Tahap Pemeriksaan Tes Kesehatan Pap Smear

Dipublish tanggal: Mei 29, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Tahap Pemeriksaan Tes Kesehatan Pap Smear

Tes Pap Smear menjadi salah satu tes kesehatan yang bisa dilakukan oleh setiap wanita, khususnya bagi Anda yang telah masuk ke dalam usia ideal yakni minimal 21 tahun atau telah aktif dengan kegiatan seksual.

Tes ini memiliki tujuan supaya Anda dapat mengetahui kemungkinan adanya sel kanker pada area leher rahim atau lebih dikenal dengan istilah serviks. Sehingga semakin dini akan semakin baik bagi kesehatan alat reproduksi Anda sendiri, bukan?

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Pap Smear via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket pap smear hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia h14 pap smear

Akan tetapi tes Pap Smear masih kekurangan pasiennya, karena para wanita banyak yang menolak melakukan tes ini. Alasan yang paling dominan adalah karena tidak ingin merasakan sakit atau kram ketika dilakukan pemeriksaan. 

Lalu apa saja tahap pemeriksaan yang harus Anda tempuh ketika melakukan tes Pap Smear? Simak penjelasannya berikut ini.

Tahap pemeriksaan

Ketika di luar sana banyak yang berpendapat negatif sehingga mengurungkan niat Anda untuk melakukan tes Pap Smear. Maka ada baiknya Anda mengetahui tahapan kegiatan Pap Smear itu sendiri.

Sebelum tes pap smear

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan mulai dari melakukan tes Pap Smear itu sendiri. Mulai dari keharusan Anda memiliki janji terlebih dahulu dengan dokter spesialis kandungan atau SpOG

Kemudian terdapat beberapa hal yang bisa mendukung hasil tes Pap Smear dengan lebih akurat. Seperti tidak dalam keadaan haid, tidak menggunakan produk-produk atau obat yang berkaitan dengan vagina.

Selain itu untuk sementara Anda menghentikan kegiatan seksual selama dua hari sebelum melakukan tes, kemudian segera konsultasikan jika Anda berada dalam keadaan hamil. 

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Terakhir, Anda juga harus menyiapkan dan memberitahukan dokter, apabila Anda memiliki riwayat kesehatan yang berkaitan dengan alat reproduksi.

Ketika melakukan proses pap smear

Kini saatnya Anda berada di tahap pemeriksaan oleh dokter spesialis. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah berbaring di ranjang periksa. Anda akan diminta meletakkan kedua kaki di tempat penyangga kaki yang tersedia supaya menjadi terbuka lebar dan dokter akan mudah melakukan pemeriksaan.

Kemudian dokter akan memasukkan alat yang bernama spekulum.  Alat ini berfungsi supaya rahim terbuka lebih lebar, sehingga dapat memberikan jalan bagi dokter untuk segera mengambil cairan rahim menggunakan cytobrush, berupa spatula atau sikat khusus. 

Selanjutnya alat periksa akan dilepas dan dokter segera meletakkan sampel pada wadah khusus. Selanjutnya, sampel tersebut akan segera dibawa ke laboratorium untuk diperiksa.

Efek sesudah tes pap smear

rasa tidak nyaman sangat mungkin Anda rasakan sesudah melakukan pemeriksaan Pap Smear. Hal tersebut bisa jadi diakibatkan karena menegangnya otot vagina ketika berjalannya tes pemeriksaan. 

Sehingga dapat menimbulkan kesulitan spekulum untuk masuk dengan baik ke dalam rahim. Akan tetapi pemeriksaan akan lebih mudah apabila Anda rileks, sehingga otot vagina lebih siap untuk menjalani pemeriksaan oleh dokter.

Hasil tes pap smear

Anda akan mendapatkan hasil tes Pap Smear dalam waktu 1 sampai dengan tiga minggu lamanya. Terdapat dua kemungkinan hasil tes lab tersebut, yakni hasil negatif dan positif. Jika hasil lab adalah negatif, maka Anda memiliki serviks yang bebas dari sel kanker. 

Kemudian dokter akan menyarankan untuk periksa ulang di beberapa tahun kemudian. Akan tetapi jika hasil lab adalah positif, maka jangan dulu berkecil hati. Karena bisa jadi hal tersebut hanya berasal dari sel-sel abnormal yang terdeteksi ketika pemeriksaan. 

Sehingga Anda bisa melakukan pemeriksaan lanjutan untuk hasil yang lebih meyakinkan.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Pap Smear (Pap Test): Reasons, Procedure & Results. Healthline. (https://www.healthline.com/health/pap-smear)
Pap smear: What is it, what happens, and results. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/311995.php)
Pap Test (Pap Smear): Purpose, Procedure, Results, Frequency. WebMD. (https://www.webmd.com/women/guide/pap-smear)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app