Levodropropizine: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 25, 2020 Tinjau pada Mei 10, 2019 Waktu baca: 3 menit

Batuk adalah salah satu gejala yang paling sering terjadi dimana pasien mencari pertolongan medis dari dokter di perawatan primer seperti puskesmas atau klinik-klinik dan dokter spesialis paru-paru. 

Sekitar 40% populasi manusia di muka bumi, pasti pernah berobat ke dokter akibat batuk. Batuk dikaitkan dengan gangguan kualitas hidup yang berhubungan dengan kesehatan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Batuk sebenarnya bukan lah suatu penyakit, tetapi suatu respon tubuh dimana tubuh berusaha untuk mengeluarkan kuman-kuman penyebab penyakit yang masuk ke dalam sistem pernapasan.

Batuk biasanya dapat diatasi dirumah dengan penanganan suportif berupa istirahat yang cukup, banyak minum air putih atau mengkonsumsi makanan-makanan hangat yang dapat membuat nyaman tubuh Anda. 

Tetapi dalam beberapa kondisi tertentu, batuk bisa disebabkan oleh suatu penyakit yang kronik sehingga batuk dapat terjadi dalam waktu yang lama dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Jika hal ini terjadi, perawatan menggunakan obat-obatan mungkin diperlukan.

Mengenai Levodropropizine

Golongan:

Obat resep

Kemasan:

Tablet

Kandungan:

Obat antitusif

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Apa itu Levodropropizine ?

Levodropropizine adalah obat yang berfungsi untuk mengurangi batuk. Obat ini adalah levo isomer dropropizine. Yang mana bertindak sebagai antitusif perifer, tanpa mempengaruhi sistem saraf pusat. 

Levodropropizine digunakan untuk mengobati batuk berlebihan dan gangguan pernapasan di paru-paru yang merangsang batuk. Obat ini dapat digunakan oleh orang dewasa dan anak-anak.

Levodropropizine diaktivasi dalam sistem bronkopulmonalis (saluran pernapasan) sehingga dapat bertindak sebagai penghambat bronkospasme (penyempitan saluran pernapasan).

Karena obat ini bekerja sebagai antitusif perifer dan tidak mempengaruhi sistem saraf pusat, obat ini umumnya tidak memiliki efek samping yang serius seperti sembelit atau masalah saraf yang dapat dihasilkan oleh antitusif opioid seperti kodein dan turunannya.

Dokter Anda mungkin meresepkan obat ini di luar indikasi yang tertera di atas. Gunakan obat ini sesuai dengan anjuran dokter. Jika Anda tidak paham mengapa dokter Anda meresepkan obat ini, diskusikan dengan Dokter Anda untuk mendapatkan informasi mengenai masalah kesehatan Anda secara menyeluruh.

Apa yang perlu Anda ketahui mengenai sebelum menggunakan obat ini?

Sebagian besar obat dikontraindikasikan pada pasien yang menderita suatu kondisi dimana terdapat produksi lendir berlebihan dan fungsi mukosiliar (struktur di dalam saluran pernapasan berupa rambut halus yang berfungsi untuk menangkap dan mengeluarkan benda asing) terbatas. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Kerusakan hati yang parah, gangguan jantung, paru-paru atau kerusakan ginjal. Dalam kasus seperti itu, tindakan pencegahan diperlukan dalam penentuan dosis

Efek dan penggunaan obat dapat bervariasi dari orang ke orang. Dianjurkan untuk berkonsultasi dengan Pulmonolog sebelum menggunakan obat ini.

Bagaimana dosis dan cara penggunaan obat Levodropropizine?

Levodropropizine tersedia dalam bentuk kapsul yang digunakan sebagai pereda batuk yang tersedia dalam sediaan 60mg per kapsul.
Untuk dosisnya sebagai berikut :

  • Dewasa: 60 mg 3 kali sehari di minum kurang dari 7 hari.
  • Anak:> 2 tahun: 1 mg / kg tid; > 12 thn: 60 mg tid. Durasi pengobatan: Tidak> 7 hari.

Obat ini harus diminum dengan perut kosong. Ambil di antara waktu makan. Gunakan obat ini sesuai dengan arahan dokter. Untuk menghindari terjadinya efek samping yang tidak diinginkan, jangan minum obat ini dalam jumlah yang terlalu sedikit atau lebih banyak dari yang diresepkan dokter.

Informasi yang diberikan di atas hanyalah bertujuan untuk edukasi, bukan merupakan pengganti dari saran dokter. Selalu konsultasikan dengan tenaga medis profesional sebelum memulai pengobatan menggunakan obat ini.

Efek samping apa yang dapat ditimbulkan oleh penggunaan obat ini?

Seperti obat-obatan pada umumnya, Penggunaan Levodropropizine dapat menyebabkan terjadinya efek samping. Efek samping adalah gejala yang tidak diinginkan yang muncul dengan dosis pemberian yang standar.

Efek samping yang sering ditimbulkan oleh penggunaan obat ini meliputi :Mual, muntah, mulas, diare, kelelahan, lemah, kantuk, pusing, sakit kepala, jantung berdebar.

Daftar efek samping di atas, bukanlah daftar efek samping lengkap mengenai penggunaan obat ini. Untuk informasi lengkap mengenai efek samping yang mungkin terjadi pada penggunaan obat ini, periksa pada label informasi yang tertera pada kemasan, atau konsultasikan dengan dokter Anda.

Apakah obat ini aman digunakan pada ibu hamil dan menyusui?

Obat ini adalah obat dengan kategori risiko kehamilan D menurut Food and Drug Administration (FDA). Artinya obat ini terbukti berpotensi menyebabkan gangguan pada janin di dalam kandungan.

Obat ini juga dapat masuk ke dalam ASI pada ibu yang sedang menyusui. Konsultasikan penggunaan obat ini dengan dokter jika Anda sedang hamil atau menyusui.

Apakah obat ini aman dikonsumsi dengan obat lain? 

Penggunaan obat Levodropropizine dapat menimbulkan interaksi jika digunakan bersamaan dengan obat sedatif dan alkohol. Jika digunakan bersamaan, efek sedasi dari masing-masing obat akan meningkat. Disarankan untuk tidak menggunakan obat ini bersamaan.

Beri tahu dokter Anda mengenai semua pengobatan yang Anda gunakan termasuk obat dengan resep dokter dan obat-obatan bebas yang Anda gunakan seperti vitamin, mineral, produk herbal, dan suplemen. Jangan mulai menggunakan obat baru tanpa berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu.


4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Levodropropizine for treating cough in adult and children: a meta-analysis of published studies. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4472410/)
Levodropropizine Dosage & Drug Information. MIMS.com. (https://www.mims.com/thailand/drug/info/levodropropizine?mtype=generic)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app