Ketahui Apakah Lidah Buaya Dapat Bermanfaat Untuk Kulit Terbakar Matahari?

Beberapa studi peer-review yang lebih tua telah menunjukkan bukti bahwa lidah buaya bermanfaat dalam penyembuhan luka bakar tingkat pertama hingga kedua, yang meliputi sengatan matahari ringan sampai sedang.
Dipublish tanggal: Agu 25, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 22, 2020 Waktu baca: 3 menit
Ketahui Apakah Lidah Buaya Dapat Bermanfaat Untuk Kulit Terbakar Matahari?

Lidah buaya merupakan tanaman obat tropis yang telah digunakan selama ribuan tahun untuk mengobati kondisi kulit, seperti luka dan luka bakar. Lidah buaya sangat efektif untuk meredakan masalah luka bakar sehingga kadang-kadang disebut sebagai  "burn plant."

Apakah lidah buaya dapat membantu menyembuhkan kulit terbakar?

Ada cukup banyak penelitian untuk menunjukkan bahwa gel bening yang mengisi daun tebal tanaman lidah buaya dapat digunakan untuk membantu proses penyembuhan sengatan matahari.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Beberapa studi peer-review telah menunjukkan bukti bahwa lidah buaya bermanfaat dalam penyembuhan luka bakar tingkat pertama hingga kedua, yang meliputi sengatan matahari ringan sampai sedang.

Dalam studi yang terbaru, tanaman lidah buaya diketahui memiliki manfaat anti-inflamasi. Lidah buaya juga dapat membantu melembabkan kulit dan mencegah pengelupasan yang kadang-kadang terjadi saat terjadi sengatan matahari.

Cara menggunakan lidah buaya untuk mengatasi sengatan matahari

Untuk mengobati sengatan matahari, oleskan lapisan gel murni yang diekstraksi dari bagian dalam daun lidah buaya di atas kulit yang terbakar. 

Anda juga dapat menanam sendiri tanaman lidah buaya di rumah, atau membeli ekstrak lidah buaya di toko atau membeli secara online.

Lidah buaya paling baik digunakan ketika dalam bentuk gel murni lidah buaya dan ketika disimpan dalam suhu dingin. Jika Anda mengalami sengatan matahari, oleskan gel lidah buaya beberapa kali sehari ke daerah yang terbakar matahari. 

Jika Anda memiliki luka bakar yang parah,segera temui dokter sebelum mengaplikasikan lidah buaya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Lidah buaya dapat digunakan dalam beberapa cara berbeda:

Digunakan secara alami

Jika Anda memiliki tanaman lidah buaya, potong sebagian dari tanaman tersebut. Anda akan mendapati gel muncul dari dalam tanaman. Oleskan gel langsung ke kulit untuk membantu meredakan kulit yang terbakar akibat sinar matahari

Gel

Jika Anda tidak bisa mendapatkan tanaman lidah buaya, cari lidah buaya yang mengandung 100 persen gel yang dijual online atau di apotek lokal. Oleskan lapisan gel langsung ke luka yang terbakar.

Losion

Lotion yang mengandung lidah buaya umumnya tersedia di toko dan online. Hindari produk yang memiliki zat tambahan seperti pewarna dan parfum. Pilihlah lotion dengan persentase lidah buaya tertinggi.

Namun, sebuah penelitian kecil tahun 2005 tidak menemukan manfaat untuk menggunakan lotion lidah buaya dengan kandungan 70 persen pada kulit yang terbakar sehingga mungkin hal yang terbaik adalah tetap menggunakan gel murni lidah buaya.

Mengkonsumsi lidah buaya mentah

Anda juga bisa mengkonsumsi gel lidah buaya mentah langsung dari tanaman. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Gel lidah buaya dapat menawarkan beberapa manfaat untuk kesehatan, termasuk mengurangi peradangan di dalam tubuh, tetapi gel tersebut tidak akan mengurangi rasa nyeri dan iritasi kulit akibat sengatan matahari.

Jika Anda memilih untuk mengkonsumsi lidah buaya, pastikan untuk mencuci gel atau kulit secara menyeluruh untuk menghilangkan semua getah yang menempel. 

Getah lidah buaya memiliki rasa pahit yang tidak menyenangkan dan dapat menyebabkan efek samping yang berbahaya.

Jangan mengkonsumsi lotion dan gel lidah buaya yang dijual sebagai produk perawatan kulit. Bahan tersebut tidak dimaksudkan untuk dicerna dan mungkin mengandung bahan-bahan lain yang tidak aman untuk dimakan.

Apakah ada efek samping dari penggunaan lidah buaya untuk kulit terbakar?

Menurut National Institute of Environmental Health Sciences, mengoleskan gel lidah buaya pada kulit tidak mungkin menyebabkan efek samping yang berbahaya, .

Jika Anda menelan lidah buaya, tanaman tersebut bisa menyebabkan kram perut, diare, atau sembelit yang memburuk. Lidah buaya dikenal memiliki efek pencahar saat dicerna. Lidah buaya juga dapat menyebabkan ketidak seimbangan elektrolit.

Apakah ada manfaat lain menggunakan lidah buaya?

Lidah buaya mungkin memiliki beberapa manfaat lain ketika diterapkan pada kulit atau tertelan. Ini termasuk:

  • Menjaga kulit tetap bersih dan lembab
  • Meringankan sembelit (saat dicerna)
  • Menurunkan gula darah pada orang dengan diabetes tipe 2 (saat dicerna)
  • Sebagai alternatif obat kumur; ketika bergesekan di dalam mulut, lidah buaya dapat memblokir plak dan memberikan bantuan dari pendarahan gusi atau gusi yang bengkak
  • Membantu penyembuhan fisura anal ketika dioleskan ke daerah yang terkena
  • Memperbaiki rambut yang rusak dan kering ketika diterapkan pada kulit kepala

7 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
The 8 Best Sunburn Relief Gels and Lotions of 2020. Verywell Health. (Accessed via: https://www.verywellhealth.com/best-sunburn-relief-gels-and-lotions-4583142)
30 Sunburn Home Remedies for Pain, Blisters, and Inflammation. MedicineNet. (Accessed via: https://www.medicinenet.com/natural_home_remedies_for_sunburn_treatment/article.htm)
7 Best Aloe Vera Gels for Treating Sunburns and Pain – Soothing Skincare Products for Burns. Cosmopolitan.com. (Accessed via: https://www.cosmopolitan.com/style-beauty/beauty/g27017387/best-aloe-vera-gel/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app