Kiat Mengontrol Emosi sehingga Membawa Dampak Positif bagi Diri Sendiri

Dipublish tanggal: Sep 10, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit

Sering kali emosi negatif, seperti amarah dan sedih membuat Anda sulit berkonsentrasi dengan hal yang harus Anda lakukan. Bahkan, bisa saja Anda menjadi kalap sehingga melakukan perihal yang berdampak buruk bagi diri sendiri atau orang lain. Oleh karena itu, Anda perlu mengontrol emosi sehingga bisa membawa dampak positif bagi diri sendiri.

Penelitian menyimpulkan, respon manusia berawal dari cara mereka mempersepsikan kejadian masa lampau. Salah satunya, kesal ketika Anda tidak bisa melakukan secara benar saat presentasi atau tersenyum ketika seseorang menyapa. Cara mengekspresikan emosi yang akurat dan paham mengendalikan emosi bisa membuat diri Anda merasa lebih baik.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Namun, kebanyakan orang lebih sering mengikuti emosi negatif yang mereka rasakan dengan aktivitas yang negatif juga. Seperti ketika Anda marah dan memukul meja atau mengucapkan kata-kata umpatan. 

Memang dalam kehidupan, Anda tidak bisa lepas dari emosi negatif, tetapi Anda bisa mengendalikan emosi ke hal yang lebih positif. Bila tidak belajar sedini mungkin, bisa saja membahayakan diri Anda sendiri, pertemanan, rumah tangga, bahkan pekerjaan.

Cara Mengontrol Emosi

Oleh karena itu, untuk menghindari hal yang buruk dan mendapatkan dampak positif, Anda perlu belajar mengontrol emosi. Berikut 15 kiat yang membantu Anda mengontrol emosi.

1. Tarik nafas dan pejamkan mata

Ketika emosi negatif datang, Anda merasakan akan melampiaskan dalam hal yang buruk. Segeralah tarik nafas yang dalam dan pejamkan mata. Tenangkan diri Anda dengan nafas yang dalam dan stabil.

2. Ubah pola pikir negatif menjadi positif

Ganti pola pikir Anda atas situasi yang membuat emosi negatif menjadi positif. Seperti ketika mendapatkan teguran saat Anda merasa benar, simpan teguran itu dan jadikan motivasi untuk menjadi lebih baik

3. Ubah target Anda

Ketika Anda merasa minder dengan kondisi Anda sekarang dan sering sekali membuat diri sendiri menjadi depresi. Anda harus lebih jeli melihat kelebihan diri Anda dan membuat target yang mudah untuk menjadi kenyataan.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

4. Hindari kondisi yang membuat Anda merasakan emosi negatif

Sebagai contoh, ketika Anda kesal ketika revisi tiada akhir dan deadline yang semakin mendekat, Anda harus lebih pandai melihat hal yang klien inginkan. Dengan begitu, Anda bisa menyelesaikan tugas saat deadline masih jauh dan revisi dari tugas tersebut sangatlah sedikit.

5. Sosialisasi dan komunikasi dengan lingkungan sekitar

Bersosialisasi dan berkomunikasi dengan lingkungan sekitar Anda yang membuat diri nyaman. Selain itu, keluarga dan teman bisa menjadi tempat Anda untuk menyampaikan keluh kesah dan memberikan motivasi.

6. Lakukan aktivitas yang membuat Anda gembira

Pilih aktivitas yang membuat Anda gembira dan merasakan aura positif dari kegiatan tersebut. Seperti olahraga atau memelihara binatang.

7. Senyum dan menyapa orang lain

Memberi bisa menjadi hal yang menyenangkan untuk diri sendiri. Terlebih lagi Anda melakukan dengan ikhlas. Salah satunya, senyum atau menyapa selain memberikan dampak positif bagi diri sendiri juga membuat orang lain senang ketika berada di dekat Anda.

8. Belajar hal baru

Tingkatkan kemampuan Anda pada hal-hal yang baru. Hal ini juga menjadi cara Anda melatih emosi.

9. Kenali lingkungan Anda

Selami lingkungan sekitar Anda. Dengan begitu, Anda akan lebih paham dan mampu merespon segala sesuatu dengan lebih bijak.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

10. Berhubungan intim dengan pasangan bila sudah menikah

Bersenggama dengan pasangan sah bisa melepaskan hormon pereda stress. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan keintiman dengan pasangan.

11. Diet sehat

Diet sehat bisa membuat tubuh Anda lebih sehat, seperti kata pepatah dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

12. Yoga dan meditasi

Yoga, meditasi, dan beribadah bisa membuat diri Anda lebih rileks dan melepaskan diri dari kepenatan. Juga sebagai latihan mengendalikan emosi.

13. Membuat jadwal sehari-hari

Jadwalkan secara baik dan tepat. Kehidupan yang terjadwal bisa membuat diri Anda lebih tenang dan mengurangi dari stress yang tidak perlu. Seperti saat belanja, buatlah daftar barang yang perlu Anda beli. Sehingga Anda tidak perlu pusing memikirkan atau menyesal ketika lupa membeli barang.

14. Lebih realistis

Ketika Anda memang tidak mampu melakukan sesuatu, bilang saja tidak karena memaksakan diri hanya menghasilkan berbagai emosi negatif.

15. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup membuat pikiran Anda lebih jernih sehingga membuat diri Anda lebih aman dari emosi terhadap hal yang sepele.

Tubuh yang sehat, jiwa yang kuat. Ketika pikiran Anda lebih positif bisa membuat dampak positif yang juga bagi diri Anda. Terutama pada kesehatan tubuh, lihat saja orang yang lebih sering marah mempunyai potensi yang lebih besar mengidap tekanan darah tinggi

Selain itu, mengontrol emosi juga bisa menjadi pertimbangan bahwa Anda orang yang bijaksana dan mampu mengisi jabatan atas dalam pekerjaan.

8 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Managing Emotions When You Have PTSD. Verywell Mind. (Accessed via: https://www.verywellmind.com/ways-of-managing-your-emotions-2797623)
4 Ways to Control Your Emotions in Tense Moments. Harvard Business Review. (Accessed via: https://hbr.org/2016/12/4-ways-to-control-your-emotions-in-tense-moments)
How to Control Your Emotions During a Difficult Conversation. Harvard Business Review. (Accessed via: https://hbr.org/2017/12/how-to-control-your-emotions-during-a-difficult-conversation)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app