Bibir Sumbing Pada Anak: Penyebab, Gejala, dan Obat

Dipublish tanggal: Jul 9, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Okt 28, 2019 Waktu baca: 10 menit
Bibir Sumbing Pada Anak: Penyebab, Gejala, dan Obat

Apa itu bibir sumbing dan langit-langit mulut sumbing?

Bibir sumbing dan langit-langit mulut sumbing terjadi ketika bagian bibir atau atap mulut (langit-langit) tidak terbentuk dengan baik. Ini dapat menyisakan celah. Cacat lahir ini terjadi pada awal kehamilan.

Terkadang anak-anak hanya memiliki satu dari kondisi ini. Beberapa anak memiliki keduanya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Anestesi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 22

Bibir sumbing

Bibir sumbing adalah bibir atas yang tidak sepenuhnya terbentuk. Ini mempengaruhi cara kerja bibir.

  • Jika sumbing hanya mempengaruhi bibir, maka kondisi itu disebut parsial atau tidak lengkap.
  • Jika sumbing juga mempengaruhi hidung, maka kondisi itu disebut lengkap.
  • Sumbing bisa terjadi di satu sisi (unilateral) atau kedua sisi (bilateral) dari bibir atas.
  • Sumbing yang mempengaruhi garis gusi akan mempengaruhi perkembangan gigi.

Langit-langit mulut sumbing

Pada langit-langit mulut sumbing, bayi dilahirkan dengan celah di atap mulutnya (langit-langit).

Langit-langit sumbing mempengaruhi cara bicara dan makan karena otot-otot di belakang langit-langit mulut tidak terbentuk dengan baik. Otot-otot ini diperlukan untuk menutup mulut dari hidung selama makan dan berbicara.

Pada langit-langit sumbing submukosa, celah di atap mulut ditutupi oleh lapisan tipis jaringan lunak (selaput lendir). Ini membuat sumbing sulit diperiksa ketika melihat ke dalam mulut. Tapi itu bisa mempengaruhi cara bicara sama seperti langit-langit mulut sumbing.

Seberapa umum kondisi ini?

Bibir sumbing dan langit-langit mulut sumbing adalah jenis cacat lahir yang paling umum di Amerika Serikat. Jarang terjadi pada orang kulit hitam non-hispanik (1 dari 4.000) daripada yang lain.

Beberapa jenis sumbing terjadi lebih sering dari yang lain:

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Perawatan Bibir via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket bibir hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia b16 bibir
  • Bibir sumbing (bibir memiliki sumbing, dan mungkin juga ada sumbing di langit-langit mulut): sekitar 1 dari setiap 1.500 bayi baru lahir
  • Langit-langit mulut sumbing yang terisolasi (hanya langit-langit mulut yang terpengaruh): sekitar 1 dari setiap 2.000 bayi baru lahir

Apa yang menyebabkan sumbing?

Sebagian besar (60%) bibir sumbing dan langit-langit mulut sumbing tidak terkait dengan apa pun yang terjadi selama atau setelah kehamilan. Beberapa pengecualiannya adalah:

  • Paparan obat fenitoin (Dilantin) selama kehamilan: membuat bibir sumbing 10 kali lebih mungkin terjadi
  • Merokok saat hamil: membuat bibir sumbing 2 kali lebih mungkin terjadi
  • Penggunaan alkohol, obat anti kejang atau vitamin A (asam retinoat): terkait dengan cacat lahir yang meliputi bibir sumbing dan langit-langit mulut sumbing

Ada kemungkinan lebih besar untuk memiliki anak dengan sumbing jika orang tua atau saudara kandung memiliki anak yang juga sumbing. Dokter atau penasihat Anda di Craniofacial Genetics Clinic rumah sakit dapat berdiskusi dengan Anda tentang peluang bagi keluarga Anda.

Sindrom genetik yang menyebabkan sumbing

Sumbing terkadang merupakan bagian dari sindrom yang disebabkan oleh perubahan gen. Anak-anak dengan sindrom ini juga memiliki masalah medis lainnya.

Lebih dari 40% anak-anak yang mengalami langit-langit mulut sumbing tetapi tanpa bibir sumbing memiliki kondisi seperti sindrom van der Woude, gangguan terkait 22q11.2, Robin sequence, sindrom Stickler dan sindrom Treacher Collins.

Gejala bibir sumbing dan langit-langit mulut sumbing

Bagaimana sumbing terlihat tergantung di mana sumbingnya dan seberapa parah kondisinya.

Bibir sumbing

Bibir sumbing berkisar dari ringan hingga berat. Bentuk bibir sumbing yang ringan adalah lekukan kecil di bagian merah bibir atas (bibir sumbing microform).

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Perawatan Bibir via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket bibir hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia b16 bibir

Contoh bibir sumbing yang parah adalah 2 celah lebar di bibir atas dan hidung yang kolaps dan terentang (bibir sumbing bilateral lengkap).

Pada bibir sumbing:

  • Otot, kulit, dan lapisan bibir hilang di celah sumbing.
  • Jaringan-jaringan di dalamnya salah tempat pada setiap sisi celah. Mereka mendistorsi area wajah terdekat.
  • Hidung atau lubang hidung meregang. Ini disebabkan oleh tarikan otot di setiap sisi celah.

Langit-langit mulut sumbing

Pada langit-langit mulut sumbing hanya bisa terlihat ketika mulut bayi terbuka, terdapat celah di tengah atap mulut.

Jika anak memiliki langit-langit mulut sumbing tetapi tidak ada bibir sumbing, itu mungkin tidak terlihat pada awalnya. Ini terjadi terutama jika celahnya ditutupi oleh jaringan lunak yang melapisi atap mulut. Ini disebut langit-langit sumbing submukosa.

Mendiagnosis Bibir Sumbing dan Langit-langit Mulut Sumbing

Terkadang bibir sumbing dan langit-langit mulut didiagnosis sebelum bayi lahir, selama USG rutin. Dalam kebanyakan kasus, bibir sumbing dan langit-langit mulut sumbing didiagnosis setelah lahir. Bibir sumbing akan terlihat jelas ketika dokter memeriksa bayi.

Jika langit-langit mulut bayi tertutup oleh lapisan mulut, kemungkinan tidak dapat didiagnosis sampai anak menunjukkan tanda-tanda lain, seperti masalah makan. Susu sering keluar dari bayi Hidung sambil makan.

Dengan teknik dan bantuan yang tepat, bayi bisa belajar menyusu dengan sangat baik. Jika bayi mengalami bibir sumbing atau langit-langit mulut sumbing, perawat dan spesialis pemberian makan bayi rumah sakit dapat membantu Anda mempelajari cara memberi makan bayi.

Tes genetik dapat membantu diagnosis

Dokter mungkin menyarankan untuk melakukan tes genetik untuk mengetahui apakah bibir sumbing dan langit-langit mulut sumbing yang diderita anak adalah bagian dari suatu kondisi yang menyebabkan tanda atau gejala lain. Contohnya adalah sindrom van der Woude, gangguan terkait 22q11.2, urutan Robin, sindrom Stickler dan sindrom Treacher Collins. Lebih dari 40% anak-anak dengan langit-langit mulut sumbing tetapi tanpa bibir sumbing memilikinya sebagai bagian dari sindrom.

Bagi banyak bayi, sindrom ini disebabkan oleh perubahan genetik baru yang tidak diwarisi dari ibu atau ayah. Tetapi terkadang orang tua memiliki gen abnormal yang diturunkan kepada anak mereka.

Klinik Genetika Craniofacial rumah sakit membantu mengidentifikasi sindrom. Konselor genetik rumah sakit membantu keluarga memahami manfaat dan batasan pengujian genetik. Jika Anda memilih untuk melakukan tes genetik, konselor menjelaskan hasilnya sehingga Anda dapat membuat keputusan tentang perawatan anak.

Ada kemungkinan lebih besar untuk memiliki anak dengan sumbing jika orang tua atau anak lain memiliki bibir sumbing dan/atau langit-langit mulut sumbing. Dokter Anda atau konselor genetik rumah sakit dapat berbicara dengan Anda tentang kemungkinan keluarga Anda.

rumah sakit merekomendasikan konseling genetik sebelum anak mencapai usia 21 tahun sehingga mereka memahami kemungkinan celah pada anak yang mungkin mereka miliki

Mengobati Bibir Sumbing dan Langit-langit Sumbing

1. Makanan dan nutrisi membantu anak berkembang

Setelah lahir, rumah sakit secara teratur memeriksa berat dan pertumbuhan anak. Orang tua sering membutuhkan bantuan dalam pemberian makan jika bayi mereka mengalami sumbing.

Bibir sumbing menyulitkan bayi untuk menutup puting susu dengan bibir mereka. Biasanya bayi dengan bibir sumbing dapat disusui dengan payudara atau botol biasa. rumah sakit dapat memberi Anda tips tentang cara menggendong bayi agar mendapat makan yang lebih baik.

-Dengan langit-langit mulut yang sumbing, bayi tidak bisa mendapatkan cukup isapan untuk mengisap susu dari payudara atau botol biasa. Ketika mereka mengisap, atap mulut mereka tidak menutup mulut dari hidung. Bayi dengan langit-langit mulut sumbing biasanya membutuhkan botol dan puting khusus. rumah sakit dapat membantu Anda memahami berbagai jenis botol khusus. rumah sakit akan mengajari Anda teknik menyusui sehingga bayi cukup makan untuk tumbuh dan berkembang.

2. Taping dan nasoalveolar molding untuk meningkatkan hasil operasi

Untuk anak-anak dengan celah lebar, rumah sakit membentuk kembali gusi, bibir dan hidung menggunakan taping atau nasoalveolar molding (NAM) sebelum operasi bibir sumbing.

Tujuan dari molding adalah untuk membuat celah di gusi dan bibir lebih kecil sebelum operasi. Molding juga bisa untuk mengangkat dan membentuk hidung. Hasil yang lebih baik setelah operasi pertama bisa berarti lebih sedikit operasi di masa kanak-kanak.

  • Pada bulan-bulan sebelum operasi, bayi akan menggunakan plat cetak yang dibuat khusus yang sesuai dengan garis gusinya.
  • Plat plastik dapat mengarahkan pertumbuhan gusi bayi dengan lebih lembut. Setiap 1 hingga 2 minggu, dokter gigi di tim rumah sakit akan menyesuaikan plat cetak. Seiring berjalannya waktu, sumbing akan mengecil.
  • Setelah sumbing mengecil, pos kecil dapat ditambahkan ke plat cetakan dan dimasukkan ke lubang hidung bayi. Dokter gigi perlahan-lahan akan menyesuaikannya untuk membentuk tulang rawan hidung, mengangkat hidung dan membuka lubang hidung.

SAM dapat mengurangi jumlah kunjungan yang dibutuhkan anak untuk meningkatkan simetri hidung mereka sebelum operasi. rumah sakit membuat perangkat tersedia untuk dokter di pusat-pusat lain di seluruh negeri untuk meningkatkan perawatan sumbing untuk semua anak.

3. Operasi untuk memperbaiki bibir sumbing

Pembedahan untuk memperbaiki bibir sumbing biasanya dilakukan ketika anak berusia 6 bulan.

Selama operasi, kulit, otot dan lapisan bibir diletakkan di tempat yang tepat.

Hidung juga dirawat pada saat operasi pertama, tetapi seringkali membutuhkan operasi kecil lain ketika anak tumbuh.

Operasi memakan waktu sekitar 3 jam. Anda akan bisa bersama bayi di ruang pemulihan segera setelah mereka bangun dari operasi. anak biasanya akan tinggal di rumah sakit selama 1 malam.

4. Perbaikan bibir sumbing bilateral

Sebelum operasi (kiri): Kulit yang diperlukan untuk melakukan perbaikan ada, tetapi tidak di tempat atau bentuk yang tepat.

Selama operasi (tengah): Pembedahan menempatkan kulit, otot dan tulang rawan ke posisi yang benar.

Setelah operasi (kanan): Setelah 1 tahun, bibir dan hidung telah rileks pada posisi baru. Bekas luka terlihat sebagai garis putih.

5. Evaluasi pendengaran dan tabung telinga

rumah sakit memeriksa pendengaran bayi sepanjang masa kecil mereka.

Setiap tahun, seorang spesialis yang dilatih untuk menguji pendengaran pada bayi dan anak-anak (audiolog) akan memeriksa pendengaran anak. Jika ada kekhawatiran, dokter telinga, hidung dan tenggorokan (otolaryngologist) akan dilibatkan.

Sebagian besar anak-anak dengan langit-langit mulut mengalami penumpukan cairan di belakang gendang telinga. Ini bisa membuatnya lebih sulit untuk didengar.

Jika ini merupakan masalah bagi anak, sebaiknya masukkan tabung plastik kecil ke dalam gendang telinga. Ini membuat telinga tengah bersih dari cairan. Biasanya dilakukan bersamaan dengan pembedahan untuk memperbaiki langit-langit mulut sumbing.

6. Operasi untuk langit-langit mulut sumbing

Jika anak mengalami langit-langit mulut sumbing, rumah sakit akan melakukan operasi ketika anak berusia antara 9 dan 15 bulan.

Selama operasi langit-langit mulut sumbing, sumbing ditutup. Otot-otot di bagian belakang atap mulut (langit-langit lunak) diletakkan di tempat yang tepat melintasi celah.

Tujuannya adalah untuk menciptakan langit-langit mulut yang berfungsi baik untuk berbicara.

Biasanya operasi memakan waktu 3 jam. anak biasanya akan tinggal di rumah sakit 1 hingga 2 malam.

7. Perkembangan Kemampuan Berbicara

rumah sakit secara rutin memeriksa kemampuan bicara anak dan bagaimana bahasa mereka berkembang. rumah sakit memeriksanya bahkan sebelum langit-langit mulut anak diperbaiki, sejak 9 bulan.

Langit-langit mulut mempengaruhi otot-otot yang diperlukan untuk bicara normal. anak mungkin kesulitan membuat intonasi yang benar, bahkan setelah sumbing diperbaiki.

Beberapa anak dengan sumbing memiliki kondisi yang disebut disfungsi velopharyngeal (VPD).

Seringkali, terapi wicara membantu anak-anak mengembangkan pola bicara yang lebih normal.

Terkadang Anda bisa menggunakan alat ucapan khusus yang disebut obturator. Bentuknya terlihat seperti retainer gigi dengan bohlam kecil di bagian belakang.

Beberapa anak dapat melakukan operasi lebih lanjut setelah perbaikan langit-langit mulut sumbing. Ini dilakukan jika anak memiliki jenis VPD yang disebut insufisiensi velopharyngeal. Ahli bedah dan ahli patologi bicara Anda akan bekerja sama untuk merekomendasikan apa yang terbaik untuk anak.

8. Perawatan gigi dan ortodontik

Masalah gigi lebih mungkin terjadi pada anak-anak dengan sumbing daripada pada anak-anak lain.

  • Jika sumbing meluas melalui garis gusi, itu akan mempengaruhi perkembangan gigi anak. Mereka cenderung memiliki gigi yang cacat, sesak atau hilang.
  • Anak-anak dengan sumbing berisiko lebih tinggi untuk mengalami gigi berlubang. Lapisan keras (enamel) pada gigi mereka mungkin memiliki area yang lemah yang mudah rusak. Perawatan gigi yang hati-hati itu penting, dimulai dengan gigi bayi. anak harus melakukan kunjungan rutin ke dokter gigi keluarga Anda.
  • anak kemungkinan membutuhkan perawatan ortodontik untuk menyelaraskan gigi jika sumbingnya mempengaruhi garis gusi (palatum keras) atau bagian belakang atap mulut (palatum lunak).
  • Rumah sakit akan mengkoordinasikan kebutuhan gigi dan ortodontik dengan perawatan lain untuk mendapatkan hasil terbaik.
  • Perawatan ortodontik membantu mempersiapkan anak jika mereka membutuhkan pembedahan untuk celah di bagian rahang yang memegang gigi. Operasi ini disebut cangkok tulang alveolar.
  • Pada usia 12 hingga 18 tahun, anak akan mendapatkan perawatan ortodontik akhir untuk memperbaiki gigitan mereka dan meluruskan gigi mereka. Untuk beberapa anak, ini termasuk operasi pada rahang.

9. Cangkok tulang alveolar untuk sumbing rahang atas

Banyak anak dengan bibir sumbing dan langit-langit mulut sumbing juga memiliki sumbing di tulang rahang atas yang memegang gigi. Tulang ini disebut alveolus.

Cangkok tulang alveolar adalah operasi untuk mengisi sumbing di tulang itu. anak akan memerlukan perawatan ortodontik selama beberapa bulan untuk persiapan operasi.

Selama cangkok tulang alveolar, dokter bedah membuka jaringan gusi untuk menunjukkan celah di tulang. Sumsum tulang yang diambil dari dalam tulang pinggul dimasukkan ke dalam sumbing. Selanjutnya, dokter bedah mengembalikan jaringan gusi ke sumsum tulang dan menutupnya dengan jahitan. Luka di pinggul juga dijahit tertutup.

Setelah operasi, sumsum tulang di rahang atas akan menjadi tulang yang keras dan kuat. Sumsum tulang yang diambil dari pinggul akan tumbuh kembali. Ini terjadi dalam waktu sekitar 6 minggu.

Operasi ini dilakukan ketika anak berusia 6 hingga 9 tahun. Biasanya operasi akan memakan waktu 2 jam. anak akan tinggal di rumah sakit 1 hingga 2 hari.

10. Rhinoplasty untuk sumbing yang mempengaruhi hidung

Pembedahan untuk memperbaiki bibir sumbing juga menangani masalah dengan hidung. Tetapi beberapa anak membutuhkan operasi lebih banyak saat mereka bertambah tua.

Seorang anak dengan sumbing mungkin memiliki masalah dengan pernapasan karena bagian dalam hidung mereka belum terbentuk dengan benar. Septum yang menyimpang adalah salah satu contohnya. Umumnya operasi untuk memperbaiki masalah pernapasan dan meningkatkan simetri dilakukan selama akhir masa remaja.

Terkadang operasi hidung kecil akan dipertimbangkan selama usia sekolah. Dokter bedah Anda akan bekerja dengan Anda untuk memutuskan cara terbaik untuk melanjutkan.

11. Operasi rahang untuk merapikan gigi pada orang dewasa muda

Ketika anak-anak mendekati usia dewasa, beberapa akan memerlukan operasi rahang untuk meluruskan gigi mereka.

Anak-anak dengan sumbing memiliki peluang lebih besar untuk memiliki rahang atas mereka tumbuh lebih sedikit daripada rahang bawah mereka. anak mungkin mengalami gigitan di bawah perut atau abnormal (maloklusi). Biasanya, rumah sakit merekomendasikan operasi bedah rahang atas Le Fort I untuk memperbaikinya.

Beberapa anak juga membutuhkan pembedahan untuk rahang bawah yang belum terbentuk dengan benar.

Cara Yang Lebih Baik untuk Mengobati dan Mencegah Bibir dan Langit-Langit Sumbing

Tim Craniofacial rumah sakit bekerja untuk menemukan cara yang lebih baik untuk mengobati sumbing dan meningkatkan kualitas hidup pasien rumah sakit. rumah sakit mendengarkan keluarga untuk memenuhi kebutuhan Anda dengan lebih baik.

Rumah sakit memiliki tim peneliti yang bekerja untuk memahami lebih banyak tentang penyebab kondisi ini, pencegahan, dan cara memastikan hasil terbaik untuk anak-anak yang dilahirkan dengan sumbing.

11 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Cleft lip and palate. MedlinePlus. (Accessed via: https://medlineplus.gov/ency/article/001051.htm)
Caring for Babies Born with Cleft Lip and/or Palate: AAP Report Explained. HealthyChildren.org. (Accessed via: https://www.healthychildren.org/English/health-issues/conditions/Cleft-Craniofacial/Pages/Cleft-Lip-and-Palate-Parent-FAQs.aspx)
Cleft Lip and Palate. MedlinePlus. (Accessed via: https://medlineplus.gov/cleftlipandpalate.html)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app