Kenapa Patah Tulang Pada Anda Lebih Cepat Sembuh Dibandingkan Dengan Orang Dewasa

Dipublish tanggal: Jul 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Kenapa Patah Tulang Pada Anda Lebih Cepat Sembuh Dibandingkan Dengan Orang Dewasa

Ketika Anda masih muda, mungkin Anda merasa dunia tampaknya menjadi milik Anda untuk ditaklukkan. Anda mungkin tak kenal lelah, cepat dan kuat. Otak sangat encer, indera sangat tajam dan, tulang sekuat besi.

Seiring bertambahnya usia, semuanya akan berubah, termasuk kondisi tubuh yang dulu sangat Anda banggakan: kulit akan mulai kendur, otak melambat, cedera lebih sering terjadi dan bertahan lebih lama. 

Iklan dari HonestDocs
Fisioterapi Sakit Leher 5 Kali Visit Di NK Health

Untuk pemulihan pasien yang mengalami keluhan pada leher, seperti tightness pada otot-otot sekitar leher sampai ke pundak, timbul gejala neurologis yang terjadi pada penjalaran saraf cervical pada vertebrae dengan menggunakan exercise dan manipulasi. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang (Rontgen, MRI, CT-Scan).

Fisioterapi sakit leher 5x visit di nk health

Salah satu perbedaan utama antara anak muda dengan seseorang yang “tidak terlalu muda” adalah waktu penyembuhan yang dibutuhkan untuk tulang patah. 

Seorang anak berusia 5 tahun yang mengalami patah tulang, hanya memerlukan waktu selama beberapa minggu untuk sembuh, sedangkan orang dewasa yang mengalami cedera tulang, memerlukan setidaknya enam hingga delapan minggu untuk sembuh.

Jadi mengapa tulang seorang anak sembuh lebih cepat daripada tulang orang dewasa? Apakah karena dipengaruhi oleh faktor gaya hidup ? untuk lebih jelasnya mari disimak artikel ini lebih lanjut.

Proses Patah Tulang Sembuh Lebih Cepat pada Anak

Tulang anak-anak memiliki kapasitas yang luar biasa dalam proses penyembuhan. Semakin muda usia seorang anak, semakin tinggi kapasitas penyembuhannya. Pada anak-anak, patah tulang dapat sembuh dengan pemasangan gips

Sedangkan pada orang dewasa, seringkali patah tulang hampir selalu membutuhkan pembedahan untuk menyetel kembali dan menstabilkan tulang.

Waktu penyembuhan pada anak-anak biasanya hanya memerlukan waktu beberapa minggu, sedangkan pada orang dewasa sebagian besar patah tulang membutuhkan waktu penyembuhan hingga berbulan-bulan. 

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Kemampuan penyembuhan tulang yang berbeda berdasarkan usia ini menjadi dasar oleh para ahli bedah untuk menentukan penanganan patah tulang yang tepat pada anak-anak.

Proses Penyembuhan Akibat Patah Tulang

Untuk memahami mengapa tulang anak-anak lebih cepat sembuh daripada tulang orang dewasa, ada baiknya kita memahami bagaimana tulang bisa sembuh dari patah tulang. Ketika patah tulang terjadi, darah mulai menggumpal di tempat patah tulang terjadi. 

Penggumpalan darah ini menjadi dasar untuk pemasangan kembali dan penyembuhan fragmen tulang. Pada tahap awal ini (yang dapat berlangsung beberapa minggu), jaringan yang rusak dibawa pergi dari tempat patahan dengan bantuan dari beberapa sel pekerja dari sistem kekebalan tubuh.

Dalam beberapa waktu, jaringan yang disebut kalus akan mulai terbentuk, menggunakan bekuan darah yang menghubungkan potongan-potongan yang pernah dipisahkan sebagai platform untuk membangun kembali tulang yang patah. Bahan ini seperti tulang, tetapi tanpa kalsium. Sehingga pada tahap ini, tulang yang terbentuk masih sangat rapuh. 

Dalam waktu sekitar satu bulan, kalus akan mengeras (proses ini dikenal dengan istilah klasifikasi). Setelah proses ini terjadi, tubuh memulai proses penggantian kalus dengan tulang baru.

Sekarang kembali pada pertanyaannya, kenapa tulang anak-anak lebih cepat sembuh? karena proses penyembuhan seperti di atas terjadi jauh lebih cepat pada anak-anak. Bukan hanya itu, tulang anak-anak sembuh sedemikian rupa sehingga sulit untuk mengatakan bahwa mereka pernah patah pada awalnya.

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Fisioterapi via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket fisioterapi hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia p01 fisioterapi

Baik pada tulang anak-anak maupun tulang orang dewasa, ada dua siklus yang terjadi pada tulang, yaitu proses pemecahan dan regenerasi. Sel-sel khusus yang disebut osteoklas menyerap sel-sel tulang yang telah rusak dan mengeluarkannya secara konstan dari tulang. 

Secara bersamaan, sel-sel lain yang disebut osteoblas mengambil kalsium dari darah dan mendistribusikannya kembali ke tulang. Proses ini terjadi sepanjang hidup Anda.

Saat Anda muda, Anda membangun tulang lebih cepat daripada yang bisa dihancurkan. Sampai sekitar usia 20 tahun, tulang Anda fokus terutama pada satu hal: Bertambah kuat. Bahkan setelah Anda mencapai proses pertumbuhan maksimum, tulang Anda terus menumpuk kalsium dalam upaya untuk menjadi lebih tebal dan lebih padat.

Namun, ketika Anda menjadi tua, osteoblas (pembangun tulang) Anda tidak dapat mengikuti osteoklas (penghancur tulang). 

Ketika orang dewasa yang lebih tua menderita patah tulang, tubuh mengarahkan lebih banyak sumber daya untuk memperbaiki sel-sel yang lain, sehingga proses penyembuhan tulang tidak semaksimal pada anak-anak. Inilah sebabnya mengapa orang yang lebih tua membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih.

12 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Guo S, et al. (2010). Factors affecting wound healing. DOI: (https://dx.doi.org/10.1177%2F0022034509359125)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app