Lovage: Informasi Manfaat dan Cara Kerja

Dipublish tanggal: Jun 15, 2019 Update terakhir: Okt 26, 2020 Waktu baca: 3 menit

Lovage ( levisticum officinale ) merupakan tanaman herbal, yang akar dan rhizomanya sering digunakan dalam pembuatan obat-obatan. 

Tanaman ini sering digunakan dalam terapi yang dinamakan “irrigation therapy” yang berfungsi untuk menangani rasa sakit dan inflamasi pada bagian bawah saluran kencing, mencegah terbentuknya batu ginjal, dan meningkatkan kelancaran urin saat kencing ketika Anda mengalami infeksi saluran kencing atau penyumbatan saluran kencing.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Zat kimia yang terkandung didalam tanaman herbal ini dapat membantu melancarkan kandungan air saat buang air kecil, mengurangi kram, dan membantu melawan infeksi.

Anda dapat menemukan Lovage didalam makanan dan minuman Anda sebagai komponen penambah rasa. Selain itu, Lovage juga sering digunakan sebagai penambah wangi dalam pembuatan sabun maupun kosmetik.

Manfaat penggunaan Lovage

Mengkonsumi Lovage sebagai sarana pengobatan alternatif tentunya memiliki manfaat bagi tubuh Anda. Didalam studi yang melibatkan 59 pasien dengan diabetic nephropathy, setelah mereka menerima kombinasi herbal yang mengandung Lovage, menunjukan adanya penurunan dari microalbuminuria.

Lovage juga dapat meningkatkan parameter antioxidant yang dimiliki oleh Anda.

Beberapa manfaat lain yang dapat Anda peroleh saat menggunakan produk yang mengandung tanaman ini ialah :

  1. Mengurangi frekuensi terjadinya cystitis pada orang dewasa
  2. Mencegah terjadinya acute pyelonephritis pada anak-anak
  3. Memulihkan fungsi ginjal pada anak-anak yang sedang menjalani operasi pembenaran vesicoureteral reflux
  4. Menangani Intestinal gas
  5. Menangani haid yang tidak teratur
  6. Menangani Migraine
  7. Membantu menangani Insomnia

Selain beberapa hal diatas, Lovage ternyata juga memiliki fungsi untuk memecah dahak yang menyangkut pada sistem pernafasan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Dosis penggunaan Lovage

Dalam menentukan dosis yang paling tepat bagi penggunaan Lovage, diperlukan pertimbangan dari beberapa faktor seperti umur, kesehatan, dan kondisi lain yang dimiliki oleh tubuh Anda.

Beberpa dosis yang dapat digunakan secara umum dalam penggunaan lovage adalah sebagai berikut :

  1. Classical use, 4 – 8 gram per hari
  2. Diseduh dalam bentuk teh, menyeduh 2 – 3 gram akar dari lovage didalam cup yang sudah ditutup selama 15 – 20 menit, dengan pengkonsumsian 3x sehari

Perlu diingat bahwa penggunaan obat herbal belum tentu aman. Oleh karena itu mintalah saran dari dokter maupun perawat disekitar Anda sebagai panduan profesional dalam mengkonsumsi herbal ini.

Hindari penggunaan Lovage kepada ibu hamil, dan juga ibu yang sedang dalam tahap menyusui buah hatinya. Karena belum ada bukti penelitian lebih lanjut tentang efeknya terhadap mereka.

Jika Anda menemukan herbal ini dalam bentuk suplemen, pastikan untuk membaca panduan dalam mengkonsumsinya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Efek samping penggunaan Lovage

Lovage jika digunakan secara tepat dan melalui pengawasan medis yang benar tentu saja akan memberi efek baik bagi tubuh Anda. Meskipun begitu, tetap ada efek samping yang dapat terjadi akibat satu alasan atau lain.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Beberapa efek samping yang terjadi setelah pengkonsumsian produk yang mengandung Lovage berupa :

  1. Dermatitis
  2. Rasa gatal yang extreme
  3. Erythema
  4. Bullae
  5. Vesicles
  6. Hyperpigmented spot

Perhatian dan peringatan

Perlu Anda ingat kembali bahwa penggunaan produk herbal ini tanpa pengawasan profesional dapat membawa efek buruk terhadap kondisi tubuh Anda. Oleh karena itu, carilah ahli maupun profesionnal sebagai pembimbing dalam pengkonsumsian herbal ini.

Disarankan untuk tidak mengkonsumsi Lovage bersamaan dengan Water Pills ( Obat yang berfungsi sebagai Diuret ), karena dapat membuat tubuh kehilangan terlalu banyak cairan. Beberapa obat tersebut ialah diuril, thalitone, lasix, HCTZ, hydrodiuril, microzide, dll

Gunakan produk-produk yang mengandung Lovage secara bijak, dan pertimbangkanlah efek samping yang dapat terjadi.

Serta setelah penggunaan dari produk Lovage, jika terjadi perburukan kondisi dari penyakit yang Anda alami. Segera konsultasikan kembali dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut. Semoga bermanfaat.


4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Lovage Uses, Benefits & Dosage Herbal Database. Drugs.com. (https://www.drugs.com/npp/lovage.html)
Lovage: Uses, Side Effects, Interactions, Dosage, and Warning. WebMD. (https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-725/lovage)
Lovage: Benefits, Side Effects, Dosage, and Interactions. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/lovage-benefits-side-effects-dosage-and-interactions-4686373)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app