Olahraga dan Kebugaran

Kunci Jitu Mengecilkan Betis dengan Cepat, Alami, dan Aman

Otot betis yang besar mungkin disebabkan oleh genetika, nutrisi yang buruk, atau kurang olahraga. Dengan mengambil langkah-langkah yang tepat, Anda dapat mengurangi ukuran otot betis yang besar tanpa membuatnya menjadi kendur. Berikut beberapa tips yang bisa Anda praktekkan untuk mendapatkan ukuran betis yang Anda inginkan.
Dipublish tanggal: Jul 13, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Waktu baca: 3 menit
Kunci Jitu Mengecilkan Betis dengan Cepat, Alami, dan Aman

Kebanyakan wanita berusaha keras untuk mendapatkan otot betis yang kencang dan seksi. Sementara beberapa merasa otot betis mereka kencang namun sayangnya terlalu besar. Cara terbaik untuk mengurangi ukuran betis Anda tergantung pada apakah betis Anda besar karena lemak atau otot. 

Jika betis Anda berlemak, Anda harus mengurangi berat keseluruhan dengan mengurangi kalori yang Anda konsumsi dan meningkatkan kalori yang Anda bakar melalui diet dan olahraga. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Jika betis Anda sangat berotot, Anda mungkin sudah berolahraga, jadi Anda perlu mengubah pola makan dan mengubah rutinitas olahraga Anda. 

Otot betis yang besar mungkin disebabkan oleh genetika, nutrisi yang buruk, atau kurang olahraga. Dengan mengambil langkah-langkah yang tepat, Anda dapat mengurangi ukuran otot betis yang besar tanpa membuatnya menjadi kendur. 

Berikut beberapa tips yang bisa Anda praktekkan untuk mendapatkan ukuran betis yang Anda inginkan.

1. Ubah kebiasaan Anda

Ubah kebiasaan gaya hidup Anda untuk mengurangi ukuran otot betis Anda. Wanita dengan betis berotot harus menghindari berjalan dengan sepatu hak tinggi, yang dapat memperkuat otot betis Anda dan mendorong hipertrofi, atau pertumbuhan otot. 

Jangan berdiri dalam waktu lama, yang dapat mengurangi sirkulasi darah di kaki Anda dan menyebabkan pembengkakan.

Jika Anda terbiasa mendaki atau berjalan dan berlari di permukaan yang tidak rata, ini juga dapat membantu Anda membangun otot betis menjadi lebih besar dan kuat, yang terkadang dapat membuatnya menjadi lebih besar. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Jika fokus Anda adalah mendapatkan ukuran betis yang sesuai dengan keinginan Anda, Anda harus mengorbankan salah satu hal yang Anda sukai untuk mendapatkan yang Anda inginkan.

2. Melakukan latihan kardio

Jika betis Anda lebih besar karena kelebihan lemak tubuh, melakukan latihan kardio dapat membantu Anda membakar cukup kalori untuk mengurangi kelebihan lemak tersebut. 

Namun, berhati-hatilah bahwa latihan melompat dapat memungkinkan untuk mendorong pertumbuhan betis, jadi cobalah latihan yang berdampak lebih rendah yang tidak memerlukan aktivasi otot betis Anda sebanyak mungkin.

Ingatlah bahwa pengurangan titik, atau gagasan bahwa Anda bisa menghilangkan lemak hanya pada satu bagian tubuh Anda, adalah mitos. 

Untuk menghilangkan lemak ekstra dari betis Anda, Anda harus mengubah pola makan dan olahraga agar Anda dapat membakar lebih banyak kalori daripada yang Anda makan. 

3. Melakukan peregangan betis

Regangkan otot betis Anda sesering mungkin, terutama setelah berolahraga:

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat
  • Berdiri dengan tegak. Supaya lebih seimbang, Anda boleh meletakkan tangan di pinggul.
  • Letakkan kaki kanan di depan, sementara kaki kiri di belakang. Tekuk lutut kaki kanan hingga membentuk sudut 90 derajat. Pastikan lutut kanan Anda tegak lurus dengan punggung kaki supaya tidak cedera.
  • Tahan selama beberapa detik. Rasakan berat badan Anda menekan bagian paha dan betis. Lalu, kembali ke posisi awal.
  • Ulangi sebanyak 10 kali. Kalau sudah, lakukan hal yang sama pada kaki kiri.

3. Perhatikan jenis makanan yang Anda makan

Tubuh secara alami akan menggunakan lemak berlebih sebagai sumber energi. 

Ketika Anda membatasi asupan lemak, maka tubuh akan membakar sisa-sisa lemak di tubuh untuk menghasilkan energi, termasuk juga lemak di betis. Semakin banyak lemak di betis yang terbakar, maka ukuran betis Anda pun akan semakin berkurang.

Maka itu, pilihlah makanan yang padat gizi, rendah lemak, dan rendah kalori. Contohnya dengan memperbanyak makan sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, protein tanpa lemak, dan biji-bijian. 

Hindari makanan yang digoreng, berminyak, atau mengandung tinggi gula seperti kue, pizza, atau keripik yang bisa menggagalkan usaha Anda.

4. Lakukan perawatan untuk otot betis Anda

Pijat otot betis Anda setelah berolahraga atau lakukan peregangan untuk membantu pemulihan dan mendorong fleksibilitas, yang membuat otot Anda tampak lebih ramping. Lakukan pemijatan pada otot-otot betis dengan jari-jari.

Anda juga dapat menggunakan roller atau alat pijat lainnya untuk membuat otot betis rileks.

5. Mengencangkan betis tanpa meningkatkan ukuran betis

Latihan intensitas tinggi dan latihan menggunakan beban berat berkontribusi terhadap hipertrofi, atau pertumbuhan otot. Oleh karena itu, untuk mendapatkan ukuran betis yang lebih kecil, Anda disarankan untuk tidak melakukan latihan betis dengan beban berat. 

Untuk mendapatkan ukuran betis yang lebih kecil, Anda dapat melakukan latihan dengan intensitas yang lebih ringan, namun dengan meningkatkan jumlah repetisi menjadi 15 atau bahkan 20.

6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Marken E. (2013). Just you and the bike: 5 physical benefits of indoor cycling. (http://certification.acsm.org/blog/2013/october/just-you-and-the-bike-5-physical-benefits-of-indoor-cycling)
Hosea T. (2011). Selecting and effectively using a rowing machine. (https://www.acsm.org/docs/brochures/selecting-and-effectively-using-a-rowing-machine.pdf)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit