Ke-4 Jenis Darah Ini Pun Juga Dianggap Kotor

Dipublish tanggal: Jun 20, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Ke-4 Jenis Darah Ini Pun Juga Dianggap Kotor

Darah menstruasi yang keluar dari vagina banyak dianggap sebagai darah yang kotor. Padahal, darah menstruasi bukanlah darah kotor, karena yang disebut sebagai darah kotor yaitu darah yang memiliki kandungan berupa zat sisa dari metabolisme yang ada pada jaringan tubuh, misalnya karbondioksida. 

Sedangkan untuk darah bersih yaitu darah yang mengandung banyak oksigen

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Alergi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 11

Perjalanan darah ke seluruh tubuh dapat bermula pada jantung, kemudian menuju ke paru-paru untuk mendapatkan oksigen. Setelah itu darah kembali lagi ke bagian jantung lalu mengalir ke seluruh tubuh. Ada beberapa hal yang dikaitkan dengan darah kotor, diantaranya yaitu:

Darah menstruasi

Darah menstruasi yang dikeluarkan oleh vagina setiap bulannya dianggap sebagai darah yang kotor. Padahal, hal ini tidak selamanya benar. Selama darah menstruasi tersebut tidak terdapat karbondioksida dan masih memiliki kandungan berupa oksigen, maka darah menstruasi tetap menjadi darah yang bersih. 

Oleh karena itu, jangan menganggap bahwa darah menstruasi adalah darah kotor.

Darah jerawat

Jerawat memang sangatlah menyakitkan dan bisa menimbulkan iritasi bagi siapa pun yang memencet jerawatnya. Padda biasanya jerawat berisi darah dan nanah. Sedangkan kemunculan jerawat dikarenakan adanya perubahan pada hormon dalam diri seseorang. Kulit yang berminyak akan lebih mudah terserang oleh jerawat dibandingkan dengan kulit wajah yang kering.

Darah yang keluar dari jerawat bukan darah kotor asalkan darah tersebut tidak terkontaminasi dengan virus atau bakteri. Apabila darah yang keluar sudah terkontaminasi, maka bisa dikatakan bahwa darah tersebut adalah darah kotor.

Darah bisul

Bisul merupakan benjolan dengan ukuran yang semakin besar dan memiliki isi berupa darah maupun nanah. Seseorang yang memiliki bisul pada area tubuhnya, maka akan mengalami kesakitan, untuk itu bisul harus segera ditangani dengan cepat. Setiap kali bisul dipencet, maka akan mengeluarkan darah dan nanah.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Sedangkan bisul dapat tumbuh dan muncul di area mana saja, misalnya di area leher, pantat, tanga, kaki, lengan maupun di area tubuh mana pun. Kehadiran bisul disebabkan karena adanya infeksi yang ada di bawah kulit. Untuk menghindari penyebaran infeksi, maka disarankan bagi Anda untuk tidak memencet maupun memecahkan bisul.

Alergi

Banyak orang yang beranggapan bahwa alergi disebabkan karena adanya darah kotor. Padahal, hal ini tidaklah benar. Karena alergi dapat terjadi karena respons dari sistem imunitas yang ada di dalam tubuh secara berlebihan karena zat-zat asing. Sedangkan setiap orang bisa mengalami dengan yang namanya alergi.

Pemicu timbulnya alergi sangatlah beragam, baik itu dari segi makanan, dari bakteri, virus maupun dari obat-obatan yang konsumsinya. Oleh sebab itu, Anda harus mempercayai bahwa alergi yang dirasakan oleh seseorang bukan dikarenakan darah kotor yang ada di dalam tubuhnya.

Masih banyak orang yang menganggap bahwa darah kotor yang ada di dalam tubuh dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Padahal ini tidak selamanya benar, selama belum ada bukti dari medis. 

Jika memang Anda sedang menderita penyakit tertentu, jangan membiarkan begitu saja, karena Anda harus membawanya ke dokter untuk mendapatkan penanganan khusus terhadap penyakit yang Anda derita.

Penting sekali bagi Anda untuk bisa membedakan mana yang darah kotor dan mana yang darah bersih. Dengan perbedaan yang Anda pahami itulah yang tidak akan menimbulkan permasalahan antara fakta dan mitos.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Rarest blood type: Chart and compatibility. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/326279)
Period blood chart: What does the blood color mean?. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/324848)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app