Kaki Bengkok Pada Anak: Penyebab, Gejala, dan Obat

Dipublish tanggal: Jul 9, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Kaki Bengkok Pada Anak: Penyebab, Gejala, dan Obat

Apa itu kaki bengkok?

Kaki bengkok atau kaki bengkok adalah ketika bayi dilahirkan dengan 1 kaki atau kedua kaki mengarah ke bawah dan ke dalam. Jari kaki mereka mengarah ke kaki yang berlawanan, dan bagian bawah kaki mereka menghadap ke dalam. Dalam beberapa kasus, kaki bayi seperti terbalik.

Kaki bengkok tidak bisa diluruskan hanya dengan menggerakkannya. Sendi dan tendon di bagian dalam dan belakang kaki dan pergelangan kaki lebih pendek dari biasanya, sementara yang di luar dan depan meregang, menahan kaki bayi dalam posisi yang tidak biasa ini.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Kaki bengkok tidak membaik dengan sendirinya. Jika tidak diobati, dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan membuat kaki anak berfungsi buruk saat mereka tumbuh dewasa. Tetapi dengan perawatan, ada kemungkinan besar bahwa kaki bayi akan terlihat bagus dan berfungsi dengan sangat baik.

Kaki bengkok di anak-anak

Sekitar 1 dari 1.000 bayi lahir dengan clubfoot. kaki bengkoktidak ada hubungannya dengan posisi bayi di dalam rahim. Sebagian besar masalah ini diturunkan dari orang tua ke anak-anak (genetik), dan mungkin terjadi dalam keluarga.

Jika Anda memiliki 1 bayi dengan clubfoot, kemungkinan memiliki anak kedua dengan kondisi tersebut adalah 1 banding 40.

Sekitar setengah dari anak-anak dengan kondisi ini memiliki 2 kaki bengkok. Anak-anak dengan kondisi neurologis dan kromosom tertentu lebih mungkin mengalami clubfoot. Seringkali anak-anak yang memiliki kaki bengkok benar-benar sehat.

Gejala Kaki Bengkok

Kaki bengkok atau kaki bengkok terlihat seperti kondisi lainnya. Saat lahir, kaki bayi diputar ke bawah dan ke dalam. Kaki tidak bisa diluruskan hanya dengan mencoba menggerakkan kaki.

Mendiagnosis Kaki Bengkok

Dokter dapat melihat kaki bengkok pada gambar ultrasonik yang diambil setelah sekitar 4 bulan kehamilan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Anestesi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 22

Saat lahir, dokter akan memeriksa kaki, lengan, tangan, pinggul, dan telapak kaki bayi.

Bayi yang memiliki kaki bengkok tidak lebih rentan mengalami masalah tulang atau sendi dibandingkan anak-anak lain, kecuali mereka memiliki kondisi seperti spina bifida atau arthrogryposis.

Mengobati Kaki Bengkok

Rumah sakit merawat kaki bengkok menggunakan metode Ponseti. Metode Ponseti dapat memperbaiki masalah dengan operasi minimal, dan kadang-kadang tanpa operasi sama sekali.

Perawatan awal

Rumah sakit mulai dengan merentangkan kaki bayi secara lembut ke posisi yang benar segera setelah lahir. Setelah sekitar 1 menit peregangan, dokter memasangkan gips yang memanjang dari pinggul ke jari kaki.

Setelah 4 hingga 8 minggu perawatan, sekitar 5% hingga 10%  jari kaki bayi benar-benar diperbaiki. Kebanyakan bayi lain memerlukan prosedur sederhana di klinik untuk melepaskan tendon yang kencang di bagian belakang pergelangan kaki mereka (tendon Achilles). Bayi-bayi ini memakai gips selama sekitar 3 minggu.

Perawatan yang berlangsung dengan menggunakan brace 

Setelah kaki bayi berada di posisi yang benar, mereka akan memakai penahan hampir sepanjang waktu selama 3 bulan ke depan. Kemudian mereka memakai brace di malam hari dan waktu tidur siang selama 3 hingga 4 tahun. Penjepit, terbuat dari sepatu kulit yang dihubungkan oleh batang aluminium, akan mengubah kaki anak ke arah luar.

Sangat penting untuk menggunakan brace untuk memastikan kaki anak tetap pada posisi yang benar. Setelah perawatan ini, 2 hingga 3 anak dari setiap 10 anak akan membutuhkan operasi kecil setelah usia 3 tahun untuk menyesuaikan tendon mereka.

10 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app