Tarsal Coalition: Penyebab, Gejala, dan Obat

Dipublish tanggal: Jun 27, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Tarsal Coalition: Penyebab, Gejala, dan Obat

Tarsal coalition adalah jenis flatfoot. Ini terjadi ketika 2 atau lebih dari tulang tarsal, ditemukan di tengah dan belakang kaki, saling melekat. Tulang-tulang ini biasanya terpisah.

Tarsal coalition termasuk dalam kategori flatfoot yang disebut flatfoot kaku. Kaki anak-anak dengan tarsal coalition terlihat sama seperti kaki anak-anak dengan bentuk flatfoot lainnya. Kaki mereka miring keluar dari kaki, dan mereka tidak memiliki lengkungan di tengah. Tetapi kaki dengan tarsal coalition kaku, tidak fleksibel, seperti beberapa bentuk flatfoot  lainnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Anestesi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 22

Sekitar 1% hingga 2% orang memiliki tarsal coalition. Berita baiknya adalah bahwa hanya sekitar seperempat orang yang memiliki tarsal coalition yang memiliki masalah lain atau membutuhkan perawatan. Di antara mereka yang membutuhkan perawatan, sepertiga hingga setengahnya dapat sembuh tanpa operasi.

Apa yang menyebabkan tarsal coalition?

Tarsal coalition adalah kondisi bawaan (genetik). Orang tua dengan tarsal coalition dapat menurunkannya kepada anak-anak mereka. Kondisi ini tidak terkait dengan masalah medis lainnya. Berbeda dengan bentuk flatfoot lainnya, bayi tidak dilahirkan dengan tarsal coalition tarsal coalition. Sebagai gantinya, kaki mereka rata saat mereka bertambah tua, biasanya antara usia 8 dan 16 tahun.

Setiap tulang tarsal memiliki nama. Tempat yang paling umum terjadi tarsal coalition adalah antara tulang calcaneus dan navicular dan antara tulang talus dan calcaneus. Sekitar setengah dari kasus mempengaruhi set tulang pertama, dan sekitar setengah mempengaruhi set kedua. Dalam beberapa kasus, kedua set tulang menyatu di kaki yang sama.

Gejala Tarsal Coalition

Anak-anak dengan tarsal coalition mungkin mengalami nyeri kaki. Biasanya, lengkungan di kaki mereka tidak terlihat ketika mereka berdiri.

Mendiagnosis Tarsal Coalition

Pertama, dokter akan memeriksa kaki pasien. Dokter akan memeriksa kaki mereka ketika mereka berdiri, atau mungkin meminta pasien untuk berjinjit atau menjuntai di udara saat mereka duduk di meja ujian.

Ketika pasien memiliki bentuk flatfoot kaku, seperti tarsal coalition, lengkungan biasanya tidak terlihat ketika mereka berjinjit atau membiarkan kaki mereka menggantung. Pada jenis flatfoot lainnya, lengkungan muncul ketika mereka berjinjit atau membiarkan kaki mereka menjuntai.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Anestesi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 22

Dokter juga akan memeriksa sendi di kaki dan pergelangan kaki. Jika pergelangan kaki tidak banyak bergerak, berarti tendon Achilles memendek atau kencang. Itu dapat membuat mereka lebih rentan mengalami rasa sakit dan cacat.

Dokter dapat menggunakan sinar-X untuk melihat apakah tulang calcaneus dan navicular saling melekat. Untuk memeriksa tulang talus dan calcaneus, rumah sakit menggunakan pemindaian CT (computed tomography).

Perawatan Non-Bedah untuk Tarsal Coalition

rumah sakit memperlakukan semua anak dengan tarsal coalition secara konservatif. Tujuannya adalah untuk mengakhiri rasa sakit mereka.

Untuk anak-anak dengan kasus ringan, ini berarti mengurangi kegiatan yang menyebabkan rasa sakit dan minum obat anti-inflamasi.

Jika mengalami sakit yang lebih parah, mereka mungkin mengenakan gips atau sepatu bot yang kaku selama sekitar 6 minggu untuk menahan kaki mereka. Ini disebut perawatan imobilisasi. Pada beberapa anak, kakinya akan tetap bebas dari rasa sakit setelah gips atau sepatu bot dilepaskan.

Bedah untuk Tarsal Coalition

Untuk rasa sakit yang kerap kambuh kembali atau berlanjut setelah mencoba perawatan imobilisasi, rumah sakit merekomendasikan perawatan bedah berdasarkan jenis, keparahan dan kompleksitas tarsal coalition.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Anestesi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 22

Pembedahan untuk tarsal coalition ringan

Dalam kasus-kasus awal dan ringan, rumah sakit dapat melakukan operasi untuk menghilangkan tarsal coalition. Kemudian dokter meletakkan lemak atau otot kecil yang berdekatan di tempat tarsal coalition.

Setelah operasi ini,pasien akan mengenakan gips selama 3 minggu. Mereka tidak diizinkan berjalan kaki setidaknya selama 6 minggu. Pasien akan dibantu untuk mendapatkan kembali gerakan di sendi kaki mereka.

Pembedahan untuk tarsal coalition yang parah atau meluas

Untuk anak-anak dengan tarsal coalition yang paling parah dan tersebar luas serta memiliki kaki paling rata, operasi pengawetan sendi dapat membantu menyembuhkan.

Penelitian menunjukkan bahwa operasi untuk flatfoot yang fleksibel (calcaneal-lengthening osteotomy) juga berfungsi untuk menghilangkan rasa sakit dan memperbaiki deformitas tarsal coalition yang parah.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Tarsal Coalition: Background, Pathophysiology, Etiology. Medscape. (https://emedicine.medscape.com/article/1233780-overview)
Varner, Kevin & Michelson, James. (2000). Tarsal Coalition in Adults. Foot & ankle international / American Orthopaedic Foot and Ankle Society [and] Swiss Foot and Ankle Society. 21. 669-72. 10.1177/107110070002100807.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/12356453_Tarsal_Coalition_in_Adults)
Tarsal coalition. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/8734800)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app