Mengapa Perokok Harus Lebih Banyak Mengkonsumsi Air Putih?

Dipublish tanggal: Mei 25, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Mengapa Perokok Harus Lebih Banyak Mengkonsumsi Air Putih?

Perlu untuk dipahami bagi para perokok aktif yang merasa sangat sulit menghentikan kebiasaan merokok. Bahwa perokok yang lebih aktif sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih lebih banyak dibandingkan dengan orang yang tidak perokok. Jika pada umumnya orang diharuskan konsumsi air putih sebanyak 8 gelas per harinya. Namun hal ini tidak berlaku pada perokok aktif.

Alasan Perokok Aktif Harus Mengonsumsi Lebih Banyak Air Putih

Perokok aktif diharuskan mengkonsumsi air putih lebih dari 8 gelas setiap harinya. Apabila perokok aktif tidak bisa memenuhi air putih setiap harinya, maka tubuhnya akan mengalami dehidrasi

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Selain dehidrasi, hal ini pun juga akan menimbulkan penyakit baru, karena rokok banyak mengandung nikotin dengan zat adiktif secara berlebihan, sehingga hal ini mampu membahayakan tubuh Anda.

Nikotin yang terdapat dalam rokok, sebatang rokok bisa menjadikan darah mengental, oleh karena itu, oksigen, mineral dan nutrisi sangat dibutuhkan untuk menyebar melalui darah. Apabila darah mengental, maka tidak dapat diserap tubuh secara optimal. 

Jika hal ini secara terus menerus dibiarkan, maka akan menimbulkan peradangan di bagian luar dan organ dalam tubuh akan menjadi lama disembuhkan ketika sakit. Jika Anda belum mengetahui alasan mengapa perokok aktif dianjurkan minum air putih lebih banyak, simak ulasan berikut:

2/3 tubuh adalah air

Dalam tubuh, 2/3 nya adalah air, untuk itu, jika tubuh tidak cukup air, maka hal ini menjadikan tubuh tidak berada pada suhu yang normal. Melalui air itulah yang dapat melumasi sendi sekaligus, membuang zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh melalui keringat, urine, buang air besar maupun buang air kecil. 

Apabila tubuh cukup air, maka tubuh akan berfungsi dengan sangat baik. Selain itu, air juga dibutuhkan dalam proses penyerapan makanan sebagai energi, untuk pencernaan makanan, memproduksi cairan air ludah serta untuk mengatur sirkulasi darah yang ada di dalam tubuh. Air putih juga bisa mencegah dehidrasi pada tubuh. Jika tubuh dehidrasi, maka dapat menimbulkan otot lemas, menjadikan tubuh lemah, tidak fokus dan kram.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Otak dapat bekerja sebagaimana mestinya karena air

Tubuh membutuhkan banyak cairan, termasuk otak. Selain oksigen, otak juga membutuhkan air agar bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Apabila otak kekurangan oksigen maupun air, maka hal ini tidak bisa menimbulkan otak tidak berfungsi dengan baik, dan hal ini bisa mengganggu aktivitas hidup Anda. Untuk itu, pastikan bahwa kebutuhan oksigen dan air dalam tubuh dipenuhi dengan baik.

Air putih sebagai katalis dalam pembaruan fungsi tubuh secara optimal

Kinerja ginjal dan hati dapat didukung dengan baik dan sempurna melalui produksi cairan yang ada di dalam tubuh. Sedangkan perokok lebih sering terserang berbagai jenis penyakit, termasuk ginjal dan hati. Untuk itu, Anda sebagai perokok aktif selalu dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih secukupnya untuk meminimalisir adanya penyakit tersebut.

Sedangkan ginjal dan hati memiliki fungsi sebagai penghilang zat beracun, garam dalam darah dan limbah tubuh. Air putih juga berperan sebagai penetralan ph sekaligus memperkuat pada kekebalan tubuh pada penyakit lain, termasuk batu ginjal.

Nikotin rokok yang Anda hisap tersebut akan masuk pada aliran darah bersama karbon monoksida maupun racun yang lainnya, kemudian mengalir pada seluruh tubuh. Apabila tubuh kekurangan cairan, maka akan menimbulkan racun terakumulasi yang ada di dalam darah serta bisa mengancam kesehatan Anda.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
What are the Pros and Cons of Cigarette Smoking?. Verywell Mind. (Accessed via: https://www.verywellmind.com/the-pros-and-cons-of-smoking-2824462)
Pictures of Why You’re Always Thirsty. WebMD. (Accessed via: https://www.webmd.com/a-to-z-guides/ss/slideshow-why-am-i-always-thirsty)
Cobb, C., Ward, K. D., Maziak, W., Shihadeh, A. L., & Eissenberg, T. (2010). Waterpipe tobacco smoking: an emerging health crisis in the United States. American journal of health behavior, 34(3), 275–285. https://doi.org/10.5993/ajhb.34.3.3. National Center for Biotechnology Information. (Accessed via: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3215592/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app