Manfaat Berhenti Merokok yang Langsung Dapat Dirasakan

Dipublish tanggal: Jun 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Sep 10, 2019 Waktu baca: 3 menit
Manfaat Berhenti Merokok yang Langsung Dapat Dirasakan

Berhenti merokok adalah keputusan besar yang positif untuk kehidupan yang lebih baik. Pola hidup akan jauh lebih sehat dengan berhenti merokok. Manfaatnya sangat banyak dan tidak ada kata terlambat untuk memulainya.

Ketika Anda mengupayakan berhenti di usia pertengahan atau sebelum terkena penyakit serius, maka bisa terhindar dari penyakit serius. Selengkapnya, inilah manfaat penting dari berhenti merokok yang langsung dapat dirasakan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Membuat Pernapasan Lebih Lancar

Seluruh zat yang ada di dalam rokok sangatlah berbahaya bagi kesehatan tubuh. Berbagai zat tersebut sering sekali menyebabkan gangguan pernapasan. Saluran pernapasan rentan mengalami masalah karena nikotin, tar, dan berbagai macam zat di dalam rokok. 

Berbeda halnya ketika Anda sudah berhenti merokok. Pernapasan akan jauh lebih lega dan lancar.

Dengan berhenti merokok, kapasitas paru-paru meningkat sampai 10% selama sembilan bulan. Frekuensi batuk juga berkurang karenanya. Di usia 20-30-an, efek merokok tidak akan terlihat, kecuali saat berlari. Akan tetapi, kapasitas tersebut berkurang seiring bertambahnya usia. Kualitas pernapasan dapat tetap terjaga dengan berhenti merokok.

Memberikan Suplai Energi Lebih Banyak

Berhenti merokok setelah terhitung 2-12 minggu mampu meningkatkan sirkulasi darah. Semua aktivitas fisik, termasuk berjalan dan berlari akan jauh lebih mudah dilakukan. 

Sistem imun juga akan meningkat, sehingga jauh lebih mampu melawan semua bibit penyakit. Peningkatan kadar oksigen dalam tubuh juga mampu mengurangi rasa lelah dan sakit kepala yang kerap muncul.

Menekan Stres

Tekanan atau stres akan mengganggu jalannya aktivitas keseharian Anda. nikotin yang ada pada rokok bisa meningkatkan stres. Risiko stres karena rokok ini sama seperti stres yang terjadi karena sebab lain. Karenanya, Anda harus mengurangi stres dengan berhenti merokok agar aktivitas kembali lancar.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Berbagai studi ilmiah juga menunjukkan bahwa tingkat stres dari orang yang sudah berhenti merokok, jauh lebih rendah dibanding mereka yang merupakan perokok. 

Jika memang Anda menyadari risiko stres tersebut, maka segera hindarilah kebiasaan merokok. Gantilah cara lain untuk mengatasi stres, jangan mengikuti kebiasaan orang menghilangkan stres dengan merokok.

Meningkatkan Kualitas Hubungan Seksual

Berhenti merokok mampu meningkatkan aliran darah dalam tubuh. Hal tersebut akan meningkatkan sensitivitas. Pria yang sudah berhenti merokok akan memperoleh ereksi lebih baik. Wanita yang berhenti merokok mampu meningkatkan rangsangan, sehingga proses orgasme lebih mudah.

Banyak pihak yang menyatakan bahwa orang non perokok lebih menarik di mata pasangan, dibandingkan dengan perokok. Orang yang tidak merokok juga lebih mudah mempunyai anak. 

Lapisan rahim akan lebih kuat dan kualitas sperma juga semakin baik. Lebih dari itu, orang yang tidak merokok akan punya risiko keguguran lebih rendah.

Menjadikan Kulit Tampak Lebih Muda

Keputusan berhenti merokok yang dijalankan secara konsisten, tentu sangat berarti. Berhenti merokok bisa memperlambat penuaan wajah serta munculnya keriput. Dengan tidak merokok, kulit Anda akan mendapatkan lebih banyak nutrisi, termasuk oksigen. Kondisi kulit pucat dan berkerut juga bisa dihindari.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Membuat Hidup Lebih Lama

Setengah dari seluruh jumlah perokok bisa meninggal lebih awal karena penyakit serius akibat merokok. Zat berbahaya dalam rokok adalah penyebabnya. Pria yang sudah berhenti merokok mulai usia 30 tahun mampu memperpanjang hidup sampai 10 tahun lamanya. Mereka yang berhenti merokok di usia 60 tahun bisa memperpanjang usianya sampai 3 tahun.

Memang benar, tidak ada kata terlambat untuk berhenti merokok. Keuntungannya sangat banyak sekali. Tidak hanya memperpanjang hidup, tetapi juga meningkatkan peluang kenyamanan hidup hingga masa tua yang bebas dari penyakit. Kesehatan fungsi tubuh justru akan terjaga dengan baik sampai tua.

Melindungi Orang yang Dicintai

Melalui upaya berhenti merokok, Anda mampu melindungi keluarga dan teman yang non perokok. dengan tidak merokok, Anda sudah menyelamatkan mereka dari asap rokok. 

Asap tersebut mengandung zat berbahaya yang bisa ikut terhirup ke dalam tubuh mereka yang berlaku sebagai perokok pasif. Karenanya, selalu ingat kesehatan bersama agar konsisten berhenti merokok.

Berbagai manfaat dari upaya berhenti merokok tersebut sangat berarti. Anda akan mendapatkan kehidupan jauh lebih sehat. Aktivitas lebih lancar dan fleksibel. Usia juga jauh lebih panjang dengan kondisi sistem tubuh dan fisik luar yang masih prima sampai tua nanti.

12 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Yilmaz MO, et al. (2015). Relationship between smoking and female sexual dysfunction. DOI: (http://dx.doi.org/10.4172/2167-0250.1000144)
Verschuere S, et al. (2012). The effect of smoking on intestinal inflammation: What can be learned from animal models? DOI: (https://doi.org/10.1016/j.crohns.2011.09.006)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app