakan Gatal

Rasa gatal, terutama gatal ringan di seluruh tubuh dapat diredakan dengan melakukan beberapa langkah, diantaranya :

  • Jangan digaruk
    Menggaruk bisa merusak lapisan kulit serta menghambat proses penyembuhan pada kulit. Selain itu bisa mengakibatkan infeksi.
  • Menggunakan pakaian yang nyama
    nPakaian yang nyaman kecil berisiko membuat iritasi kulit.
  • Jauhi barang atau keadaan yang mengakibatkan gatal
    Pakaian kasar, ruangan yang terlalu panas, mandi air panas terlalu lama, sabun atau deterjen, perhiasan, atau produk pembersih yang mengandung parfum bisa mengakibatkan iritasi.
  • Kompres daerah yang terasa gatal dengan kain basah yang dingin.
  • Mandi dengan air hangat yang dicampur dengan soda kue.
  • Menggunakan pelembap berkualitas baik
    Pelembap yang berkualitas baik mampu menahan kandungan air di lapisan terluar pada kulit Anda.
  • Oatmeal koloid
    Jenis oatmeal ini berasal dari gandum yang telah diproses menjadi bubuk yang sangat halus. Bahan alami ini banyak dimanfaatkan untuk berbagai jenis sabun dan lotion. Produk ini dianggap aman untuk membantu mengobati rasa gatal dari berbagai penyebab. Anda bisa menemukan produk-produk yang mengandung oatmeal koloid di banyak apotek,. Anda juga bisa membuat sendiri dengan menggiling gandum menjadi bubuk halus. Tetapi jika Anda mempunyai alergi dengan gandum, maka sebaiknya produk ini tidak dipakai atau digunakan.

Yang jelas pada penanganan gatal-gatal adalah mengetahui penyebabnya dan menghindarinya. bila gatal-gatal sering digaruk dan mengakibatkan kerusakan kulit atau infeksi, obat antibiotik bisa digunakan. 

Selain itu, berkonsultasi dengan dokter, adalah cara yang paling tepat untuk pengobatan yang optimal.

11 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Parasites: Cercarial dermatitis (also known as swimmer's itch). Centers for Disease Control and Prevention. http://www.cdc.gov/parasites/swimmersitch/faqs.html.
Cunningham FG, et al., eds. Dermatological disorders. In: Williams Obstetrics. 25th ed. New York, N.Y.: McGraw-Hill Education; 2018. https://www.accessmedicine.mhmedical.com.
Fazio SB, et al. Pruritis: Etiology and patient evaluation. https://www.uptodate.com/contents/search.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app