Doctor men
Ditulis oleh
HONESTD
Doctor men
Ditinjau oleh
VINA SETIAWAN
Makanan dan Diet Sehat

Ketahui Manfaat 6 Jenis Apel Berdasarkan Warna Kulit

Update terakhir: NOV 13, 2019 Tinjau pada NOV 13, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 1.397.148 orang

Ketahui Manfaat 6 Jenis Apel Berdasarkan Warna Kulit

Buah apel dikenal memiliki rasa yang manis, sedikit asam dan segar sehingga sangat cocok dijadikan sebagai pencuci mulut setelah makan makanan berat. Tak hanya rasanya yang segar, buah apel ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan

Seorang dokter mengatakan bahwa satu buah apel yang kamu makan setiap hari dapat menghindarkan kamu dari penyakit kanker. Penyakit kanker ini termasuk penyakit yang mematikan di Indonesia. Jauh dari penyakit dengan makanan enak pasti menjadi rutinitas yang menyenangkan untuk dijalankan.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Di supermarket atau pasar tradisional, kamu pasti menemukan berbagai macam apel. Ada yang berwarna hijau, kuning dengan bercak-bercak merah, kuning dan juga merah dengan bintik-bintik hitam. 

Masing-masing apel tersebut memiliki nama dan rasa yang khas. Tanpa perlu berpanjang lebar lagi, yuk kita bahas jenis-jenis buah yang memiliki nama latin Malus Domestica ini!

1. Apel Rome Beauty (berwarna hijau kekuningan)

Membaca artikel mengenai buah apel pasti kamu akan teringat dengan kota Malang. Yup, kota Malang terkenal dengan budidaya apelnya. Tiga buah apel yang paling banyak dibudidayakan yaitu apel Rome Beauty, manalagi dan Anna. Ketiga buah apel ini memiliki rasa yang enak dan diminati oleh banyak orang di dunia.

Apel Rome Beauty memiliki ciri khas yaitu berbentuk bulat dengan lekukan yang cukup dalam di kedua ujungnya, berwarna hijau kekuningan, daging buahnya berwarna putih dan keras. Rasa apel ini sedikit asam segar. 

Berat rata-rata buah ini sekitar 175 gram. Buah ini banyak dibudidayakan di daerah beriklim kering dengan tinggi 700 - 1200 MDPL.

Apel Rome Beauty biasa dimakan begitu saja sebagai pencuci mulut. Namun buah ini juga dapat difermentasi dan menjadi cuka apel. Mengkonsumsi buahnya langsung maupun olahannya memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Beberapa manfaat tersebut adalah mencegah sariawan dan penyakit gusi, memperkuat daya tahan serta meringankan sakit lambung. Hal ini dikarenakan apel memiliki kandungan vitamin c yang cukup tinggi.

2. Apel Manalagi (berwarna hijau muda kekuningan)

Apel manalagi merupakan salah satu dari 3 jenis apel yang paling diminati di Indonesia karena rasanya yang manis dan segar. Buah apel ini memiliki tekstur daging buah agak liat dan kandungan air lebih sedikit dibandingkan buah apel jenis lain. 

Buah apel manalagi berbentuk agak bulat dengan diameter 4 sampai 7 cm dan di kedua ujungnya memiliki lekuk yang dangkal. Buah yang matang memiliki warna hijau muda kekuningan dan berat sekitar 75-160 gram per buah. Apel ini diperkenalkan oleh Negara Belanda dan tumbuh subur apabila ditanam di ketinggian 700 - 1200 MDPL.

Apel manalagi memiliki banyak manfaat seperti apel jenis lainnya. Beberapa manfaat apel jenis ini adalah menyehatkan mata, mencegah kanker usus, menyehatkan jantung dan masih banyak lagi. Hal ini disebabkan kandungan dalam buah apel yang kaya akan vitamin A, C dan kalsium

3. Apel Anna (berwarna hijau dengan semburat merah)

Apel Anna yang banyak dibudidayakan di Kota Malang ini memiliki sebutan lain Apel Jonathan. Kulit apel Anna berwarna hijau dan teksturnya tipis. Bentuknya bulat dengan diameter 6 cm, memiliki lekukan kecil dan dalam di kedua ujungnya. 

Apel ini dapat digunakan untuk mengganjal perut di pagi hari. Kamu tidak perlu khawatir mengkonsumsi buah ini sebelum makan karena rasa asam yang ada dalam buah ini akan berubah menjadi basa dan menyeimbangkan pH dalam lambung.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Mengkonsumsi apel Anna secara rutin dapat menghindarkan kamu dari risiko kanker usus. Hal ini disebabkan kandungan serat buah ini membantu melancarkan pencernaan dalam usus. Apel Anna juga dapat menyembuhkan asma dan bagus dikonsumsi ibu hamil

Dipercaya mengkonsumsi buah apel saat hamil menyehatkan saluran pernafasan janin. Selain kaya akan vitamin dan mineral, apel Anna juga mengandung antioksidan yang bermanfaat mencegah terjadinya katarak pada mata

4. Apel Fuji (berwarna kuning kemerahan)

Apel Fuji merupakan salah satu apel import dari Jepang. Apel ini memiliki warna kuning dengan semburat merah. Kulit apel Fuji cukup tipis dan daging buahnya berwarna putih. Daging buah ini rasanya manis, segar dan renyah saat dikunyah. Buah ini ternyata merupakan buah persilangan, yaitu persilangan dari apel old Virginia dan apel red delicious.

Antioksidan pada apel Fuji baik untuk membuang racun atau detoksifikasi pada hati. Dengan berkurangnya racun pada hati maka kinerja hati menjadi lebih optimal. Buah ini bagus untuk menurunkan berat badan

Dengan mengkonsumsi buah ini secara teratur dapat melancarkan saluran pencernaan. Bukan hanya menyehatkan, mengkonsumsi buah apel secara teratur juga dapat menyehatkan kulit kamu lho.  Yuk jadikan konsumsi apel rutinitas dalam harimu!

5. Apel Royal Gala (berwarna merah kekuningan)

Kamu pasti sering melihat buah ini dijual di supermarket. Apel Royal Gala memiliki warna dasar merah dengan semburat kuning. Dibandingkan dengan apel Fuji, apel ini berukuran lebih kecil. 

Kulitnya yang lebih tipis dari kulit apel jenis lain menjadikan buah ini favorit Ratu Elizabeth. Buah ini berasal dari Selandia. Wajar saja bila harganya mahal. Apel ini enak dimakan langsung atau diolah menjadi pie apel, campuran salad buah dan cuka apel atau cider.

Mengkonsumsi apel royal gala secara langsung atau olahannya, cuka apel, sama-sama bermanfaat bagi tubuh kamu. Cuka apel dikenal mampu menyembuhkan jerawat lho. Caranya gampang banget. 

Kamu cukup mengoleskan cuka apel secara rutin, mendiamkannya 10 sampai 15 menit dan jangan lupa mencuci muka kamu setelahnya. Kandungan vitamin c apel inilah yang meringankan peradangan pada jerawat dan menyerap minyak berlebih di muka kamu.

6. Apel Washington (berwarna merah marun)

Apel jenis ini berwarna merah marun dengan bintik-bintik hitam. Apel Washington berukuran tidak terlalu besar dibandingkan apel Fuji. Apel ini memiliki kulit agak tebal dan daging buah berwarna putih. Rasa apel ini manis segar dan memiliki kandungan air yang cukup. 

Apel ini sering digunakan sebagai pencuci mulut. Meskipun bernama apel Washington bukan berarti apel ini berasal dari Washington. Nama tersebut dikarenakan apel ini dibudidayakan dalam jumlah besar disana.

Apel ini dapat digunakan sebagai masker. Caranya adalah dengan menghaluskan apel ini dan mengoleskannya pada muka. Masker apel ini dapat membuat kulit halus dan kencang. 

Selain untuk kecantikan konsumsi buah apel ini bagus untuk penderita anemia. Selain itu apel Fuji bagus juga lho bagi penderita kolesterol. Terdapat zat yang dapat menghancurkan kolesterol jahat dalam apel ini.

Kandungan vitamin dan mineral pada buah apel menjadikan buah ini sehat untuk dikonsumsi secara rutin. Mulai dari mengganjal perut sampai dengan mencegah kanker dapat kamu peroleh dari buah ini. 

Bagi kamu yang kurang suka dengan bau rumah sakit atau bertemu dengan dokter sebaiknya menjadikan makan buah apel sebagai rutinitasmu. One apple a day can keep a doctor’s away!

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini
jenis apel manfaat apel royal gala apel putih apel kuning jenis jenis apel