Kunzea Oil: Kegunaan, Efek Samping, Dosis dan Interaksi Obat

Update terakhir: May 6, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 730.878 orang

Kunzea oil dinamai dari ahli botani Jerman Gustav Kunze (1793-1851). Secara umum kunzea oil berasal dari semak belukar. Saat ini Kunzea oil telah digunakan sebagai insektisida dan antiseptik, dan sebagai pengobatan untuk luka, diare, dan peradangan.

Kunzea oil memiliki tekstur yang lembut, sehingga bagi kebanyakan orang minyak tersebut dapat dioleskan langsung ke kulit, Kunzea oil juga mudah diserap oleh kulit.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Manfaat Kunzea Oil

Antibakteri

Aktivitas antimikroba dari berbagai minyak esensial, termasuk kunzea oil telah diuji secara dilakukan in vitro terhadap 13 organisme patogen yang didapat di rumah sakit dari penyakit rongga mulut dan kulit (misalnya, MRSA, stafilokokus dan streptokokus spp., C. krusei dan Candida spp. dan yang lainnya), serta terhadap strain referensi yang tersedia secara komersial.

Kunzea oil menunjukkan kemanjuran yang cukup besar dalam mengatasi bakteri-bakteri tersebut.

Antiviral

Dari 6 kunzea chromones (A sampai F) yang diidentifikasi dari ekstrak daun kering, 4 (A, B, D, dan F) adalah contoh pertama ester C-glucosyl chromone digalloyl.

Karena polifenol lain dengan unit galloyl (yaitu, epigallocatechin gallate [EGCG] dari teh hijau) memiliki kemungkinan efek kemo-preventif terhadap kanker, kunzea chromones A, B, D, dan F diuji secara in vitro untuk kemungkinan aktivitas anti-tumor mempromosikan via Epstein- Tes antigen awal virus Barr (EBV-EA). 

Semua 4 kromon dapat menghambat aktivasi EBV-EA setidaknya sama efektifnya dengan EGCG tanpa menunjukkan sitotoksisitas.

Kunzea oil juga biasanya digunakan untuk mandi, footbaths dan spa yang diberikan dengan cara menambahkan 2-10 tetes Kunzea oil. Kamar mandi juga akan berbau segar dengan menambahkan kunzea oil dalam bak mandi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Kunzea oil dapat diaplikasikan pada kulit tetapi oleskan satu tetes terlebih dahulu  Kunzea oil ke bagian belakang tangan. Jika terjadi reaksi alergi, segera encerkan Kunzea oil hingga 10% dengan minyak nabati.

Selain itu Kunzea oil juga bermanfaat untuk tubuh, manfaat dari Kunzea oil dapat berupa:

  • Membantu masalah pernafasan
  • Mengatasi hidung mampet
  • Meringankan gejala sinus dan sakit kepala
  • Mengatasi peradangan
  • Meringankan nyeri otot
  • Untuk proses relaksasi
  • Sebagai obat nyamuk
  • Membantu mengatasi nyeri sendi
  • Meringankan ketegangan saraf
  • Mengatasi masalah emosional
  • Sebagai antibakteri dan antivirus

Efek samping Kunzea Oil

Aplikasi kunzea oil esensial yang teroksidasi ke kulit dapat menyebabkan sensitisasi kulit. Untuk menghindari kunzea oil yang teroksidasi, simpanlah dalam wadah yang gelap dan kedap udara di dalam pendingin.

Informasi penting Kunzea Oil

Jangan meminum minyak apapun secara internal dan jangan menggunakan minyak esensial yang murni, absolut, CO2s atau esens pekat lainnya ke kulit tanpa pengetahuan dan konsultasi dari praktisi aromaterapi yang berkualifikasi.

Jika Anda sedang hamil, memiliki riwayat epilepsi, kerusakan hati, kanker, atau memiliki masalah medis lainnya, gunakan minyak hanya di bawah bimbingan dan anjuran yang tepat dari praktisi aromaterapi yang berkualitas.

Berhati-hatilah saat menggunakan kunzea oil dekat dengan anak-anak dan pastikan untuk terlebih dahulu membaca rasio pengenceran yang disarankan untuk anak-anak.

Konsultasikan dengan praktisi aromaterapi yang memenuhi syarat sebelum menggunakan kunzea oil pada anak-anak, orang tua, dan jika Anda memiliki masalah medis atau sedang mengkonsumsi obat.

Sebelum menggunakan kunzea oil atau minyak esensial apapun, baca dengan cermat petunjuk halaman dan cara penggunaan minyak tersebut sesuai yang tertera di dalam kemasan atau tanyakan ke praktisi aromaterapi yang sudah memenuhi syarat.

Dosis Kunzea Oil

Komponen utama Kunzea oil:

  • a-Pinene
  • 1,8-Cineole
  • Viridiflorol
  • Globulol
  • Bicyclogermacrene
  • a-Terpineol

Dalam uji klinis, kunzea oil 20% dalam formulasi dermatologis tidak menunjukkan efek pada psoriasis ringan hingga sedang pada manusia, tetapi menunjukkan kemanjuran pada dermatitis pastern pada kuda.

Berikut tambahan yang perlu Anda ketahui tentang Kunzea oil:

  • Nama Botani: Kunzea ambigua
  • Metode Ekstraksi: Steam distilled
  • Bagian Tanaman Yang Biasanya Digunakan: Daun-daunan
  • Warna: Jenih kuning kepucatan
  • Konsistensi: Tipis

Interaksi Kunzea Oil dengan Obat Lain

Sampai saat ini masih belum diketahui secara pasti obat-obatan yang dapat berinteraksi dengan Kunzea oil. Konsultasikan kembali ke praktisi yang sudah memenuhi syarat mengenai interaksi kunzea oil jika diberikan bersamaan dengan obat-obatan lain.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dalam waktu 3 hari atau lebih cepat dalam 24 jam di wilayah DKI Jakarta dengan pembayaran melalui transfer bank atau Go-Pay. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum

Chat di WhatsApp