Suka Membuat Tindik? Sebaiknya Hindari Jenis Tindik di Lidah Ini

Dipublish tanggal: Jul 8, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Suka Membuat Tindik? Sebaiknya Hindari Jenis Tindik di Lidah Ini

Diantara kalangan anak muda, menggunakan tindik dijadikan sebagai penunjang penampilan agar terlihat lebih keren. Salah satu bagian tubuh yang sering dijadikan sebagai tempat memasang tindik yaitu bagian lidah. Karena memang bagian inilah terlihat punya tempat khusus dibandingkan dengan bagian tubuh yang lainnya.

Jenis tindik yang sering digunakan di lidah disebut sebagai snake eyes. Model tindik ini yaitu menusuk lidah melintasi kedua sisi lidah secara horizontal. Jenis tindik yang satu ini dianggap kurang aman, bahkan bisa dibilang berbahaya. Karena dapat menimbulkan komplikasi dalam jangka pendek atau jangka panjang.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Ada banyak masalah yang ditimbulkan akibat penggunaan tindik jenis snake eyes. Untuk itu, jika Anda menyukai tindik di lidah, sebaiknya Anda tidak menerapkan snake eyes. Selain itu, perhiasan tindik harus dipilih dengan baik supaya tidak menimbulkan iritasi.

Berikut ini alasan bahaya melakukan tindik lidah jenis snake eyes, yaitu:

Lidah memiliki pergerakan yang terbatas

Penerapan snake eyes akan menyebabkan lidah Anda menjadi sulit untuk digerakkan. Karena tindik ini akan mengikat otot pergerakan lidah. Tindik yang menembus pada kedua ujung lidah juga membahayakan pembuluh darah dan saraf-sarafnya menjadi sensitif, sehingga rawan pendarahan.

Gusi mengalami erosi akibat pergeseran tindik

Gusi akan mengalami erosi yang disebabkan karena adanya pergeseran tindik. Jika hal ini dibiarkan maka bisa menimbulkan bekas luka yang lebih buruk. Sebelum Anda ingin terlihat keren dengan tindik di lidah, sebaiknya pertimbangkan banyak hal sebelum Anda memilih perhiasan tindik.

Selain gusi, snake eyes juga berdampak buruk bagi gigi

Tidak hanya gusi yang mengalami erosi akibat snake eyes. Akan tetapi gigi pun bisa menerima efek sampingnya. Hal ini disebabkan ketika menutup mulut, maka posisi ujung tindik menyentuh gigi, sehingga hal ini dapat menimbulkan erosi pada gigi.

Jika Anda menggunakan tindik berbahan logam, maka bisa menyebabkan gigi mengalami patah atau retak. Penggunaan tindik snake eyes juga akan menyulitkan tindakan x ray di gigi.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Gusi mengalami pengikisan hingga keretakan

Penggunaan tindik yang diletakkan pada belakang gigi dapat menimbulkan pengikisan gusi maupun erosi. Jika hal ini terus dibiarkan, maka dapat menimbulkan efek berupa keretakan pada gigi dan menimbulkan luka yang cukup menyakitkan.

Dapat menimbulkan bau mulut

Iritasi pada lidah bisa terjadi karena tindik snake eyes. Padahal lidah fungsinya besar karena digunakan untuk makan. Hal ini bisa membuat sisa makanan menempel pada tindik. Jika dibiarkan berlangsung lama, maka hal ini bisa menimbulkan bau yang kurang sedap pada mulut.

Dapat menimbulkan iritasi lidah

Iritasi yang terjadi pada lidah dapat bersumber dari penggunaan tindik snake eyes. Terlebih lagi lidah adalah organ yang sensitif. Iritasi berkelanjutan bisa terjadi jika Anda memaksakannya.

Menggunakan tindik di kalangan anak muda menjadi salah satu cara untuk bisa tampil percaya diri. Akan tetapi untuk tampil keren tidak tetaplah harus mengorbankan kesehatan dan keselamatan diri Anda. Oleh karena itu, sebaiknya Anda berpikir berulang kali sebelum memutuskan melakukan tindik. Lebih baik pilih cara lainnya agar lebih keren. 

Seperti dengan mengubah penampilan dengan pakaian yang tepat. Juga ditunjang dengan peningkatan keahlian diri. Pasti akan jadi lebih keren jadinya dibanding melakukan tindik.

So, sebaiknya hindari melakukan tindik pada bagian tubuh yang rentan seperti lidah. Kalau pun ingin melakukannya, bisa memasang tindik pada area tubuh lainnya. 

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Tongue piercing healing: Day by day. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/327479)
Long-term effects of tongue piercing — a case control study. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3259306/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app