Robek pada Meniskus Pada Anak: Penyebab, Gejala, dan Obat

Kenali robek pada meniskus lebih lanjut. Baca informasi penyebab, gejala, pengobatan, hingga diskusi dari pengguna HonestDocs. Klik di sini!
Dipublish tanggal: Agu 5, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 1 menit

Robek pada meniskus adalah robek atau pemisahan dalam substansi meniskus. Meniskus adalah kartilago penyerap guncangan di lutut. Terletak di antara tulang kering (tibia) dan tulang paha (tulang paha). 

Meniskus membantu mendistribusikan berat badan, membuat lutut menekuk dengan lancar dan menggerakkan cairan pelumas di sekitar sendi.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Ketika meniskus robek, itu bisa menyakitkan. Jika tidak diobati, robekan juga dapat membuat anak lebih mungkin menderita radang sendi.

Apa yang menyebabkan robek pada meniskus?

Setiap anak bisa mengalami robekan pada meniskus. Robekan biasanya terjadi ketika seorang anak atau remaja yang aktif tiba-tiba memutar lutut mereka. 

Terkadang ini terjadi ketika anak-anak bermain olahraga yang membutuhkan banyak berputar secara mendadak dan berhenti. Robek pada meniskus sering terjadi bersamaan dengan cedera pada anterior cruciate ligament (ACL).

Gejala robek pada meniskus

anak mungkin memperhatikan:

  • Suara atau sensasi pecah pada saat cedera
  • Nyeri pada sendi lutut
  • Rasa sakit yang semakin memburuk saat Anda mendorong lutut dengan lembut
  • Sendi lutut terkunci
  • Suara “klik” di lutut

Mendiagnosis robek pada meniskus

Di klinik rumah sakit, dokter rumah sakit bertanya tentang rasa sakit yang dialami anak. rumah sakit kemudian memeriksa lutut anak. 

Dokter dengan lembut memberikan tekanan dan menggerakkan kaki dan kaki anak untuk memeriksa ketidaknyamanan dan suara “klik” yang menandakan robekan pada meniskus. rumah sakit juga akan memeriksa pembengkakan di lutut anak.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Tes pencitraaan yang mungkin dibutuhkan anak

Jika rumah sakit mencurigai adanya robekan, rumah sakit akan melakukan rontgen

Rumah sakit akan meminta anak melakukan pemindaian MRI (magnetic resonance imaging) sehingga rumah sakit bisa melihat jaringan lunak di lutut dengan lebih baik.

Dalam beberapa kasus, rumah sakit juga dapat memasukkan alat penglihatan (arthroscope) yang merupakan lebar pensil ke lutut anak untuk melihat kerusakan pada monitor besar yang seperti layar televisi.


11 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Shea, Kevin & Archibald-Seiffer, Noah & Kim, Kangmin & Grimm, Nate. (2012). Bucket-handle meniscal tear in a 5-year-old child. Knee surgery, sports traumatology, arthroscopy : official journal of the ESSKA. 20. 2291-3. 10.1007/s00167-012-1893-x. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/221771285_Bucket-handle_meniscal_tear_in_a_5-year-old_child)
Waldman SD. (2007). Pain management: Painful conditions of the knee. DOI: (https://doi.org/10.1016/B978-0-7216-0334-6.50106-0)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Buka di app