Manfaat Vitamin E Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Dipublish tanggal: Nov 29, 2019 Update terakhir: Sep 14, 2021 Waktu baca: 3 menit
Manfaat Vitamin E Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Manfaat vitamin E yang memiliki kandungan antioksidan alami dikenal sangat baik bagi kesehatan kulit termasuk menangkal radikal bebas;
  • Vitamin E bisa didapatkan makanan sehat yang berasal dari sayuran hijau seperti sawi, lobak, bayam, dan brokoli;
  • Manfaat vitamin E dapat membantu mencegah kerontokan rambut serta merangsang pembentukan kolagen dan meningkatkan kelembaban kulit;
  • Bagi pemilik kulit sensitif perlu diperhatikan beberapa risiko efek samping vitamin E termasuk munculnya reaksi alergi hingga masalah kulit;
  • Jumlah kadr vitamin E yang diperlukan tubuh bagi kesehatan kulit berkisar antara 100-300 IU per hari dan bisa dilengkapi dengan konsumsi suplemen; 
  • Klik untuk membeli vitamin serta produk makanan dan minuman sehat melalui HDmall. Gratis ongkir ke seluruh Indonesia dan bisa COD.

Vitamin E merupakan salah satu vitamin yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Menurut seorang ahli kecantikan, vitamin E sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit karena dipercaya dapat melindungi kulit dari polusi, sinar UV, debu, dan kotoran lainnya. 

Vitamin E juga akan lebih bermanfaat bila dikombinasikan dengan antioksidan lain untuk menangkal radikal bebas dan mencegah tumbuhnya sel kanker.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Sumber Vitamin E yang Berasal dari Makanan

Vitamin E larut dalam lemak dan berperan sebagai antioksidan alami. Manfaat vitamin E juga sangat beragam, di antaranya menjaga daya tahan tubuh, menjaga kesehatan kulit dan mata, serta merangsang pertumbuhan sel. 

Manfaat vitamin E bisa didapatkan dengan mengonsumsi beberapa jenis sayuran hijau seperti sawi, lobak, bayam, dan brokoli. Selain ditemukan dalam sayuran hijau, vitamin E juga dapat ditemukan pada buah-buahan seperti mangga, wortel, alpukat, pepaya, dan tomat serta pada kacang-kacangan seperti kacang kedelai, kacang almond, dan kacang tanah.

Manfaat Vitamin E Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Tak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik, namun ternyata vitamin E yang telah dijelaskan di atas, masih terdapat beberapa manfaat vitamin E lainnya, antara lain: 

Menyeimbangkan hormon

Kondisi fisik dan psikis Anda bisa jadi disebabkan karena adanya ketidakseimbangan pada hormon Anda. Misalnya pada saat Anda mengalami sindrom PMS (Pre-Menstrual Syndrome) biasanya Anda akan merasa nyeri pada payudara, kram perut, hingga perubahan mood.

Untuk mengatasinya, Anda dapat mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin E, seperti sayur dan buah. Dengan mengonsumsi makanan bervitamin E, kandungan vitamin E di dalamnya dipercaya dapat menjaga keseimbangan sistem endokrin dan sistem saraf sehingga mampu menyeimbangkan sistem hormon dalam tubuh.

Baca juga: 12 Manfaat Ginkgo Biloba, Termasuk Mengurangi Gejala PMS

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Menjaga ketahanan fisik

Vitamin E dapat meningkatkan ketahanan fisik karena vitamin E dipercaya dapat meningkatkan energi serta mengurangi stress otot setelah berolahraga.

Vitamin E juga dapat memperkuat dinding kapiler darah, memperkuat otot, dan meningkatkan sirkulasi darah. Kandungan vitamin E juga berperan menjaga memori otak dan mencegah penurunan fungsi otak yan dapat menyebabkan demensia.

Menebalkan rambut

Vitamin E juga berperan sebagai antioksidan alami sehingga dapat memperlancar sirkulasi darah hingga ke bagian kulit kepala. Hal ini membuat vitamin E dapat memperbaiki struktur folikel rambut, menstimulasi pertumbuhan rambut, serta mencegah kerontokan rambut. 

Selain itu, vitamin E juga dapat memperbaiki jaringan rambut sehingga dapat membuat rambut menjadi lebih sehat dan berkilau.

Memperbaiki kondisi kulit

Vitamin E juga bermanfaat bagi kesehatan kulit, di antaranya merangsang pembentukan kolagen, meningkatkan kelembaban dan elastisitas kulit, serta membantu mengatasi peradangan atau inflamasi. 

Apabila Anda mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E, maka vitamin E tersebut akan diserap oleh lapisan epidermis kulit sehingga dapat membantu memperbaiki kerusakan pada kulit.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Sebuah studi juga telah membuktikan bahwa vitamin E terbukti dapat mengatasi peradangan pada tubuh maupun kulit yang dapat membuat kulit menjadi lebih sehat serta awet muda. 

Sifat antioksidan pada vitamin E juga dipercaya dapat mempercepat regenerasi kulit, mencegah kerusakan kulit, serta mencegah tumbuhnya sel kanker terutama pada kulit. 

Baca juga: 9 Manfaat Hazelnut Oil bagi Kesehatan Kulit

Perhatikan Ini Sebelum Mengonsumsi Suplemen Vitamin E

Selain terdapat pada sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan, vitamin E juga dapat diperoleh dari konsumsi suplemen vitamin E. Namun, Anda tidak boleh sembarangan mengonsumsi suplemen vitamin E. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memilih suplemen vitamin E, yaitu:

Faktor usia, jenis kulit dan aktivitas fisik

Sebaiknya sebelum mengonsumsi suplemen vitamin E, perhatikan faktor usia, jenis kulit, dan aktivitas fisik harian Anda karena seiring bertambahnya usia, kebutuhan vitamin E yang dibutuhkan tubuh akan cenderung meningkat. 

Bagi orang yang memiliki kulit sensitif, perlu diperhatikan karena beberapa efek samping vitamin E dapat menimbulkan reaksi alergi sehingga mungkin akan menyebabkan masalah kulit.

Baca juga: Tips Memilih Sabun yang Tepat untuk Kulit Sensitif

Pilih suplemen dengan sumber vitamin E alami

Untuk mendapatkan hasil optimal, sebaiknya Anda memilih suplemen dengan sumber vitamin E alami yang umumnya terdapat pada biji-bijian. 

Cara menemukan suplemen dengan sumber vitamin E alami biasanya ditandai dengan adanya kandungan D-alpha tocopherol yang berasal dari biji bunga matahari atau biji gandum.

Memilih suplemen dengan dosis kecil

Jumlah kandungan vitamin E yang dibutuhkan tubuh dan kulit berkisar antara 100-300 IU per hari. Oleh karena itu, ada baiknya untuk memilih suplemen vitamin E dengan dosis kecil atau disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. 

Semakin tinggi dosis vitamin E yang dikonsumsi maka semakin tinggi pula kebutuhan lemak dalam tubuh untuk melarutkan vitamin E. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan berat badan. Selain itu, suplemen vitamin E dengan dosis kecil akan lebih efektif untuk diserap tubuh.

14 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Vitamin E: Fact sheet for health professionals. (2016, May 9) (http://ods.od.nih.gov/factsheets/VitaminE-HealthProfessional/)
Mayo Clinic Staff. (2013, November 1). Vitamin E. Retrieved from (http://www.mayoclinic.com/health/vitamin-e/NS_patient-vitamine)
Dietary reference intakes for vitamin C, vitamin E, and carotenoids. (2000) (http://www.nap.edu/openbook.php?record_id=9810&page=186)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app