Kenali Jenis Kulit Wajah Anda dan Cara Merawatnya

Dipublish tanggal: Feb 26, 2019 Update terakhir: Okt 27, 2020 Tinjau pada Jul 18, 2019 Waktu baca: 3 menit
Kenali Jenis Kulit Wajah Anda dan Cara Merawatnya

Kulit adalah organ tubuh manusia yang terbesar. Selain sebagai organ yang terbesar, kulit juga merupakan salah satu organ dengan struktur dan fungsi yang paling kompleks. Tidak semua orang memiliki jenis kulit yang sama. Jenis kulit umumnya bervariasi tergantung pada banyaknya faktor.

Penting untuk mempelajari dan mengetahui jenis kulit apa yang Anda miliki dan Anda juga harus tahu produk perawatan kulit seperti apa yang akan Anda gunakan nantinya. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Jenis kulit biasanya berubah seiring bertambahnya usia. Kulit Anda pada akhirnya akan menyesuaikan tergantung pada apa yang Anda makan, gaya hidup dan hormon Anda. Dalam artikel ini, kami akan membahas jenis-jenis kulit serta bagaimana cara merawatnya.

Jenis-jenis Kulit

  • Jenis Kulit Normal
    Kulit yang tidak terlalu berminyak, dan tidak terlalu kering adalah definisi dari jenis kulit normal. Bahkan warna kulit, kulit yang lembut dan halus adalah beberapa karakteristik dari jenis kulit normal. Orang-orang yang memiliki jenis kulit ini dianggap beruntung karena tidak ada pori-pori yang terlihat dan tidak terdapat sensitivitas pada kulit.
  • Jenis Kulit Berminyak
    Jika Anda ingin tahu apakah Anda memiliki kulit berminyak atau tidak, pertama letakkan tisu di wajah Anda, Jika Anda memiliki kulit berminyak maka akan ada bintik berminyak pada tissue khususnya dibagian pipi, hidung dan dahi. Tetapi hal ini bisa juga berubah sesuai dengan kondisi cuaca. Karakter dari jenis kulit ini ditandai dengan banyaknya produksi minyak pada kulit. Jenis kulit ini memiliki pori-pori besar yang mudah terlihat, kulit yang tebal  dan berkilau dan banyak noda pada kulit. Noda pada kulit ini biasanya berupa jerawat atau komedo.
  • Jenis Kulit Kering
    Jenis kulit ini memiliki sangat sedikit kandungan minyak di atasnya. Karakter dari jenis kulit kering termasuk pori-pori yang sangat kecil yang hampir tidak terlihat, pecah-pecah pada kulit, kulit yang terlihat kasar dan kusam, bercak merah pada kulit dan tingkat elastisitas kulit yang lebih rendah. Kulit kering akan lebih buruk jika berada pada ruangan yang panas, mandi yang terlalu lama dan pengaruh obat-obatan.
  • Jenis Kulit Kombinasi
    Tipe kulit ini ditandai dengan adanya kulit yang kering hingga normal di beberapa daerah dan kulit berminyak pada daerah yang lain. Jenis kulit kombinasi adalah jenis kulit wajah yang paling umum terjadi pada kebanyakan orang. Tipe ini memiliki pori-pori melebar, kulit berkilau dan beberapa noda yang dapat terjadi pada wajah.
  • Kulit Sensitif 
  • Kulit sensitif adalah jenis kulit yang paling kompleks untuk dirawat. Tipe kulit ini sangat mudah bereaksi terhadap berbagai macam produk perawatan kulit. Ciri-ciri dari kulit ini biasanya bisa berubah menjadi merah atau terdapat ruam pada kulit. Jenis kulit ini biasanya membutuhkan bantuan profesional untuk menjaganya agar tetap sehat

Tips merawat Kulit Sehat

Semua jenis kulit di atas membutuhkan tingkat perawatan tertentu. Di bawah ini adalah beberapa tips perawatan kulit secara umum.

  • Konsultasikan masalah kulit Anda ke dokter kulit
    Sebelum Anda mulai menggunakan produk perawatan kulit tertentu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kulit dan ketahui apa solusi yang terbaik untuk Anda.
  • Minum banyak air
    Terlepas dari jenis kulitnya, mengkonsumsi banyak air sangatlah penting untuk menjaga kesehatan kulit. Cairan yang cukup akan membuat kulit menjadi sehat, cerah dan kenyal. Hal ini juga penting untuk menjaga elastisitas kulit.
  • Makanlah makanan yang sehat
    Nutrisi yang buruk dapat memiliki efek merusak pada kulit. Pastikan Anda melakukan diet yang seimbang. Mengkonsumsi vitamin C juga sangat penting untuk nutrisi kulit
  • Gunakan produk yang tepat untuk jenis kulit Anda
    Inilah mengapa Anda harus mengetahui jenis kulit Anda terlebih dahulu sebelum menggunakan produk apa pun yang akan Anda gunakan. Karena pemilihan produk perawatan yang tepat akan bepengaruh pada kesehatan kulit Anda.
  • Jangan merokok
    Merokok dapat merusak kesehatan kulit Anda. Oleh karena itu hindarilah kebiasaan merokok agar bisa menjaga kulit tetap sehat.
  • Hindari paparan sinar matahari secara langsung
    Paparan sinar matahari secara langsung mempunyai dampak buruk terhadap kesehatan kulit. Gunakanlah topi dan kacamata sebagai proteksi terhadap paparan matahari secara langsung.

Perawatan jenis kulit tertentu 

Perawatan untuk jenis Kulit Kering

  • Jangan mandi terlalu lama dan mandilah tidak lebih dari sekali sehari
  • Gunakan sabun atau pembersih kulit yang lembut
  • Jangan menggosok kulit saat mandi atau mengeringkan
  • Oleskan pelembab pada kulit tepat setelah mandi. Salep dan krim dapat bekerja lebih baik daripada lotion untuk perawatan kulit kering
  • Gunakan humidifier, dan jangan biarkan suhu dalam ruangan Anda terlalu panas
  • Gunakan sarung tangan saat menggunakan bahan-bahan yang dapat memicu kulit kering, atau deterjen rumah tangga

Perawatan untuk jenis Kulit Berminyak

  • Cucilah kulit Anda tidak lebih dari dua kali sehari dan cuci setelah Anda berkeringat banyak
  • Gunakan pembersih yang lembut dan jangan menggosok kulit
  • Jangan mengorek, meletuskan atau memencet jerawat
  • Carilah kata "noncomedogenic" pada produk perawatan kulit dan kosmetik. Hal ini berarti produk tersebut tidak akan menyumbat pori-pori

Setiap jenis kulit membutuhkan teknik perawatan yang lebih spesifik. Tips di atas adalah metode perawatan kulit yang umum dan sederhana yang dapat Anda terapkan dikehidupan Anda sehari-hari.

25 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Taylor, S. L. (2008, June). Alternative treatment for scars. The Dermatologist, 16(6) (http://www.the-dermatologist.com/article/8866)
Swearingen, K., Winget, J. (n.d.). Identifying markers of healthy skin development (https://www.systemsbiology.org/research/identifying-markers-of-healthy-skin-development/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app