GRACIA BELINDA
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
DR.VINA SETIAWAN
Ditinjau oleh
DR.VINA SETIAWAN

Manfaat dan Nutrisi Buah Aprikot yang Baik Bagi Kesehatan

Dipublish tanggal: Jan 15, 2020 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Feb 21, 2020 Waktu baca: 3 menit
Manfaat dan Nutrisi Buah Aprikot yang Baik Bagi Kesehatan

Berbagai jenis buah memiliki banyak manfaat dan nutrisi penting yang baik bagi kesehatan, salah satunya adalah buah aprikot (Prunus armeniaca). Buah aprikot yang memiliki warna kuning bulat dan terlihat seperti persik dan peach ini memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan mata dan pencernaan.

Manfaat dan Nutrisi Buah Aprikot yang Baik Bagi Kesehatan

Berikut ini manfaat dan nutrisi yang terkandung dalam buah aprikot:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

1. Rendah kalori

Aprikot sangat bergizi dan mengandung banyak vitamin dan mineral, seperti karbohidrat, protein, lemak, serat, kalium, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Aprikot lebih banyak mengandung serat dan nutrisi pada kulitnya sehingga lebih baik untuk dikonsumsi dalam bentuk utuh dan tidak dikupas.  

Aprikot juga mengandung rendah kalori dan menjadi sumber antioksidan berupa betakaroten, lutein, dan zeaxanthin yang baik dalam melawan efek radikal bebas pada tubuh.

2. Tinggi antioksidan

Selain mengandung vitamin dan mineral, aprikot juga merupakan sumber antioksidan yang kuat termasuk kandungan betakaroten yang penting dalam menjaga kesehatan mata. Tak hanya itu, kandungan polifenol yang disebut flavonoid juga terbukti mampu melindungi tubuh dari penyakit jantung dan diabetes.

Kandungan flavonoid dalam aprikot berupa asam klorogenat, katekin, dan kuersetin yang berfungsi untuk menetralkan efek radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Efek radikal bebas dapat merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan stres oksidatif yang memungkinkan meningkatnya risiko obesitas dan penyakit jantung.

Baca juga: Manfaat dan Sumber Makanan yang Kaya Antioksidan

3. Tinggi kalium

Aprikot yang kaya akan kalium dapat berfungsi sebagai elektrolit yang bertanggung jawab untuk mengirimkan sinyal saraf dan mengatur kontraksi otot serta keseimbangan cairan dalam tubuh. Kalium yang erat kaitannya dengan natrium juga dapat mencegah perut kembung serta menjaga kestabilan tekanan darah ataupun risiko stroke.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Selain itu, aprikot juga memiliki kandungan air yang tinggi sama seperti kebanyakan jenis buah lainnya sehingga berfungsi untuk mengatur suhu tubuh, kesehatan sendi, dan detak jantung. Karena jika tubuh mengalami dehidrasi, volume darah akan menurun dan memaksa jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

4. Menjaga kesehatan mata

Buah aprikot yang memilki kandungan vitamin A dan vitamin E tentunya baik dalam menjaga kesehatan mata. Vitamin A bermanfaat dalam mencegah kebutaan pada malam hari yang bisa disebabkan oleh kurangnya pigmen cahaya pada mata. Sementara vitamin E termasuk dalam lemak larut yang dapat melindungi mata dari efek radikal bebas.

Kandungan beta karoten yang memberikan warna kuning orange pada aprikot juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan mata, sama seperti wortel. Selain itu, kandungan lutein dan zeaxanthin juga bermanfaat dalam menjaga mata dari stres oksidatif.

Baca juga: 6 Vitamin Penting untuk Kesehatan Mata

5. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat dan nutrisi aprikot lainnya juga baik untuk menjaga kesehatan kulit. Penyebab utama munculnya keriput dan kerusakan kulit biasanya disebabkan oleh paparan sinar matahari, polusi udara, dan asap rokok. Maka dari itu, dibutuhkan makanan kaya antioksidan yang baik untuk mencegah penyakit kulit.

Vitamin C dan vitamin E pada aprikot dianggap mampu melindungi kulit dari kerusakan sinar UV dan polusi udara sekaligus membentuk kolagen yang bermanfaat dalam menjaga elastisitas kulit serta mengurangi risiko munculnya garis halus pada wajah.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

6. Menjaga kesehatan pencernaan

Serat yang terkandung dalam buah aprikot juga memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan usus. Aprikot yang memiliki kandungan serat larut (pektin, gusi, dan polisakarida) dan serat tidak larut (selulosa, hemiselulosa, dan lignin) juga penting dalam menjaga kadar kolesterol dan gula darah.

Karena aprikot merupakan sumber serat larut yang baik maka hal tersebut dapat membantu meningkatkan bakteri baik dalam saluran cerna dan menjaga kesehatan pencernaan.

7. Menjaga kesehatan hati (liver)

Aprikot dapat membantu melindungi hati dari pengaruh stres oksidatif karena memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Meski membutuhkan penelitian lebih lanjut, tetapi diperkirakan aprikot dapat membantu mencegah kerusakan hati.

Tak hanya itu, aprikot juga mengandung kalsium, mangan, dan zat besi yang baik untuk menjaga kekuatan tulang dan mencegah osteoporosis.

Karena mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan, ada baiknya untuk mulai mengonsumsi aprikot dan memasukkannya ke dalam menu makanan Anda. Buah aprikot dapat dimakan secara utuh atau dicampur sebagai camilan sehat bersamaan dengan yogurt, puding, dessert ataupun salad.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Fatima, Tabasum & Bashir, Omar & Gani, Gousia & Bhat, Tashooq & Jan, Nusrat. (2018). Nutritional and health benefits of apricots. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/328274247_Nutritional_and_health_benefits_of_apricots)
Apricots Nutrition Facts: Calories, Carbs, and Health Benefits. Verywell Fit. (https://www.verywellfit.com/apricots-nutrition-facts-calories-and-health-benefits-4109220)
Apricot: Uses, Side Effects, Interactions, Dosage, and Warning. WebMD. (https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-952/apricot)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app