Memutihkan Wajah dengan Susu, Memangnya Efektif?

Dipublish tanggal: Jul 24, 2019 Update terakhir: Jan 17, 2022 Waktu baca: 3 menit
Memutihkan Wajah dengan Susu, Memangnya Efektif?

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Kandungan vitamin A pada susu terbukti dapat membantu memaksimalkan perkembangan sel-sel kulit sehingga kulit tampak lebih sehat;
  • Vitamin C pada susu berfungsi sebagai antioksidan yang mampu menutrisi kulit menjadi lebih lembut, serta proteinnya dapat meningkatkan kekuatan dan elastisitas kulit;
  • Susu mengandung asam laktat yang dapat meningkatkan produksi kolagen dan regenerasi kulit sehingga membuat kulit wajah menjadi lebih kenyal, halus, dan cerah;
  • Segera hentikan penggunaan masker susu jika muncul jerawat, kemerahan, perih, atau bruntusan pada wajah;
  • Pesan paket suntik putih (whitening injection) atau perawatan injeksi dan infus dengan promo menarik dan dokter berpengalaman melalui HDmall;
  • Gunakan fitur chat untuk berkonsultasi dengan apoteker kami secara gratis seputar obat dan perawatan kecantikan yang Anda butuhkan.

Di tengah maraknya produk pemutih kulit dan wajah yang ada di pasaran, sebagian orang justru beralih ke bahan-bahan yang lebih alami. Salah satunya dengan memanfaatkan susu bubuk menjadi masker. Katanya, memutihkan wajah dengan susu cenderung lebih terjamin keamanannya, tidak bikin wajah jerawatan, minim efek samping, dan ampuh bikin wajah jadi cerah bersinar dalam sekejap.

Memutihkan wajah dengan susu, apa benar efektif?

Maraknya produk pemutih wajah di pasaran membuat Anda harus lebih hati-hati, apalagi kalau produk tersebut diklaim dapat memutihkan wajah dalam waktu singkat dan instan. Pasalnya, tidak sedikit produk kecantikan 'nakal' yang ternyata mengandung bahan berbahaya dan tidak mengantongi izin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Alih-alih mempercantik wajah, menggunakan produk pemutih yang tidak tersertifikasi justru bisa membuat wajah Anda jadi breakout dan rusak parah.

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Atas dasar itulah, kini tidak sedikit orang yang berusaha memutihkan wajah dengan bahan-bahan alami, salah satunya susu. Warna putih dalam susu dipercaya dapat membantu mencerahkan wajah dan membuat kulit tampak lebih putih. Namun, apa benar begitu?

Pertama-tama, Anda harus tahu dulu kandungan dalam susu. Susu mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh, mulai dari vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, kalsium, hingga protein.

Baca selengkapnya: Mau Kulit Cerah Seperti Blackpink? Yuk, Coba Masker Alami Ini

Kandungan vitamin A pada susu ternyata tidak hanya baik untuk mata, tapi juga mampu menjaga kesehatan kulit. Vitamin A terbukti dapat membantu memaksimalkan perkembangan sel-sel kulit sehingga kulit tampak lebih sehat.

Sementara itu, vitamin C pada susu berfungsi sebagai antioksidan yang mampu menutrisi kulit menjadi lebih lembut. Ditambah lagi dengan kandungan protein di dalam susu yang dapat meningkatkan kekuatan dan elastisitas kulit.

Belum berhenti sampai disitu, memutihkan wajah dengan susu kini bukan lagi sekadar mitos berkat kandungan asam laktat dalam susu. Asam laktat merupakan bentuk asam alfa hidroksi (AHA) yang berfungsi untuk meningkatkan produksi kolagen dan regenerasi kulit. Maka jangan heran jika setelah menggunakan masker susu secara rutin, kulit wajah Anda jadi lebih kenyal, halus, dan cerah. 

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Hindari memutihkan wajah dengan susu kalau...

Walau menggunakan bahan yang alami, perlu diketahui bahwa masker susu bisa memberikan hasil yang berbeda-beda pada setiap orang. Tidak semua orang cocok menggunakan masker berbahan alami. Ada yang merasa kulitnya jadi lebih putih, tapi ada pula yang justru jadi jerawatan setelah menggunakan masker susu. 

Apabila Anda ingin memutihkan wajah dengan susu, pastikan alat dan bahan yang Anda gunakan dalam kondisi bersih. Jika muncul jerawat, kemerahan, perih, atau bruntusan pada wajah, sebaiknya segera hentikan penggunaan masker.

Bisa jadi ini pertanda bahwa kulit Anda cukup sensitif menggunakan bahan-bahan alami pada wajah. Namun jika tidak ada reaksi negatif, Anda bisa lanjut menggunakan masker susu beberapa kali seminggu untuk mendapatkan kulit wajah yang lebih putih dan berseri.

Baca juga: 7 Cara Ampuh Menghilangkan Bruntusan di Wajah

Cara membuat masker susu untuk wajah

Tertarik untuk mencoba memutihkan wajah dengan susu? Tenang, Anda bisa membuat masker susu sendiri di rumah dengan cara yang mudah, kok!

Berikut cara membuat masker susu untuk wajah:

  • Campurkan 4 sendok makan susu bubuk dengan air secukupnya.
  • Aduk rata sampai teksturnya cukup kental menjadi masker wajah.
  • Sebelum mengoleskannya pada wajah, pastikan Anda sudah membersihkan wajah terlebih dahulu lalu keringkan.
  • Setelah wajah cukup kering, oleskan masker susu pada wajah secara merata.
  • Tunggu 15-30 menit sampai makser kering sempurna.
  • Bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih.

Bila dilakukan secara rutin, masker susu bisa membantu memutihkan wajah Anda secara bertahap. Wajah pun juga terasa lebih segar dan awet muda.

Baca selengkapnya: Benarkah Bisa Memutihkan Wajah Dengan Susu Beruang?

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Chemical Peels: Costs, Types, Risks and Recovery (https://www.healthline.com/health/chemical-peels#overview)
Microdermabrasion: Procedure, Side Effects, and Cost (https://www.healthline.com/health/microdermabrasion)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel selanjutnya
Jerawat Hilang dalam Semalam dengan Aspirin
Jerawat Hilang dalam Semalam dengan Aspirin

Ternyata, Aspirin juga bisa digunakan untuk masker wajah untuk membantu menghilangkan kemerahan dan peradangan pada jerawat. Kandungan asam salisilat yang terdapat dalam Aspirin akan mempercepat pergantian sel dan membuka pori-pori wajah untuk meningkatkan produksi kolagen.

Buka di app