Ketahui Tanaman Pengusir Nyamuk yang Bisa Ditanam di Rumah

Dipublish tanggal: Sep 10, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Ketahui Tanaman Pengusir Nyamuk yang Bisa Ditanam di Rumah

Nyamuk sering kali mengganggu di sekitar Anda, bukan hanya menyebabkan gatal dan bentol tetapi juga beberapa penyakit berbahaya seperti demam berdarah dan malaria

Biasanya ada banyak orang yang menggunakan obat nyamuk untuk mengusir nyamuk. Obat nyamuk ini bisa berbentuk obat nyamuk bakar, semprot atau listrik. 

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Namun ternyata nyamuk bisa diatasi dengan beberapa tanaman pengusir nyamuk yang bisa dibudidayakan sendiri oleh banyak orang.

Tanaman pengusir nyamuk ini membantu mengurangi interaksi nyamuk dengan manusia. Memang tanaman ini tidak bisa membuat nyamuk mati, tetapi paling tidak Anda akan terhindar dari gigitan nyamuk.

Hindari Gigitan Nyamuk dengan Tanaman Pengusir Nyamuk

Gigitan nyamuk biasanya akan menimbulkan kemerahan dan gatal. Bahkan jika jenis nyamuknya berbahaya dapat menimbulkan penyakit seperti demam berdarah, malaria dan lain-lain. 

Oleh karena itu untuk menghindari nyamuk ada di sekitar kita dapat disiasati dengan menanam tanaman pengusir nyamuk seperti berikut:

Serai wangi

Tanaman yang menyerupai rerumputan dan beraroma wangi ini dikenal dengan serai wangi. Meskipun bau serai wangi disukai manusia tetapi tidak untuk nyamuk. 

Nyamuk tidak suka dengan bau tanaman satu ini. Oleh karena itu bagi Anda yang ingin menghindarkan area rumah dari nyamuk, tanamilah sekeliling rumah Anda dengan serai wangi. Ekstrak serai wangi yang memiliki fungsi mengusir nyamuk dapat dibentuk dalam wujud lilin dan lotion.

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Lavender

Banyak obat nyamuk yang menawarkan bau lavender sebagai obat pengusir nyamuk. Ternyata bunga lavender yang berwarna ungu dapat digunakan untuk mengusir nyamuk dari rumah Anda. 

Bunga ini selain memiliki penampilan yang cantik juga memiliki bau yang harum sehingga Anda tidak akan rugi menanam tanaman ini. 

Selain itu fungsi dari bunga lavender juga dapat menghaluskan kulit dan menenangkan. Oleh karena itu segera tanam bunga lavender di sekeliling rumah untuk mendapatkan manfaatnya.

Bawang putih

Bawang putih adalah salah satu jenis bumbu dapur yang banyak manfaatnya. Selain berguna dalam proses memasak, aroma bawang putih ternyata mampu mengatasi nyamuk. 

Hal ini terbukti dengan adanya penelitian yang menyatakan bahwa bawang putih dapat memusnahkan jentik dan telur nyamuk. 

Mengingat pentingnya bawang putih ini, tidak ada salahnya gunakan bahan alami terlebih dahulu untuk mengurangi nyamuk di sekeliling Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Seledri

Seledri selain memiliki aroma yang harum dan sering diolah menjadi sayuran yang lezat, seledri juga bisa menangkal nyamuk. 

Ada penelitian yang menyebutkan bahwa gel yang dioleskan di kulit dan mengandung ekstrak seledri sebanyak 5-25% dapat mengusir nyamuk hingga 4, 5 jam. 

Aroma seledri yang tidak disukai oleh nyamuk dapat menjadi senjata untuk menjauhkan keluarga Anda dari nyamuk.

Catnip

Catnip merupakan tanaman yang bentuknya seperti gulma. Ekstrak tanaman ini banyak digunakan sebagai obat pembasmi serangga dan hama. Ekstrak tanaman ini akan melindungi tubuh dari nyamuk selama kurang lebih 7 jam.

Thyme

Salah satu tanaman yang berasal dari tanaman mint dan dipercaya sebagai antibakteri serta dapat mengusir nyamuk yaitu thyme. 

Bagian tanaman ini yang digunakan adalah daunnya. Ketika daun thyme dibakar maka Anda akan terlindungi dari nyamuk selama 1 hingga 1, 5 jam. 

Jahe

Jahe memang paling enak untuk menghangatkan tubuh. Namun ternyata minyak esensial jahe akan membuat Anda terlindungi dari nyamuk. Aroma yang kuat pada jahe dapat mengusir nyamuk dari kediaman Anda.

Demikian beberapa tanaman yang dapat menjadi solusi bagi Anda ketika banyak nyamuk di rumah. Lebih baik gunakan bahan alami terlebih dahulu untuk menghindarkan diri dari nyamuk. 

Perlu diketahui bahwa menanam tanaman yang dapat mengusir nyamuk saja tidak akan berarti kalau Anda tidak menjaga kebersihan lingkungan. 

Usaha lain untuk mengusir nyamuk dari sekitar tempat tinggal adalah menaburkan bubuk pembasmi jentik nyamuk, dan hindari penampungan air dalam kondisi terbuka. 

Memang Anda bisa mencegah nyamuk mendekati tempat tinggal, namun ketika terlanjur terkena gigitan nyamuk maka lebih baik gunakan cuka apel dan menaruh irisan bawang merah. Anda juga bisa menggunakan salep antigatal untuk mengurangi rasa gatal akibat gigitan nyamuk.

11 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
8 Plants That Repel Mosquitoes - Natural Mosquito Repellent Plants. Good Housekeeping. (Accessed via: https://www.goodhousekeeping.com/home/gardening/a20706110/best-plants-that-repel-mosquitoes/)
15 Plants That Repel Mosquitoes. Proflowers. (Accessed via: https://www.proflowers.com/blog/plants-that-repel-mosquitoes)
Tisgratog, Rungarun & Sanguanpong, Unchalee & Grieco, John & Ngoen-Kluan, Ratchadawan & Chareonviriyaphap, Theeraphap. (2016). Plants traditionally used as mosquito repellents and the implication for their use in vector control. Acta Tropica. 157. 10.1016/j.actatropica.2016.01.024.. ResearchGate. (Accessed via: https://www.researchgate.net/publication/292189209_Plants_traditionally_used_as_mosquito_repellents_and_the_implication_for_their_use_in_vector_control)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app