Cara Memilih Obat Nyamuk yang Efektif

Dipublish tanggal: Jul 16, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Cara Memilih Obat Nyamuk yang Efektif

Orang-orang biasanya mudah terkena gigitan nyamuk karena kombinasi bau, sinar, panas dan kelembaban. Jika Anda mudah menarik nyamuk, Anda mungkin merasa kelelahan mengalami gatal-gatal dan kulit yang bentol-bentol.

Spesies nyamuk yang berbeda – seperti nyamuk yang membawa penyakit malaria – lebih memilih bakteri dan keringat. Nyamuk lainnya tertarik pada karbon dioksida dan bau tangan tertentu.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Apapun spesies yang menyerang Anda, Anda bisa melindungi diri Anda tanpa menggunakan obat nyamuk yang berbahan dasar DEET. Produk DEET memiliki potensi untuk menyebabkan masalah kesehatan dan lingkungan. 

Anda bisa memilih untuk menggunakan produk-produk ini kecuali Anda mengunjungi tempat-tempat yang memiliki wabah penyakit nyamuk seperti Zika. DEET direkomendasikan untuk orang-orang yang memiliki risiko mengalami gigitan nyamuk yang membawa penyakit apapun.

Jika Anda melakukan kegiatan seperti mendaki, bermain di halaman rumah Anda, atau melakukan perjalanan camping, obat nyamuk alami bisa menjadi pilihan yang lebih baik. Hal ini terutama benar untuk anak-anak, yang lebih sensitif.

Bacalah artikel ini untuk mengetahui obat nyamuk alami yang bekerja paling baik.

Minyak kayu putih lemon

Biasa digunakan pada tahun 1940an, minyak kayu putih lemon adalah satu dari obat nyamuk alami yang paling terkena. Center for Disease Control and Prevention (CDC) telah menyetujui bahwa minyak kayu putih sebagai bahan yang efektif pada obat nyamuk.


Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Studi terbaru menunjukkan bahwa campuran 32 persen minyak kayu putih lemon memberikan perlindungan 95 persen dari gigitan nyamuk selama tiga jam.

DIY

Anda bisa membuat campuran Anda sendiri dengan 1 bagian minyak kayu putih lemon untuk 10 bagian minyak bunga matahari atau witch hazel. Peneliti dari University of Florida memberi peringatan atas campuran ini untuk anak-anak di bawah 3 tahun.


Lavender

Bunga lavender yang ditumbuk menghasilkan wangi dan minyak yang dapat mencegah gigitan nyamuk. Sebuah studi hewan, pada mencit yang tidak berbulu ditemukan bahwa minyak lavender merupakan obat nyamuk yang efektif mencegah gigitan nyamuk dewasa. 

Lavender memiliki kemampuan analgesik, anti jamur, dan antiseptik.Hal ini berarti selain mencegah gigitan nyamuk, lavender bisa meredakan dan memberi kesejukan pada kulit.

DIY

Anda bisa menanam lavender di taman di luar rumah maupun taman di dalam rumah. Haluskan bunganya dan aplikasikan minyaknya ke daerah pada tubuh yang sensitif terhadap gigitan nyamuk, seperti kaki dan lengan. Selain itu, berikan minyak lavender pada baju yang bersih dan gosokkan pada kulit.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Minyak Kayu Manis

Kayu manis merupakan bahan yang lebih dari tambahan bumbu atau perasa untuk oatmeal. Berdasarkan studi yang dilakukan di Taiwan, minyak kayu manis dapat membunuh telur nyamuk. Selain itu, kayu manis bisa menjadi pencegah gigitan nyamuk dewasa, dan yang paling mengesankan adalah mencegah gigitan nyamuk Asian tiger.

DIY

Untuk membuat campuran satu persen, campurkan seperempat sendok teh (atau 24 tetes) minyak setiap 4 ons air. Anda bisa menyemprotkan cairan ke permukaan kulit atau pakaian, di sekitar rumah Anda, dan pada tanaman Anda. Berhati-hatilah saat mengaplikasikan minyak kayu manis, karena dosis yang sangat terkonsentrasi bisa menyebabkan iritasi pada kulit.


Minyak Thyme

Ketika berbicara tentang nyamuk malaria, minyak thyme merupakan satu minyak terbaik yang memberikan perlindungan. Satu studi pada binatang, lima persen minyak thyme yang diaplikasikan ke kulit mencit yang tidak berbulu, mampu memberikan 91 persen perlindungan.

Anda juga ingin melemparkan daun thyme pada ke api unggun. Penelitian menunjukkan bahwa membakar daun thyme dapat memberikan 85 persen perlindungan selama 60 hingga 90 menit.

DIY

Untuk minyak thyme yang dibuat dirumah, campurkan empat tetes minyak thyme untuk setiap sendok teh minyak dasar, seperti minyak zaitun atau minyak jojoba. Untuk semprotan, campurkan 5 tetes minyak thyme dengan 2 ons air.

Citronella

Citronella merupakan minyak esensial yang secara umum alami dan efektif dalam mencegah gigitan nyamuk. Citronella terbuat dari campuran herbal, yang merupakan bahan pada banyak anti nyamuk. Ketika di luar ruangan, lilin citronella bisa memberikan tambahan perlindungan 50 persen.

20 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
A Guide To The World Of Mosquito Repellents : Goats and Soda : NPR. National Public Radio (NPR). (https://www.npr.org/sections/goatsandsoda/2018/06/30/623865454/a-guide-to-mosquito-repellents-from-deet-to-gin-and-tonic)
Repellents. American Mosquito Control Association. (https://www.mosquito.org/page/repellents)
10 Natural Ingredients That Repel Mosquitos. Healthline. (https://www.healthline.com/health/kinds-of-natural-mosquito-repellant)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Hati-hati dalam menggunakan obat nyamuk semprot, Ini resikonya!
Hati-hati dalam menggunakan obat nyamuk semprot, Ini resikonya!

Setelah Anda menyemprotkan obat ini ke dalam ruangan Anda, cepat-cepat tinggalkan ruangan tersebut. Pastikan juga Anda telah menutup seprai, sarung bantal, serta makanan agar tidak terkontaminasi oleh bahan-bahan dari obat semprot tersebut.

Buka di app