Makanan Kaya Probiotik yang Baik untuk Vagina

Dipublish tanggal: Mei 23, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Makanan Kaya Probiotik yang Baik untuk Vagina

Tahukah Anda, di tubuh kita ini terdapat banyak bakteri. Bakteri tersebut hidup di beberapa bagian tertentu, termasuk vagina. Di vagina, ada lebih 50 spesies bakteri yang hidup. Sama halnya dengan bakteri yang hidup di saluran pencernaan kita. 

Namun, jangan khawatir! Sebab, bakteri-bakteri tersebut merupakan bakteri baik yang berguna untuk menjaga kesehatan vagina.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Yang perlu dikhawatirkan adalah ketika eksistensi bakteri baik tersebut terancam oleh bakteri jahat. Sehingga, vagina Anda rentan terinfeksi. Oleh karena itu, untuk menjaga keseimbangan bakteri baik dalam vagina, konsumsilah makanan yang kaya akan bakteri baik atau disebut juga probiotik.

Peran probiotik bagi kesehatan vagina

Salah satu bakteri baik yang hidup dalam vagina adalah Lactobacillus. Bakteri ini melindungi saluran vagina dari mikroogranisme penyebab penyakit atau bakteri jahat. Caranya, dengan menghentikan pembentukan dasar bakteri jahat tersebut. 

Tahukah Anda, bakteri jahat, dapat tumbuh di vagina apabila lingkungannya sesuai dan tidak akan hidup apabila lingkungannya asam. Nah, inilah peran bakteri baik untuk menjaga supaya lingkungan vagina tetap asam sehingga pH vagina tetap dalam kondisi sehat.

Bagaimana cara bakteri baik dapat mempertahankan pH vagina? Yaitu dengan menghasilkan asam laktat. Disamping itu, probiotik juga memproduksi hidrogen peroksida sehingga menghambat perkembangan bakteri jahat penyebab penyakit seperti bakterial vaginosis.

Menariknya lagi, probiotik vagina ini juga berperan dalam meningkatkan respon imun tubuh. Tidak hanya terhadap infeksi yang menyerang kesehatan vagina, melainkan infeksi yang menyerang tubuh secara menyeluruh, diantaranya kesehatan saluran pencernaan dan kandung kemih.

Makanan kaya probiotik untuk kesehatan vagina

Perubahan pH dan kadar estrogen pada vagina akan berpengaruh terhadap penurunan populasi bakteri baik Lactobacillus. Akibatnya, bakteri jahat akan menggantikannya dan mulai menginfeksi vagina. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 8

Tidak mau bukan hal tersebut terjadi? Untuk menjaga keseimbangan bakteri baik, Anda dapat membiasakan secara teratur mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik. Menurut penelitian yang telah dilakukan, diet kaya probiotik efektif meningkatkan sistem imun dan keseimbangan hormonal. 

Berikut ini adalah daftar makanan kaya probiotik yang dapat Anda konsumsi.

  • Yogurt adalah hasil fermentasi susu dengan bakteri Lactobacillus acidophilus. Minuman ini dikenal mampu menjaga kesehatan vagina.
  • Kefir adalah hasil fermentasi susu kambing dengan bakteri baik.
  • Kimchi adalah makanan khas Korea, berupa fermentasi sayuran seperti sawi putih.
  • Tempe adalah makanan hasil fermentasi antara kedelai dengan bakteri baik atau ragi.
  • Miso adalah makanan tradisional dari Jepang yang terbuat dari kacang kedelai, beras, gandum, dan barley yang kemudian difermentasi dengan jamur koji.
  • Acar adalah timun yang difermentasi atau direndam dengan larutan garam dan air.
  • Teh kombucha adalah hasil fermentasi minuman teh hijau atau teh hitam dengan bakteri baik.

Di samping mengonsumsi makanan kaya probiotik di atas, biasakan untuk menjaga kesehatan vagina dengan perilaku hidup sehat berikut ini.

  • Membersihkan vagina secara teratur menggunakan air hangat. Bisa juga menggunakan produk pembersih khusus vagina yang mengandung povidone-iodine.
  • Bersihkan vagina dari arah depan ke belakang supaya bakteri anus tidak terkontaminasi dalam vagina.
  • Jagalah supaya area vagina tetap dalam kondisi kering. Maka, pilihlah celana dalam berbahan katun sehingga mudah menyerap keringat. Hindari pula pemakaian celana atau rok ketat. Setelah mandi, usaplah area sekitar vagina Anda dengan handuk yang lembut.
  • Gantilah pembalut secara teratur.
  • Hindari penggunaan tisu dengan pewangi dan cara douching untuk membersihkan vagina karena dapat mengancam populasi bakteri baik.

7 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Mayo Clinic Staff. (2017). Cholangiocarcinoma (bile duct cancer). (http://www.mayoclinic.org/bile-duct-cancer/)
Cholangiocarcinoma (bile duct cancer). (n.d.). (http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmedhealth/PMH0001336/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app