Ketahui Fakta Mengenai Infused Water yang Baik Bagi Tubuh

Dipublish tanggal: Jun 15, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Ketahui Fakta Mengenai Infused Water yang Baik Bagi Tubuh

Infused water terbuat dari buah-buahan yang direndam di dalam air mineral dengan tujuan mendapatkan sarinya. Minuman ini juga dikenal sebagai detox water karena diklaim dapat mendetoksifikasi racun dari dalam tubuh. Namun benarkah klaim tersebut? Sebenarnya seperti apakah manfaat yang diperoleh dari mengkonsumsi infused water? Berikut penjelasannya.

Manfaat dari Mengkonsumsi Rutin Infused Water

Infused water dibuat dengan merendam beberapa macam jenis buah ke dalam air mineral yang kemudian didiamkan selama beberapa waktu. Untuk membuatnya juga sangat mudah. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Larutan Steril via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 20

Anda tinggal memotong buah seperti lemon menjadi beberapa potongan kemudian mengaduknya dalam air dan menutup botol tersebut. Selanjutnya simpan botol di dalam lemari es sekurang-kurangnya semalaman agar sari buah tercampur ke dalam air.

Karena merupakan campuran dari sari buah, infused water diklaim memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Meski begitu, benarkah klaim kesehatan tersebut? Di bawah ini merupakan klaim kesehatan dari infused water beserta fakta penelitiannya.

Infused water untuk mendetoksifikasi racun

Salah satu klaim populer dari infused water adalah manfaatnya untuk menghilangkan racun dari dalam tubuh atau populer dikenal sebagai detoksifikasi racun. Dengan mengkonsumsi air mineral yang telah dicampurkan dengan potongan lemon selama beberapa waktu dianggap merupakan sarana detoksifikasi racun terbaik untuk tubuh.

Detoksifikasi berasal dari kepercayaan bahwa banyak racun yang menumpuk dalam tubuh ketika kita mengkonsumsi berbagai macam makanan dan minuman tidak sehat. 

Hanya saja, ide minuman detoks ini belum dibuktikan secara ilmiah karena sebenarnya tubuh sudah memiliki sistem alami detoks racun yaitu pada organ hati. Sehingga yang terbaik adalah dengan pola hidup sehat dengan menghindari makanan yang tidak baik untuk tubuh.

Untuk diet menurunkan berat badan

Secara ilmiah sebenarnya belum ada penelitian yang membuktikan penurunan berat badan disebabkan oleh mengkonsumsi infused water. Sebenarnya, cara terbaik untuk menurunkan berat badan adalah dengan olahraga secara teratur dan mengkonsumsi makanan sehat rendah lemak dan kalori. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Larutan Steril via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 20

Hanya saja memang benar bahwa mengkonsumsi banyak air minum seperti infused water yang telah dicampur sari buah membuat beberapa orang lebih mudah kenyang sehingga porsi makan berkurang.

Sebagai anti penuaan dini

Anti penuaan dini dapat diperoleh dengan mengkonsumsi makanan dan minuman kaya antioksidan. Konsumsi anti oksidan membuat tubuh dapat menangkal beragam radikal bebas yang menyebabkan berbagai penyakit dan penuaan. 

Salah satu buah yang banyak mengandung antioksidan adalah delima dan stroberi. Dengan mengkonsumsi sayur dan buah-buahan rutin terbukti dapat menghambat proses penuaan.

Mengkonsumsi infused water memang dapat memberikan manfaat terhadap menghambat proses penuaan bergantung pada jenis buah yang direndam. Apakah buah tersebut kaya antioksidan ataukah tidak. Namun sebaiknya anda juga menyeimbangkan dengan mengkonsumsi buah-buah tersebut secara langsung.

Cara Membuat Infused Water

Infused water merupakan pilihan minuman sehat bagi anda yang tidak terbiasa mengkonsumsi air putih. Jika anda tertarik membuat infused water, berikut ini adalah cara yang bisa anda lakukan untuk membuatnya:

Stroberi dan nanas

Siapkan satu liter air mineral. Kemudian nanas yang sudah dipotong sebanyak 225 gram dan stroberi potong 6 buah. Selanjutnya campurkan buah dan air kemudian diaduk. Tutup wadah rapat dan simpan dalam kulkas

Lemon dan mentimun

Siapkan tiga liter air mineral. Kemudian 1 biji lemon dan setengah buah mentimun. Anda juga bisa menambahkan 15 gram daun mint. Campurkan buah dengan air dan diaduk sebentar. Tutup wadah rapat dan simpan dalam kulkas selama dua hingga tiga hari.

14 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
11 Proven Health Benefits of Ginger. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/11-proven-benefits-of-ginger)
7 Benefits of Lemon Water: Vitamin C, Weight Loss, Skin, and More. Healthline. (https://www.healthline.com/health/food-nutrition/benefits-of-lemon-water)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app