masalah lutut dan tempurung lutut Pada Anak: Penyebab, Gejala, dan Obat

Kenali masalah lutut dan tempurung lutut lebih lanjut. Baca informasi penyebab, gejala, pengobatan, hingga diskusi dari pengguna HonestDocs. Klik di sini!
Dipublish tanggal: Jul 31, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 4 menit
masalah lutut dan tempurung lutut Pada Anak: Penyebab, Gejala, dan Obat

Banyak masalah yang berbeda dapat mempengaruhi lutut dan tempurung lutut (patella), piringan tulang yang melindungi sendi lutut dan membantu otot-otot paha menggerakkan lutut.

Tempurung lutut adalah salah satu dari tiga tulang di lutut. Dua lainnya adalah tulang kering (tibia) dan tulang paha. Tempurung lutut berada di dalam tendon (patellar tendon) di ujung tulang paha, dekat otot paha depan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Anestesi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 22

Apa yang menyebabkan masalah lutut dan tempurung lutut?

Terkadang tempurung lutut bertengger dengan cara yang tidak seimbang, biasanya terlalu jauh ke arah luar lutut. 

Ini dapat menyebabkan tempurung lutut keluar dari sendi atau memberi tekanan lebih pada tulang paha dan tulang rawan di lutut. Semua masalah ini dapat menyebabkan rasa sakit.

Otot paha yang kencang juga dapat menyebabkan nyeri lutut dan tempurung lutut. Jika otot-otot di bagian depan paha (paha depan) kencang, tempurung lutut didorong keras ke tulang paha.

 Otot-otot yang tegang di bagian belakang paha (paha belakang) memaksa paha depan untuk bekerja lebih keras, yang dapat menyebabkan nyeri tempurung lutut.

Patellar tendonitis, atau lutut pelompat, terjadi ketika tendon patella meradang. Ini umum terjadi pada anak-anak yang melakukan kegiatan melompat berulang, seperti lompat tali atau bola basket.

Sindrom Patellofemoral merupakan rasa sakit di bagian depan lutut yang disebabkan oleh iritasi pada tempurung lutut atau ujung paha. 

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Iritasi dapat disebabkan oleh penggunaan lutut yang berlebihan karena aktivitas berulang, melakukan pekerjaan menahan beban yang memberikan tekanan ekstra pada sendi atau dari tempurung lutut yang tidak sejajar.

Pada anak-anak, bintik-bintik pada tulang di sekitar lutut yang berkontribusi terhadap pertumbuhan lebih lemah daripada tulang di sekitarnya. 

Jika pusat pertumbuhan (plat pertumbuhan) menjadi meradang atau teriritasi, dapat menyebabkan rasa sakit.

Ketika ini terjadi di bagian atas tulang kering, masalahnya disebut sindrom Osgood-Schlatter. Ketika itu terjadi di bagian bawah tempurung lutut, itu disebut sindrom Sinding-Larsen-Johansson.

Siapa yang dapat mengalami masalah lutut dan tempurung lutut?

Anak-anak dan remaja yang sedang tumbuh, terutama gadis remaja, dapat merasakan sakit di sekitar tempurung lutut mereka. 

Anak-anak yang lututnya tertekuk ke dalam⎯biasa disebut ketukan-berlutut⎯juga cenderung mengalami masalah. Begitu juga anak-anak dengan otot paha ketat.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1
  • anak dirawat oleh tim ortopedi, termasuk dokter anak, dokter bedah ortopedi anak, praktisi perawat, asisten dokter, perawat dan ahli terapi fisik.
  • Untuk memulihkan kesehatan dan fungsi anak, rumah sakit sering menggunakan metode non bedah, seperti terapi fisik (PT), termasuk olahraga PT. rumah sakit memiliki tim terapis fisik terbesar di Pasifik Barat Laut yang berspesialisasi dalam perawatan bayi, anak-anak, remaja dan dewasa muda.
  • Jika anak memerlukan pembedahan, rumah sakit memiliki ahli bedah ortopedi pediatrik dengan pelatihan beasiswa kedokteran olahraga dan pengalaman untuk mengobati masalah lutut pada anak-anak dan remaja.

Perawatan dari lahir sampai dewasa muda

  • rumah sakit menyesuaikan perawatan untuk membantu masalah spesifik anak dan mempertimbangkan usia dan perkembangan mereka. Untuk sebagian besar kasus nyeri tempurung lutut, rumah sakit menekankan terapi fisik dan program latihan di rumah.
  • Saat mengobati masalah lutut anak, dokter harus memperhitungkan plat pertumbuhan pada tulang anak di atas dan di bawah lutut. Di sini, tim anak memiliki pelatihan khusus dalam kebutuhan medis dan bedah kaum muda.
  • rumah sakit memiliki kelompok ahli radiologi pediatrik bersertifikat terbesar di Northwest. Jika anak membutuhkan pencitraan yang menggunakan radiasi, rumah sakit menggunakan jumlah serendah mungkin untuk menghasilkan gambar terbaik.

Pendekatan operasi untuk meningkatkan kualitas hidup

rumah sakit menawarkan beberapa opsi bedah untuk anak-anak yang membutuhkan lebih dari terapi fisik, dan rumah sakit berhati-hati untuk memilih opsi yang paling cocok dengan kondisi anak.

Gejala masalah lutut dan tempurung lutut

Pembengkakan mendadak setelah cedera adalah pertanda adanya masalah, seperti rasa sakit.

Mendiagnosis masalah lutut dan tempurung lutut

Ketika Anda dan anak mengunjungi klinik rumah sakit, dokter rumah sakit akan mengajukan pertanyaan secara rinci tentang rasa sakit yang dirasakan anak dan tentang insiden atau kecelakaan yang mungkin terjadi sebelum lutut mulai sakit. 

Kemudian rumah sakit memeriksa lutut anak.

Studi pencitraan yang akan dibutuhkan anak

rumah sakit akan mengambil sinar-X. rumah sakit juga dapat mengambil gambar kaki anak saat mereka berdiri diam. 

Ini akan membantu rumah sakit menemukan kecenderungan apa pun pada anak terhadap ketukan lutut, suatu kondisi yang membuat rasa sakit lebih mungkin terjadi.

Jika rumah sakit membutuhkan informasi lebih lanjut, rumah sakit dapat meminta anak untuk melakukan:

  • Pemindaian MRI (magnetic resonance imaging)
  • Pemindaian CT (computed tomography)

Tes pencitraan ini membuat gambar yang dapat membantu dokter:

  • -Melihat kemungkinan kerusakan pada tulang rawan di dalam lutut.
  • Melihat posisi tempurung lutut dengan lebih baik.

Terapi fisik dan olahraga

Terapi fisik dan program latihan di rumah dapat memperkuat otot di sekitar lutut sehingga tempurung lutut tetap di tempatnya.

Latihan untuk menguatkan otot di bagian dalam depan paha (medial quadriceps) sangat penting untuk mengatasi masalah tempurung lutut dengan sukses. 

Ketika otot ini kuat, ini membantu menjaga pelacakan tempurung lutut dengan benar.

Operasi untuk masalah lutut dan tempurung lutut

Anak-anak dapat melakukan operasi untuk membantu meluruskan lutut dan kaki mereka jika:

  • Mereka mengalami ketukan parah pada lutut
  • Tempurung lutut mereka cenderung meluncur keluar dari sendi (terkilir).

Ada beberapa pendekatan bedah untuk merawat tempurung lutut yang cenderung terkilir:

  • Untuk anak-anak yang mengalami ketukan pada lututnya, staples sementara pada plat pertumbuhan di bagian dalam ujung bawah tulang paha dapat memperbaiki masalah tersebut. Prosedur ini memungkinkan plat pertumbuhan luar tumbuh sambil menjepit plat pertumbuhan dalam. Dapat meluruskan kaki dari waktu ke waktu.
  • Anak-anak yang lebih besar dapat melakukan operasi yang mengikat tempurung lutut ke sisi dalam lutut. Ini membuatnya tidak meluncur ke samping.
  • Pilihan lainnya adalah memindahkan sendi tempurung lutut ke tulang kering sehingga tempurung lutut dapat membaik.

Pembedahan juga mungkin merupakan pengobatan terbaik jika an melepaskan tempurung lutut dan melukai tulang rawan yang menutupi sendi.

Dalam operasi ini, dokter mencoba memasang kembali tulang rawan dan tulang di mana tempurung lutut yang terlepas membuat mereka tidak pada tempatnya. 

Ini biasanya berupa prosedur invasif minimal yang disebut operasi arthroscopic. Dilakukan dengan instrumen kecil yang dimasukkan melalui potongan yang lebih kecil daripada teknik tradisional.

12 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Treating chronic knee pain. (n.d.) Retrieved from (http://www.mybwmc.org/treating-chronic-knee-pain)
Questions and answers about knee problems. (2014, May) (http://www.niams.nih.gov/Health_info/knee_problems/default.asp)
Questions and answers about gout. (2016, April) (http://www.niams.nih.gov/health_info/gout/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Gastroschisis Pada Anak: Penyebab, Gejala, dan Obat
Gastroschisis Pada Anak: Penyebab, Gejala, dan Obat

Kenali Gastroschisis lebih lanjut. Baca informasi penyebab, gejala, pengobatan, hingga diskusi dari pengguna HonestDocs. Klik di sini!

GATA2 Deficiency Pada Anak: Penyebab, Gejala, dan Obat
GATA2 Deficiency Pada Anak: Penyebab, Gejala, dan Obat

Kenali GATA2 Deficiency lebih lanjut. Baca informasi penyebab, gejala, pengobatan, hingga diskusi dari pengguna HonestDocs. Klik di sini!

Buka di app