Langkah awal mengatasi Luka Bakar agar Tidak Parah

Dengan semua penjelasan pastinya Anda jadi tahu apa yang mesti dilakukan ketika ada seseorang bahkan Anda sendiri mengalami luka bakar. Pertolongan pertama tersebut berguna untuk membuat luka tersebut tidak terlalu parah sehingga nantinya bisa cepat sembuh.
Dipublish tanggal: Jun 18, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Langkah awal mengatasi Luka Bakar agar Tidak Parah

Mengalami kecelakaan yang mengakibatkan luka bakar pastinya membuat siapapun menjadi panik karenanya. Soalnya luka bakar ini apabila tidak segera diatasi dengan tepat maka bisa mengakibatkan hal yang lebih berbahaya lainnya. 

Untuk itu, penting sekali mengetahui berbagai langkah awal mengatasi luka bakar agar tidak parah seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli Anti Inflamasi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 42

1. Lepaskan aksesoris di sekitar area luka bakar

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan melepaskan aksesoris yang berada di sekitar area luka bakar. Aksesoris ini sendiri bisa berupa pakaian, perhiasan hingga jam tangan apabila ada di sekitar luka bakar tersebut. 

Bukan tanpa alasan karena dengan melepaskan aksesoris ini maka nantinya akan lebih mudah untuk memberikan pertolongan pada luka itu.

Hanya saja ketika melepaskan aksesoris ini maka mesti memperhatikan ketika melepaskannya. Perlu diingat bahwa Anda jangan sampai terlalu memaksa melepaskannya apabila memang sulit. 

Soalnya ditakutkan apabila aksesoris tersebut dipaksakan untuk dibuka malah akan semakin melukai luka bakar yang sedang dirasakan tersebut. Jadi sebaiknya sangat hati-hati bagi Anda.

2. Tempelkan es pada sekitar area luka bakar

Langkah berikutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menempelkan es pada sekitar area luka bakar tersebut. Seperti yang diketahui bahwa es ini nantinya dapat meringankan rasa sakit dan juga rasa terbakar karena luka tersebut. 

Cara untuk menempelkan dan menggosok es ini juga sebaiknya diperhatikan dengan baik-baik untuk hasil yang lebih maksimal.

Iklan dari HonestDocs
Beli Anti Inflamasi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 42

Contohnya adalah ketika ingin menempelkan es ini maka usahakan untuk menempelkannya sekitar 10 hingga 15 menit saja. Soalnya pada sekitar waktu tersebutlah, nantinya rasa sakit hingga peradangan dari luka bakar tersebut dapat mereda. 

Apabila terlalu lama malah ditakutkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada luka bakar yang sedang Anda alami tersebut.

3. Oleskan putih telur pada sekitar luka bakar

Putih telur nyatanya juga bisa Anda andalkan guna dijadikan pertolongan pertama pada mereka yang mengalami luka bakar. Selama ini, putih telur hanya dimanfaatkan guna memasak maupun membuat kue. 

Namun pada kenyataannya, kandungan yang dimiliki oleh putih telur bisa digunakan untuk mengurangi rasa sakit pada luka bakar dan juga baik untuk luka inflamasi.

Caranya sendiri yaitu Anda hanya perlu mengoleskan putih telur tersebut pada sekitar area yang mengalami luka bakar tersebut. Hanya saja ketika mengoleskannya maka perhatikan area-area yang bisa dioles dan juga tidak dioles. 

Oleskan perlahan putih telur ini pada bagian yang mengalami luka bakar hingga terlihat mengering. Biasanya dibutuhkan waktu beberapa menit.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

4. Gunakan pasta gigi untuk luka bakar

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa pasta gigi memang diakui keunggulannya dalam meredakan rasa nyeri maupun sakit yang diakibatkan dari luka bakar. 

Jadi pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan untuk luka bakar yang dialami seseorang adalah menggunakan pasta gigi. Caranya cukup mudah yaitu hanya oleskan pasta gigi secukupnya pada bagian luka bakar.

5. Gunakan lidah buaya untuk meredakan rasa sakit

Terakhir, adalah Anda bisa menggunakan lidah buaya untuk meredakan rasa sakit maupun nyeri yang dialami ketika mengalami luka bakar tersebut. Nantinya kandungan yang dimiliki oleh lidah buaya ini dapat meringankan rasa sakit untuk luka bakar. 

Caranya juga sederhana yaitu potong batang lidah buaya kemudian cairan yang keluar oleskan pada luka bakar yang dialami.

Dengan semua penjelasan di atas pastinya Anda jadi tahu apa yang mesti dilakukan ketika ada seseorang bahkan Anda sendiri mengalami luka bakar. Pertolongan pertama tersebut berguna untuk membuat luka tersebut tidak terlalu parah sehingga nantinya bisa cepat sembuh.


32 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Classification of Burns - Health Encyclopedia. University of Rochester Medical Center. (https://www.urmc.rochester.edu/encyclopedia/content.aspx?ContentTypeID=90&ContentID=P09575)
Burns and Wounds. Johns Hopkins Medicine. (https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/burns)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Cara Menangani Luka Bakar Agar Tidak Infeksi
Cara Menangani Luka Bakar Agar Tidak Infeksi

Biasanya dokter akan meresepkan salep khusus luka bakar seperti kolagenase, larutan salin, dan obat pereda nyeri agar rasa sakit yang ditimbulkan tidak terlalu tinggi. Untuk menghindari terjadinya infeksi, perlu dilakukan penanganan pertama untuk luka bakar Anda.

Buka di app