Manfaat Yoga untuk Pria

Dipublish tanggal: Mei 30, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Manfaat Yoga untuk Pria

Jika anda pernah mengikuti kelas-kelas yoga, anda akan melihat bahwa rata-rata peserta kelas yoga adalah wanita. Namun tahukah anda bahwa yoga sebenarnya bukan olahraga khusus wanita, pria juga bisa melakukan latihan yoga. Olahraga yoga memiliki manfaat yang sama bagi wanita maupun bagi pria.

Simaklah manfaat-manfaat yoga untuk para pria berikut ini :

  • Menguatkan keseimbangan tubuh
  • Relaksasi
  • Melancarkan pernapasan
  • Menyeimbangkan tubuh, mental dan holistik
  • Meningkatkan jangkauan gerak tubuh

Terdapat berbagai pose dan gerakan dalam latihan yoga, contohnya gerakan down dog, twisting, plank, spinal-arch dan masih banyak lagi. Gerakan-gerakan ini adalah bentuk dari latihan keseimbangan yang tidak akan Anda dapatkan dari kelas gym seperti angkat beban.

Iklan dari HonestDocs
Beli Rozgra - Sildenafil Citrate 100MG via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Rozgra sildenafil citrate 100mg

Melalui gerakan yoga, tubuh Anda akan didorong untuk mengembangkan kapasitas otot dengan cara yang baru. Cara-cara ini mampu menguatkan otot penyeimbang tubuh Anda dan meningkatkan kesehatan persendian Anda seiring berjalannya waktu. 

Selain bertambah kuat, Anda juga akan mengasah persendian Anda yang mungkin selama ini lemah.

Mungkin Anda pernah mengalami hari di mana Anda harus beristirahat (tidak melakukan aktivitas fisik yang berat) namun Anda tetap ingin aktif melatih tubuh Anda. Yoga adalah pilihan yang tepat untuk hari-hari Anda tersebut. 

Yoga memungkinkan Anda untuk tetap bergerak aktif namun juga memberikan waktu bagi Anda untuk berelaksasi dan memulihkan otot-otot Anda guna menjaga kebugaran tubuh Anda dan menyiapkan tubuh Anda untuk hari berikutnya.

Anda mungkin berpikir bahwa selama ini cara Anda bernapas baik-baik saja. Namun ketika Anda bergabung dengan kelas yoga, Anda akan mendapati bahwa yoga menantang Anda untuk memusatkan energi Anda pada setiap tarikan dan hembusan napas, terutama ketika Anda berjuang untuk menjaga postur-postur yoga yang diinstruksikan.

Yoga akan memaksa Anda untuk memperlambat laju pernapasan Anda. Semakin lama dan semakin rutin Anda berlatih yoga, teknik-teknik pernapasan pada yoga akan mengajarkan Anda untuk menarik napas panjang dengan perlahan di saat Anda membutuhkannya. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Rozgra - Sildenafil Citrate 100MG via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Rozgra sildenafil citrate 100mg

Hal ini memperluas kapasitas paru-paru Anda dan membuat Anda menghirup oksigek dalam jumlah yang lebih banyak jika dibandingkan dengan napas-napas pendek yang dari dulu Anda lakukan.

Yoga tidak hanya memperbaiki keseimbangan fisik Anda, tetapi juga dapat memicu Anda untuk mengeksplorasi tubuh dengan berbagai gerakan unik, guna membiarkan Anda mengetahui letak kelemahan tubuh Anda yang mungkin selama ini tidak Anda sadari. Selain itu, yoga juga mampu membantu Anda untuk mengatasi stres.

Mungkin sebagian dari Anda memilih melampiaskan amarah atau stres dengan meninju karung tinju yang berada di gym, tapi tahukah Anda bahwa meninju justru akan membuat Anda semakin lelah dan agresif? 

Melalui yoga, Anda akan mendapatkan ketenangan secara keseluruhan karena yoga melibatkan meditasi, latihan pernapasan dan teknik-teknik relaksasi tubuh yang akan meringankan stres Anda.

Semakin intens Anda berlatih yoga, Anda bahkan dapat sedikit demi sedikit mengubah pola makan dan gaya hidup Anda secara alami. Sangat mungkin jika nantinya Anda akan merasa tidak membutuhkan rokok atau berpesta di club malam. 

Karena melalui yoga Anda akan menyadari bahwa hal-hal tersebut dapat merusak apa yang telah Anda bangun dengan susah payah selama ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli Ericfil Tablet 100mg via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Ericfil 100 mg 4s 1

Melalui yoga, Anda akan dituntun untuk menghentikan berbagai pikiran Anda supaya Anda fokus dan tenang untuk melihat gambaran besar dari masalah yang ada pada diri Anda. Anda akan dituntun untuk bertindak atas dasar integritas diri, bukan kepanikan semu yang akan menyesatkan Anda.

Jangkauan gerak tubuh adalah hal yang sedikit berbeda dari kelenturan atau fleksibilitas tubuh. Seorang pria memiliki banyak kelompok otot keras, seperti halnya otot perut, otot bahu, glutes (otot pinggul dan bokong) serta hamstring (otot paha bagian belakang). 

Otot-otot ini memiliki batas kemampuan untuk dilatih, mereka memiliki batas kapasitas rentang gerak.

Ketika Anda melakukan olahraga seperti angkat berat atau bench press, terdapat gerakan monoton dan berulang yang hanya fokus pada kelompok otot tertentu. Lama kelamaan, hal ini akan membatasi jangkauan gerak tubuh Anda sehari-hari. 

Kelas yoga bagi para pria akan memberikan sejumlah manfaat yaitu menekankan gerakan yang dapat membuka jalan bagi otot-otot ini bekerja lebih optimal. Peningkatan kelenturan akan membantu tubuh memberikan kapasitas gerak terbaiknya.

Demikianlah beberapa manfaat yoga yang dapat Anda peroleh. Selain itu, bagi para pria, yoga juga dapat membantu membentuk otot serta meringankan nyeri dan cedera yang diderita. Bagi Anda para pria yang semula masih ragu, apakah kini Anda juga masih ragu untuk mencoba yoga?

24 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Wang F, et al. (2016). The effect of meditative movement on sleep quality: A systematic review. DOI: (https://doi.org/10.1016/j.smrv.2015.12.001)
Polsgrove MJ, et al. (2016). Impact of 10-weeks of yoga practice on flexibility and balance of college athletes. DOI: (https://doi.org/10.4103/0973-6131.171710)
Mayo Clinic Staff. (2018). Yoga: Fight stress and find serenity. (https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/stress-management/in-depth/yoga/art-20044733)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app