Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Kebiasaan Sehat

Tak Hanya Atasi Rasa Kantuk, Ini 7 Manfaat Tidur Siang Saat Puasa

Update terakhir: SEP 23, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 1.409.468 orang

Tak Hanya Atasi Rasa Kantuk, Ini 7 Manfaat Tidur Siang Saat Puasa

Pernahkah Anda menyadari bahwa Anda jadi gampang ngantuk saat puasa? Kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak hal, baik karena kekenyangan setelah santap sahur atau mendekati jam tidur siang.

Ketika rasa kantuk sudah tak tertahankan, tidak ada salahnya untuk tidur siang sejenak guna memulihkan energi Anda. Ternyata ada banyak manfaat tidur siang saat puasa, lho! Apa saja? Simak rahasianya berikut ini.

Kenapa saya sering ngantuk saat puasa?

Ada banyak hal yang bisa jadi penyebab ngantuk saat puasa. Jika biasanya Anda bisa tidur selama 7-8 jam, selama berpuasa Anda hanya tidur selama 5-6 jam saja. Berkurangnya durasi tidur inilah yang menyebabkan ngantuk saat puasa Ramadhan.

Godaan rasa ngantuk saat puasa juga dipicu oleh perubahan pola makan saat berpuasa. Biasanya, Anda bisa makan 3 kali sehari tapi sekarang Anda hanya boleh makan saat sahur dan berbuka puasa saja.

Ketika pola makan berubah, maka proses metabolisme tubuh Anda juga ikut berubah. Saat Anda berbuka puasa, asupan kalori akan meningkat lebih tajam dan membuat kadar hormon insulin serta kortisol ikut melonjak drastis.

Seperti yang sudah Anda tahu, hormon kortisol merupakan hormon stres tubuh. Semakin tinggi kadar kortisol, maka Anda akan semakin mudah merasa lelah, stres, dan tidak bertenaga. Maka tak heran jika Anda jadi sering mengantuk saat puasa, terutama di siang hari.

Berbagai manfaat tidur siang saat puasa

Bukan hanya bayi saja yang membutuhkan tidur siang, orang dewasa ternyata juga memerlukannya. Terlebih jika Anda baru saja begadang dan kurang tidur, maka jangan heran jika Anda jadi sering mengantuk dan butuh tidur siang saat puasa.

Faktanya, tidur siang saat puasa tidak hanya ampuh mengusir kantuk, lho! Ada banyak manfaat tidur siang saat puasa yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Perubahan pola tidur dan pola makan saat puasa Ramadhan sering kali menyebabkan sistem imun tubuh jadi menurun. Maka tak heran jika tubuh jadi gampang lemas, pusing, atau terserang penyakit lainnya saat puasa Ramadhan.

Saat tubuh mulai terasa kurang fit, cobalah untuk tidur siang sejenak. Manfaat tidur siang saat puasa diketahui dapat membantu tubuh melawan kuman dan bakteri penyebab penyakit.

Suatu penelitian menyebutkan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan jumlah leukosit, jenis sel darah putih yang bertugas melawan penyakit. Setelah peserta diminta untuk tidur siang, jumlah leukosit mengalami penurunan secara signifikan hingga ke batas normal. Maka dapat dilihat jelas bahwa manfaat tidur siang terbukti dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh saat puasa.

Baca Selengkapnya: 5 Cara Mudah Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Puasa

2. Meningkatkan daya ingat

Menurut para ahli, manfaat tidur siang saat puasa dapat memperkuat koneksi saraf yang membentuk ingatan. Pasalnya, area otak yang berkaitan dengan memori bekerja dengan optimal selama Anda tidur.

Ketika tidur siang, seluruh ingatan yang tersimpan di otak semakin diperkuat dan dipindahkan ke area ingatan jangka panjang. Hanya dengan tidur siang selama beberapa saat saja, Anda dapat mengingat berbagai hal dengan baik, sama seperti ketika Anda tidur di malam hari.

3. Mengurangi stres

Pernahkah Anda menyadari bahwa saat Anda kurang tidur, Anda bukan hanya jadi gampang ngantuk tapi juga mudah stres? Nah, itulah kenapa penting bagi Anda untuk meluangkan waktu tidur siang saat puasa.

Kurang tidur dapat meningkatkan tekanan darah dan kadar hormon kortisol, dua penyebab Anda jadi mudah marah dan stres saat puasa Ramadhan. Dengan tidur siang saat puasa, kadar kortisol akan menurun sehingga tubuh Anda jadi lebih rileks dan santai.

4. Memperbaiki mood

Jika biasanya anak-anak jadi gampang rewel saat melewatkan tidur siang, ternyata hal ini juga bisa dialami oleh orang dewasa

Setiap kali Anda kurang tidur, seluruh sistem saraf dan hormon (neuroendokrin) tubuh tidak dapat bekerja secara maksimal. Hal ini dapat membuat Anda jadi lelah, mudah tersinggung, dan suasana hati yang buruk (bad mood).

Agar suasana hati alias mood Anda kembali baik, cobalah tidur siang sejenak. Tidur siang telah terbukti efektif memulihkan sistem neuroendokrin kembali normal.

Untuk meraup manfaat tidur siang saat puasa ini, Harvard Medical School menyarankan Anda tidur siang selama 20-30 menit. Dijamin, Anda akan terbangun dengan perasaan bahagia dan lebih segar.

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat tidur siang saat puasa tidak hanya baik untuk kesehatan otak, tapi juga bermanfaat bagi jantung. Sebuah studi pada pria Yunani menemukan bahwa orang yang tidur siang 45-60 menit secara teratur memiliki risiko 37% lebih rendah terkena penyakit jantung.

Menurut para ahli, tidur siang saat puasa merupakan waktu penting untuk mengistirahatkan seluruh organ tubuh, termasuk jantung. Selama tidur siang, kerja jantung akan diambil alih oleh sistem parasimpatik sehingga jantung tidak perlu bekerja ekstra selama tidur. Hal ini cukup membuktikan bahwa manfaat tidur siang dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda.

Baca Juga: Ingin Jantung Sehat? Terapkan Tips Jantung Sehat Ini

6. Merangsang berpikir kreatif

Pikiran sedang kusut dan susah berpikir jernih? Ini artinya Anda butuh mengistirahatkan tubuh dan pikiran Anda dengan tidur siang.

Bila diibaratkan dengan sebuah komputer, komputer dapat mengalami masalah (error) ketika terlalu banyak file yang terbuka. Kalau sudah begitu, Anda tentu harus mengistirahatkan komputer tersebut supaya bisa kembali bekerja secara optimal.

Hal ini sama persis dengan cara kerja otak Anda. Saat Anda tidur siang saat puasa, otak dan organ tubuh lainnya akan beristirahat untuk memulihkan tenaga.

Setelah durasi tidur siang dirasa cukup, Anda akan terbangun dengan pikiran lebih jernih dan fokus. Anda bahkan bisa tiba-tiba mendapatkan ide-ide cemerlang yang tak pernah dibayangkan sebelumnya.

7. Menurunkan berat badan

Bagi Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan, maka Anda tentu tidak ingin melewatkan manfaat tidur siang ini. Meski seringnya disebut-sebut dapat membuat tubuh gemuk, tidur siang saat puasa ternyata justru dapat membantu menurunkan berat badan, lho!

Tidur dapat menghambat produksi hormon ghrelin (hormon lapar) dan meningkatkan hormon leptin (hormon kenyang). Dengan kata lain, tidur siang dapat membantu Anda menahan rasa lapar sekaligus meningkatkan rasa kenyang. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi Anda yang sering terganggu dengan perut keroncongan saat sedang berpuasa Ramadhan. 

Jika biasanya Anda sering kalap makan saat berbuka puasa, tidur siang bisa membantu Anda mengendalikannya. Anda hanya akan makan secukupnya dan berat badan Anda tidak cepat naik saat puasa Ramadhan.

Baca Juga: 16 Cara Menurunkan Berat Badan yang Sehat dan Alami

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit